Ngobrolin 4 Pilar MPR Bareng Netizen Jatim

Kali ini pembahasannya agak sedikit serius bro, tapi tenang saya akan coba bahas dengan simple tentang apa sih 4 Pilar MPR itu.

Jadi ceritanya begini, waktu itu menjelang akhir pekan dan seperti biasa tiap akhir pekan selalu ada kerjaan. Alhamdulillah, waktu itu ceritanya lagi ngeslow dan gak ngerjain apa-apa di akhir pekan.

Tiba-tiba IG berdering dapet info dari kawan-kawan blogger surabaya untuk ikut nimbrung di event “4Pilar MPR“. Dalam hati, apaan “4 Pilar MPR itu?” Cuz deh karena lagi gak ada tanggungan di akhir pekan + juga pingin tau akhirnya langsung iyain aja untuk ikut event tersebut.

Kebetulan temen-temen blogger malang dan kompasianer malang ada juga yang berangkat ke event tersebut dari ngalam. Setelah beberapa pertimbangan, kami memutuskan untuk berangkat bareng-bareng dengan naik Bus.

Hari H tiba, semula kami berlima akhirnya kami berangkat dengan formasi tiga orang. Berangkat dari Arjosari Malang menggunakan bus antar kota menuju Purabaya Sidoarjo.

Alhamdulilah, Perjalanan pagi itu tak begitu banyak masalah yang menghadang kami, sehingga kami sampai dengan selamat dan lebih cepat beberapa jam dari perkiraan kami.

Tiba di Terminal Purabaya, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Hotel FairField tempat event “Ngobrol bareng 4 Pilar MPR” berlangsung. Lagi-lagi kami beruntung karena tidak terjebak macet untuk sampai ke lokasi, sehingga dari Purabaya ke FairField kami hanya membutuhkan waktu 30menitan aja.

“Jadi kalo datang ke surabaya, usahain dateng pagi aja deh dijamin aman dari kemacetan ala kota-kota besar” hehehe

Begitu tiba di lokasi kami bertiga langsung ke venue tempat berlangsungnya acara di lantai 3A ballroom atau tempat pertemuan. Disana sudah ada beberapa peserta yang sudah hadir.

Tentang peserta yang hadir di Ngobrol bareng 4 Pilar MPR

Peserta yang hadir di event ini bukan hanya seorang jurnalis dari media-media besar seperti Kompas dll, tetapi juga ada mahasiswa, blogger, google local guide, youtuber, guru, hingga ahli forensik pun juga hadir dalam event ini.

Ya! event ini memang tidak terpaut pada jurusan ataupun golongan tertentu saja, karena 4 Pilar yang nanti akan dibahas ataupun jelaskan adalah 4 Pilar yang sebenarnya wajib diketahui oleh seluruh warga negara Indonesia.

Tak peduli tukang becak, tukang nasi uduk, ataupun artis, semua sama sebagai warga negara Indonesia yang baik harus mengamalkan hal-hal ini.

Tapi sebelum kita masuk tentang apa sih 4 Pilar tersebut, kuy! saya tuliskan sedikit informasi tentang beberapa hal yang disampaikan oleh ke tiga pemateri pada event ini.

Penjelasan tentang peran Netizen yang hadir

Dimulai dari mbak avy yang menjelaskan tentang tujuan teman-teman yang diundang dalam acara ini. Selain menjadi audience, mbak avy mengharapkan teman-teman yang hadir juga dapat menyebarkan informasi tentang apa sih 4 Pilar MPR ini.

Aksi sam heri pada Ngobrol 4 Pilar Bareng MPR RI Blogger Malang Arif Harianto review

Beliau menambahkan tentang pentingnya peran serta generasi jaman NOW  atau generasi muda Indonesia dalam penyebaran informasi yang positive melalui media sosial.

Peran Generasi Muda Jaman NOW pada Media Informasi

Narasumber ke dua ada bapak Andriyanto dari kepala bagian pengelolahan data dan sistem informasi MPR RI. Beliau memberikan pembukaan dengan contoh dimana negara adigdaya dapat di obrak abrik dengan media sosial atau media informasi.

Bapak Andiyanto Ngobrol 4 Pilar Bareng MPR RI Blogger Malang Arif Harianto review

Beliau menyampaikan tentang seberapa berpengaruhnya peran sosial media terhadap pergerakan politik di suatu negara.

Menurutnya, media sosial dapat menjadi media yang informatif dan cepat, jika dimanfaatkan dengan baik. Sebaliknya, Jika dimanfaatkan untuk hal yang negative maka akan menjadi hal yang berbahaya.

Hal tersebut mendapatkan perhatian khusus terutama agar media sosial tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk hal yang tidak bermanfaat. Disitulah peran generasi muda jaman now untuk masuk sebagai filtering sekaligus juga sebagai penyebar informasi yang baik.

Tentang 4 Pilar MPR yang perlu diketahui

Narasumber ketiga ada bapak sekjen MPR RI bapak Ma’ruf Cahyono yang menyempatkan untuk ngobrol bareng juga bareng netizen. Awalnya obrolan berjalan serius dan saya juga mikirnya ini acara serius sih, tapi beberapa saat kemudian pecah tawa temen-temen seruangan.

Ngobrol 4 Pilar Bareng MPR RI Blogger Malang Arif Harianto review
Ngobrol 4 Pilar Bareng MPR RI Blogger Malang Arif Harianto review

Yup! pak ma’ruf ini enak banget pembawaannya, beliau menjelaskan tentang hal yang rumit menjadi enak untuk kita serap. Tentang Pancasila yang bukan hanya sekedar :

  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Butir-butir diatas mungkin sudah sering kita baca dan kita hapalin ketika masa-masa sekolah ya? tapi sedikit yang mengerti detail tentang butir-butir tersebut.

Pak Ma’ruf menjelaskan satu persatu dengan simple dan gamblang makna dari masing-masing butir pancasila tersebut. Penjelasan yang gak rumit dan mudah dimengerti membuat  saya dan audience yang hadir di acara tersebut menyimak dengan serius namun tetap santai.

Beliau juga menambahkan tentang informasi yang perlu ditanamkan kembali kepada generasi muda jaman Now tentang 4 Pilar MPR

  1. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara
  2. UUD 1945 sebagai konstitusi negara
  3. NKRI sebagai bentuk negara
  4. Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara

“Indonesia lahir sudah beragam, bhinneka, dan bersatu dalam keberagaman untuk Indonesia. Dari dulu, sampai kini, hingga nanti!! Itulah anugrah bangsa ini” Ujar sekjen MPR RI ini.

Kata-kata itu benar-benar menggugah saya dan seluruh netizen yang hadir menjadi semangat. Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentunya kita memang harus menghargai dan meneruskan pemikiran luhur yang positive, apalagi tentang isu perbedaan pemikiran beberapa bulan lalu.

Kalo kita faham tentang nilai-nilai yang terkandung pada butir-butir Pancasila, sepertinya gak perlu lagi mempertanyakan tentang hal-hal yang tertuang pada masing-masing sila. Eh! jadi terbawa suasana kan hehehe

Di akhir sharing-sharing, beliau mengajak generasi jaman NOW untuk kembali ke 4 Pilar MPR  yang berisi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka, dan NKRI sebagai bentuk negara.

Kuy…. share informasi ini ya jika memang menurut kalian informasi ini memang informatif dan penting untuk di sampaikan. Keep Sharing

2 Replies to “Ngobrolin 4 Pilar MPR Bareng Netizen Jatim”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *