6 Lokasi Sunset Kece di Padang Sumatera Barat

Selain terkenal dengan kelezatan akan kulinernya yang khas, Sumatera Barat juga diberkahi dengan beragam kekayaaan wisatanya yang ok punya.

Sumatera Barat memang tidak diragukan lagi betapa budayanya yang begitu kental, serta keindahan pegunungan dan Lembahnya yang memukau.

Mungkin memang banyak yang masih belum tahu jika di Sumatera Barat dan khususnya Padang, memiliki pantai-pantai yang masih belum terjamah dan diketahui oleh para wisatawan.  Lalu apa saja pantai menarik dan Indah untuk dikunjungi di Padang dan sekitarnya? Check this out…

Pantai Pariaman

Terletak tidak jauh dari Kota Pariaman, pantai ini memiliki pesona pasir putih yang landai dan juga deburan ombak yang relatif tenang, sehingga lokasi ini cocok sekali para wisatawan yang ingin bersantai atau berenang di pantai ini. Tidak hanya pasir pantai dan air laut, di sepanjang Pantai Pariaman juga ditumbuhi oleh pepohonan cemara sehingga membuat suasana pantai ini terkesan sejuk dan juga asri.

Pantai ini selalu ramai ketika memasuki waktu perayaan rakyat tabuik dan juga libur nasional. Namun ada satu hal yang paling menarik dari pantai ini, yakni kenidahan langit di atas pantai ketika matahari terbenam ini sungguh cantik dan siap memukau siapa saja yang datang ke lokasi yang tenang ini. Khusus untuk para pelancong yang ingin menginap, di Pantai Pariaman sudah memiliki fasilitas umum yang menjanjikan. Banyak hotel murah yang juga dibangun di lokasi ini.

Teluk Bayur

Terletak tidak begitu jauh dari Kota Padang, di Teluk Bayur para pengunjung akan disajikan dengan pemandangan laut lepas yang biru nan luas sehingga tempat ini bisa menjadi tempat pilihan untuk menikmati sunset terbaik di Kota Padang.

Keindahan Teluk Bayur yang semakin gelap dan juga lampu-lampu kapal yang mulai hidup seakan menambah kecantikkan sunset yang mempesona setiap harinya. Keindahan Teluk Bayur ini bisa disaksikan melalui Pantai Nirwana ataupun dari pinggir jalan sepanjang Jalan Bukik Lampu.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan tempat wisata favorit bagi para wisatawan lokal dan asing karena memiliki gelombang yang rendah dan pemandangan indah dari Gunung Padang.

Lokasi pantai yang juga merupakan tempat legenda cerita rakyat Malin Kundang ini tidak hanya memiliki pemandangan yang cantik, tetapi juga memiliki sunset yang memukau.

Di pantai ini kalian juga bisa menemukan sebuah pulau kecil yang bernama Pisang kecil. Dari pagi hingga sore, para pengunjung bisa berjalan kaki ke pulau yang hanya memiliki luas satu hektar ini melalui air dangkal. Ketika sore, air pasang akan naik dan jika ingin kembali, kalian harus menaiki perahu terlebih dahulu untuk kembali.

Berada di lokasi yang cukup jauh dari pusat kota, pengunjung mungkin akan kesulitan untuk menemukan penginapan di sekitar Pantai Air Manis, jadi sebaiknya para pengunjung sudah mempersiapkan akomodasi atau penginapan kalian dengan memesan hotel di Padang terlebih dahulu.

Pantai air manis by telusur indonesia blogger malang endorse arif harianto
Pantai air manis by telusur indonesia blogger malang endorse arif harianto

Photo credit: telusurindonesia.com

Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan terletak di Pulau Pasumpahan  yang berada di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang. Karena terletak tidak jauh dari Kota Padang, para pengunjung hanya perlu menaiki sebuah sepeedboat dari Teluk Bungus.

Memiliki keindahan pemandangan dan panorama bawah lautnya, pulau ini mulai dikenal oleh kalangan wisatawan lokal dan internasional. Pulau ini memiliki obyek wisata pasir putih dengan kondisi terumbu karang yang masih terjaga. Tidak hanya itu, sepanjang  pantai wisatawan pun  bisa melihat aktivitas para nelayan yang  menangkap ikan ataupun menjaring ikan.

Puncak Gado-Gado

Melihat sunset dari ketinggian memang memberikan sensasi terbaru sekaligus mendebarkan karena pemandangannya yang sungguh-sungguh mencengangkan.

Ketika ke Padang, Sumatera Barat khusus bagi para wisatawan yang gemar melihat sunset, rasanya kurang lengkap kalau belum melihatnya di puncak Gado-gado.

Di sini para pengunjung bisa melihat hamparan laut yang tenang, serta gugusan pulau kecil dan kapal yang memancarkan cahaya dari kejauhan. Keindahan sunset di puncak ini tidak kalah indah dari sunset yang ada di Lombok.

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah satu destinasi wisata di Padang yang harus dikunjungi ketika berlibur ke Ranah Minang ini.

Jembatan yang selalu ramai ketika menjelang sore hingga malam hari ini menyajikan pemandangan sekitar yang sangat indah, terlebih lagi pemandangan sunset dan juga lampu-lampu kota yang berpadu dan mempercantik pemandangan sekitar jembatan ini.

Di sepanjang jembatan, para pengunjung juga bisa menikmati beragam makanan ringan seperti roti bakar, jagung bakar, dan aneka minuman yang juga lezat.

Nah, itulah beberapa lokasi sunset terkece dan terfavorit menurut saya yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Padang, Sumatera Barat. Dari daftar di atas, mana nih lokasi yang ingin kalian kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *