Diecast, Hobi unik yang asik

diecast hotwheels, greenlight, tomica, hingga jhonny lighting itu hobi asik nan unik arifharianto blogger

Kali ini saya akan obrolin soal hobi baru yang sedang saya gandrungi di beberapa bulan ini. Diecast, apasih itu tentang diecast? yuk lanjut….

Ada yang pernah tau soal diecast? Die-cast adalah mainan atau model yang diproduksi melalui proses pelelehan logam atau metal untuk kemudian dituang dan dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. (wikipedia)

Jadi, Die-cast ini adalah sebuah proses pembuatannya, bukan jenis mainan / merk mainannya ya. Saya tegaskan disini karena banyak temen-temen yang mengira bahwa diecast itu adalah sebuah jenis, dan lebih parahnya merk.

Anyway, saya gak akan bahas soal itu sih, yang akan saya bahas disini adalah pengalaman saya bermain dari awal coba-coba hingga menjadi kolektor. Tapi apakah saya bisa dikatakan kolektor? hmmmm

Ada pepatah mengatakan “Pergaulan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang” mungkin kata-kata itu cocok disematkan buat temen saya yang satu ini.

Dia sebenarnya temen Mts/Smp saya dulu, namun kami dipertemukan kembali karena suatu hal yang sama. Awalnya, dia membawa beberapa mobil yang saya tidak begitu suka, begitu saya bilang tipe saya yang seperti apa, dia langsung buka koper yang isinya mobil-mobilan.

Dalam hati “gila lu, udah umur berapa mainnya masih beginian?”

Dan kata-kata diatas terbantahkan ketika saya kopdar bareng komunitas Hotwheels Photography regional malang. Gila, ini bukan umur saya lagi, jauh diatas saya, mana ada yang bawa cucunya lagi, yang bener aja….. hehehe

Dari situlah, saya mulai searching dan mulai tertarik dengan hobi satu ini. Apalagi hobi tersebut juga cocok dengan hobi saya yang lain, motret.

Toko diecast / mainan vs Minimarket vs Online ?

Ada beberapa pertimbangan dari 3 hal yang saya tulis diatas. Masing-masing tempat memiliki nilai plusnya sendiri.

Toko Diecast itu banyak pilihan, tapi…

Awal mula saya hunting / mencari koleksi adalah ke Toko diecast / mainan yang memang tempat tersebut menjual berbagai macam merek mulai dari hotwheels, tomica, green lights, hingga johnny lightning.

Alasannya, simple sih! banyak pilihan dan gak perlu ribet nyari. Setelah beberapa kali membeli diecast jenis hotwheels hingga tomica, saya mulai mengerti sistem yang ada.

Seperti barang yang sudah di sorting berdasarkan harga, hingga rare item yang harganya lumayan mahal, padahal ketika pembelian ke distributor itu masih satu paket !!

Hak penjualnya juga sih, pembeli mah pintar-pintar milih aja!! no offense

Ya! hal tersebut membuat saya kadang berpikir hingga 5x untuk membeli di toko-toko mainan yang memang khusus diecast. Tapi gak semua toko mainan seperti itu sih.

Yang jelas sih, kalo saya sendiri lebih memilih opsi ini sebagai opsi terakhir, ketika ngebet banget pingin model tertentu yang tak kunjung dapat dari 2 teknik lainnya. Kalo kalian?

Minimarket Tahun 2019 tak semudah 2018

Ya! judul diatas memang cukup mewakili keresahan saya dan beberapa temen pecinta diecaster hunter buat dapetin rear item, hingga treasure hunt di beberapa Minimarket dengan harga terjangkau.

Di awal 2019 saya menemukan postingan yang cukup menggemparkan di dunia diecast hunter.

Gila, berarti udah ke sorting juga dong di mini/supermarket

Ya! setidaknya tidak semua minimarket. Saya masih sering nemuin kok beberapa item yang keren dan rare di beberapa supermarket, hingga minimarket di kota saya.

Dulu saya sering menjadikan opsi ini sebagai opsi yang pertama. Alasannya, karena saya sering jalan-jalan dan biasanya mampir ke beberapa minimarket, atau ketika saya belanja bulanan bareng istri.

Ketika istri berbelanja bahan pokok buat bulanan, atau temen cari camilan untuk di destinasi wisata, saya malah sibuk lihat-lihat diecast…. hehehe

Tapi sensasi Diecast hunter itu menarik juga lo. Kamu akan merasakan gimana dag dig dug nya masuk ke tiap minimarket buat nyari item yang ingin kamu koleksi ada atau tidak. Disitu mungkin letak seninya, dimana sampai saat ini saya masih menggunakan opsi ini.

Jual beli paling enak ya Online

Kalo ini mah jangan ditanya. Kita udah tau harganya, kita udah tinggal nyari searching di beberapa toko online yang udah mulai berkembang pesat di 2017-2018. Belum lagi beberapa promo yang menggiurkan dari e-commerce seperti gratis ongkir, diskon, hingga cashback.

Gak 1-2x saya bisa dapetin harga dibawah pasar lokal saya. Ditambah lagi pilihan item yang tentunya lebih banyak lagi.

