Aukey 18mm Pro Lens Wide nya Mantab

review Aukey 18mm Pro lens arif harianto blogger

Aukey 18mm Pro Wide Lens, Perlu gak sih sebenarnya lensa untuk smartphone itu?

Beberapa waktu lalu saya sempat membuat video unboxing maupun testing dengan sebuah tools yang tujuannya adalah untuk membantu saya dalam pengambilan sebuah gambar.

Awalnya saya merasa jika kamera smartphone yang saya gunakan memiliki kekurangan pada cakupan view yang kurang luas. Secara teori memang kamera pada smartphone memiliki sensor yang lebih kecil dari kamera digital pada umumnya.

Seperti yang terlihat dari ilustrasi gambar diatas, besar sensor yang di pakai pada kamera juga mempengaruhi crop factor dari suatu gambar yang diambil.

Teorinya simplenya, kalo suatu gambar diambil dengan sensor full frame lensa 50mm, berarti kita harus menggunakan 18-25mm pada APSC / mft. Itulah alasan kenapa gambar yang dihasilkan pada smartphone Anda lebih kecil cangkupannya ketimbang dari kamera digital Anda.

Dari beberapa hal tersebut akhirnya saya mencari informasi lebih lanjut dan rinci perihal lensa smartphone. Singkat cerita, ketemulah sama kedua brand Aukey dan Moment.

Dua produsen lensa ini benar-benar membuat saya jatuh hati pada pandangan pertama. Selain karena fiturnya, beberapa reviewer juga memberikan nilai plus kepada lensa-lensa dari brand tersebut.

Dari dua brand ini sebenarnya saya lebih berat atau condong ke Moment, dimana memang kualitasnya saya lihat cukup bagus. Sayangnya selain harganya yang mencapai 4x lipat dari si aukey 18mm pro lens, lensa brand ini hanya di jual di amerika.

Jika membeli lensa dari brand ini, tentunya saya harus mengeluarkan budget extra untuk pajak yang menjadikan harganya lebih dari harga aslinya. (lagi-lagi uang berbicara hehehe)

So, akhirnya pilihan jatuh kepada si Aukey……

Aukey 18mm

Ada beberapa tipe lensa Aukey yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Ada tipe wide lens hingga macro, disini saya memilih seri 18mm lens millik Aukey.

Alasannya? karena saya ingin cangkupan kamera smartphone saya semakin lebar, tanpa vignet, dan tanpa distorsi.

Itulah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Aukey 18mm lens miliknya. Gambar yang dihasilkan oleh lensa ini tanpa distorsi, vignet, dan juga membuat gambar yang dihasilkan lebih lebar.

Selain beberapa fitur diatas, lensa Aukey ini juga minim banget chromatic aberration, dengan catatan penempatan lensa harus presisi sejajar dengan kamera smartphone. Soal build quality gak perlu ditanyakan, desainnya yang mantab dengan lapisan aluminium alloy membuat kesan Pro pada lensa ini.

Selain harganya yang jauh dibawahmoment lens, fitur-fitur yang ditawarkan juga membuat saya berpikir keras sebelum akhirnya meminang lensa ini.

Hasil Lensa Aukey 18mm Pro Lens

Berikut adalah hasil saya mengambil gambar maupun video menggunakan lensa Aukey 18mm Pro lens ini.

Kekurangan Aukey 18mm Pro Lens

Adapun beberapa hal minus yang saya temui ketika menggunakan lensa ini, diantaranya :

  • Chromatic Aberration adalah wana ungu pada gambar. Biasanya terjadi jika penempatan lensa tidak pas atau sejajar lurus dengan kamera.
  • Blur di pojokan gambar. Mungkin ini adalah impact dari tidak adanya vignet, membuat pojokan dari gambar kualitasnya berkurang atau ngeblur.
  • Mounting yang kurang enak. Saya beli seri pl-wd01 yang mountingnya menurut saya pribadi gak enak buat momen-momen yang butuh cepat. Mungkin teman-teman bisa beli yang ada case smartphone, atau mounting yang model jepit.

Mungkin itu tadi sekilas review singkat soal lensa Aukey 18mm Pro Lens seri PL-WD01 ini. Semoga review diatas bisa membantu sebagai pertimbangan dalam memilih lensa untuk smartphone Anda. Keep Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top