Domain Authority (DA) Moz yang turun, bukan salah siapa-siapa

Tepat pada tanggal 5 maret 2019 Moz melakukan update pada teknik perhitungan mereka untuk menentukan Domain Authority yang berdampak kepada beberapa blogger yang DA nya turun drastis.

Hampir dari beberapa blogger yang saya kenal mengeluhkan soal Domain Authority yang turun drastis. Nilainya berkisar turun antara 3-7, ada juga yang dari belasan menjadi 1.

Naik turunnya nilai DA/PA bukanlah sebuah hal baru, tetapi fenomena kali ini sangatlah berbeda, penurunan nilainya gak main-main.

Saya sendiri merasakan penurunan DA dengan value -7. Ketika saya coba konfirmasi ke beberapa teman yang se-profesi, kebanyakan nilai penurunannya berkisar di angka 6-7.

Penyebabnya?

Seperti yang saya jabarkan di awal tulisan, bahwa moz selaku pembuat sistem DA/PA ini telah merubah algorithma mereka dalam penentuan DA pada tanggal 5 Maret 2019 kemarin.

On March 5, 2019, Moz has just announced the Domain Authority 2.0 promising that search marketers, SEO professionals or even site owners can easily understand and find their website score to rank in SERP results.

The major SEO factors which are considered by Moz Domain Authority 2.0 are

  • Spam Score
  • Link-quality patterns
  • A machine-learned model which is designed to work with Google’s algorithm updates and try accurately correlate with search engine results.

After this new version update of Domain Authority, bloggers, site owners can see a drastic change in their website domain authority as new domain authority will consider the quantity as well as the quality of the links pointing to your website.

checkmoz

Berdasarkan jabaran informasi diatas, Moz mengubah cara perhitungan mereka tentang Domain Authority yang membuat beberapa web mengalami perubahan yang drastis dalam nilai DA websitenya.

Moz sepertinya mengikuti jejak Google yang sudah terlebih dahulu mengupdate algorithm SEO mereka pada agustus 2018.

Kalo dilihat dari spesific update yang mereka jabarkan, sepertinya selain moz ingin mengikuti update dari search engine google, moz juga memperkuat faktor-faktor peningkat DA itu sendiri seperti spam score, hingga kualitas dari sebuah backlink.

Lebih detail bisa deh di cek di blog moz berikut : comprehensive-analysis-domain-authority

Solusinya?

Memang capek sih kalo kita bicara soal teknologi di era milenial ini. Perkembangan teknologi bukan lagi berbicara tiap tahunnya, tetapi sudah dalam hitungan quartal/semester di tiap tahunnya. Hal tersebut tentunya membuat kita sebagai pelaku di bidang tersebut mau tidak mau harus mengikuti ritmenya.

Saya sendiri dalam kurun waktu 1 tahun terakhir (dari pertengahan 2018 – awal 2019) kena imbas 2 algorithma yang berubah. Entah kebetulan atau keberuntungan, perubahan yang extreme terjadi pada point yang memang saya terapkan pada arifharianto.

Ada juga salah satu website yang saya tangani setelah google dan moz update algorithma malah ada progress. Dari sisi DA yang mendapatkan +7 dari sebelumnya, dan trafik yang masih stabil.

Setiap perusahaan selalu memberikan “clue” terhadap perubahan algorithma yang mereka berikan, walau “clue” tersebut tak 100% mereka berikan. Hal tersebut tentunya akan sangat menarik jika di analisis lebih lanjut. Yang hasilnya bisa digunakan sebagai pembanding dan juga jawaban dari “apa faktor yang membuat DA bisa berubah?”. Keep Share

2 Replies to “Domain Authority (DA) Moz yang turun, bukan salah siapa-siapa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.