Catat nih! kalo di Online kita memang mudah banget dapet barang, tinggal duduk di depan laptop / smartphone kamu, udah deh dapet barangnya! Cuman nih, saran aja buat kalian yang ingin jual beli diecast online.

Pastikan memang Toko online yang kalian beli ada catatan ratingnya. Masalahnya satu bro, kalo kalian beli diecast tersebut karena koleksi, sedangkan toko kalian gak pengalaman packing, bisa jadi nyampek dirumah udah ancur tuh blisternya.

Jadi jangan cuma nyari murah aja, tapi cari toko yang memiliki rating ya… minimal 3-4 bintang lah, biar aman. Selain itu kalian juga bisa nunggu promo dari beberapa e-commerce. Kalo kalian terapin saran saya diatas, dijamin deh, bisa dapet harga yang gila….

Nah! itu tadi masih soal diecast hunter, dimana beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi buat dapet diecast sesuai keinginan kalian. Selain itu ada juga beberapa cara untuk menikmati diecast ini.

Koleksi vs Balapan vs Photo & Video Hingga Custom / Modifikasi

Ada beberapa cara untuk menikmati hobi yang satu ini. Kebetulan yang akan saya bahas disini adalah yang saya ta dari beberapa komunitas hingga yang saya gandrungi atau sukai.

Kolektor Diecast

Untuk yang satu ini memang cukup ngeri juga. Gimana mau gak ngeri, mereka beli mainan tapi gak dimainin, ada yang dipajang, ada yang dibiarkan di dalam blisternya.

By the way, diecast tuh gak melulu soal mobil, motor doang, apapun bentuknya asal sesuai dengan syarat teknik diecast yang saya jelasin diatas, itu udah bisa disebut diecast.

Para penikmat diecast ini biasanya lebih kayak kolektor barang beneran. Bedanya, ini skalanya lebih kecil 1:76 hingga 1:18, yang bisa dipajang di rak rumah ataupun di gantung.

Harganya lebih mahal cuy ketimbang yang buat mainan anak-anak atau yang saya paling sukai. Bisa ratusan ribu, sampai puluhan juta, bedalah sama kelas saya yang harga 30rebu aja udah perhitungannya minta ampun.

Rata-rata kolektor mencari item-item yang langka atau yang sedang hangat diperbincangkan. Ada juga yang memburu item yang cacat pabrik, ataupun custom modif dari beberapa temen-temen yang suka modif.

Ya! namanya juga kolektor, kadang yang mereka cari ini lebih ke prestise dan juga limited, barang yang limited mana ada yang murah bro… hehehe

Balapan Diecast Hotwheels

Buat yang satu ini yang saya tahu spesifik ke Hotwheels. Brand terkemuka asal amerika ini sering banget ngadain beberapa event balapan hotwheels di kota-kota besar.

Selain itu saya juga beberapa kali tahu temen-temen di kota saya ada pelakunya, alias jokinya. Beliau sering juga ikut balapan di beberapa kota-kota besar di seluruh indonesia. Udah kaya grandprix aja nih!

Mobil yang ikut disini juga gak asal, selain syarat yang harus terpenuhi, adapula trik untuk memenangkan dan membuat mobil lebih melaju kencang di lintasan. Gimana menurut kalian?

Foto dan Video Diecast juga asik

Ini nih yang bikin saya keracunan dan kecanduan mainan satu ini, adalah tentang miniatur fotografi.

Gambar diatas adalah hasil iseng dengan beberapa mobil yang saya punya dengan background sunset yang mempesona dan nagih. Saya yang suka travelling harus disibukan dengan keluarga di 2018 membuat ruang lingkup gerak saya sedikit berkurang.

Hal itu membuat saya lebih banyak waktu di sekitar kantor dan rumah. Teman saya ini benar-benar tau bahwa saya suka foto, dia selalu bawa mobil-mobilan tiap kali ngopi bareng dia.

Alhasil, ketika saya coba saya pun jadi tertarik dan kena racunnya hehehe

Gak sedikit juga yang ngebuat review, hingga stop motion model miniatur yang ternyata menarik juga untuk dicoba. Well, buat temen-temen yang suka fotografi jangan sekali-kali nyobain deh, nanti bahaya kena racunnya.

Kalo untuk yang modifikasi masih minimal banget aku taunya. Sama seperti kayak konvensional, ada yang memodifikasi mobil baik yang ganti warna, onderdil, hingga yang paling extreme potong bodi juga ada.

Belum lagi yang modif ala lucu-lucuan seperti Bus tipe tertentu yang di cat model kopaja, hingga pesawat boeing tipe tertentu yang di ganti warna dan desainnya sesuai maskapai yang ada di indo.

Kalian tau sendiri orang indonesia kreatifnya seperti apa kan?

Well, hobi ini memang baru saya kenal sekitar 1 tahun yang lalu dan itupun juga masih hobi ngumpulin mobil dan motor merek tertentu yang modelnya saya suka dengan harga yang gak mahal. Tentunya masih banyak hal, maupun jenis diecast yang tidak tersebut di tulisan ini.

Apapun hobinya, asal hal tersebut tak mengganggu hal yang penting pada diri kamu, dan itu adalah hal positive, jalani aja, karena disetiap hal tersebut kamu akan menemukan hal-hal baru yang tentunya akan menambah pengalaman hingga cerita untuk masa nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top