Nyeruput kopi Khas Malang di Roeang Sedoeh Rakjat

Nyeruput kopi Khas Malang di Roeang Sedoeh Rakjat Kota Batu Malang Arif Harianto photo by endrita agung

Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang seruput kopi khas malang di Roeng Sedoeh Rakjat tepatnya di Kota Batu, Jawa Timur.

Berawal dari kopdar bersama dua orang teman saya dari blogger malang yang kebetulan kita memang janjian ketemu di Alexa Cafe yang berlanjut kemudian mencari secerca jejak kopi yang pernah saya cicipi di Batu.

Pringitan singodermo atau biasanya saya dan beberapa orang sekitar menyebutnya dengan sebutan Pringitan kopi. Produk kopi asal Kota Batu Jawa Timur ini memang membuat saya jatuh cinta setelah dulu pernah dibelikan oleh adik. Kebetulan yang dibawakan adik saya waktu itu adalah kopi dari petani gunung Arjuna yang sudah di giling kasar.

Mungkin sedikit saja cerita tentang Pringitan kopinya, karena kita akan bahas kedai yang berada di jalan sultan agung no 4 Kota Batu ini. Singkat cerita setelah saya dan teman-teman ngobrol sebentar, akhirnya kita putuskan untuk lanjut ke Kota Batu tepatnya ke Roeang Sedoeh Rakjat yang direkomendasikan oleh bapak wahyu.

Baca Juga : Ngopi Santai di 8oz Coffee Malang

Waktu pertama kali sampai sana, saya agak sedikit bingung “Mana warung kopinya” karena memang baru pertama kali ini saya berkunjung ke Roeang Sedoeh Rakjat ini. Dan baru tau kalo kedainya berada diatas, padahal aku kira ini kantor wakil rakyat hehehe….

kopi khas malang di Roeng Sedoeh Rakjat tepatnya di Kota Batu arif harianto

Begitu naik tangga (bukan tangga sih, cuma ada jalan naik gitu) baru keliatan kalo ada beberapa tempat duduk plus deretan beberapa toples-toples yang berisi biji kopi yang terlihat dari luar ruangan tertata rapi.

Waktu itu saya beserta teman-teman blogger datang sekitar pukul 15.30 WIB, kebetulan kedai ini bukanya mulai jam 16.00 – 24.00 WIB. Ya! secara gak langsung kami memang memaksa kedai ini buka lebih awal karena kedatangan kami ke lokasi juga tanpa kabar.

Roeang Sedoeh Rakjat Kota Batu

Kopi khas malang di Roeng Sedoeh Rakjat Kota Batu arif harianto
Kopi khas malang di Roeng Sedoeh Rakjat Kota Batu arif harianto

Begitu nama kedai kopi yang kebetulan sedang saya singgahi kali ini. Kedai ini menawarkan sensasi meminum kopi yang berbeda, terutama dari biji kopinya. Biji kopi yang ada di kedai ini adalah biji kopi dari petani sekitar atau wilayah Kota Batu dan Malang Raya.

“yang kita tawarkan disini adalah biji kopi dari petani sekitar mas, biar semua orang juga tau malang kaya akan kopi-kopinya yang khas” Mas Joker selaku capten di kedai tersebut.

Berbagai macam biji kopi Kota Batu dan Malang Raya ada disini dari dampit, pujon, karlos (Karangploso), hingga beberapa biji kopi yang membuat saya gedek-gedek dengan banyaknya biji kopi dari daerah sekitar yang sebagian baru saya ketahui.

Menurut sam Joker, di kedai tersebut bukan hanya menjual kopinya saja tetapi juga membawa misi untuk mengenalkan kekayaan kopi-kopi khas di sekitar malang. Selain itu beliau bersama rekan-rekan Roeang Sedoeh Rakjat juga mengedukasi para petani kopi agar menghasilkan biji kopi yang yahud dan bernilai jual tinggi. Kece dah!

Untuk pecinta teh juga boleh mampir kesini, karena selain menjual kopi malang raya Roeang Sedoeh Rakjat menyediakan beberapa macam teh dari lawang yang bisa anda cicipin.

Cobain Kopi Khas Malang Raya

OK! akhirnya setelah ngobrol saya putuskan untuk memesan Arabica Pujon yang dibilang ada rasa mangganya dikit dengan 2 cara penyajian yaitu tubruk dan V60 buat ngerasain bedanya gimana.

Sambil menunggu pembuatan kopinya, saya dan temen-temen menyempatkan berkeliling lokasi untuk memotret beberapa sudut kedai ini yang kece abis, tapi yang paling saya suka ya spot dibawah ini.

ngopi santai bareng arifharianto kota wisata batu malang photo by endrita agung
ngopi santai bareng arifharianto kota wisata batu malang photo by endrita agung

Pesanan pun datang, Pujon tubruk dan Pujon V60 tersaji di meja kami yang menggugah selera saya dengan aromanya.

Oya! untuk kalian yang ingin mencicipi rasa asli kopi tersebut cobalah tanpa gula. Sebelum menyeruput kopi tersebut saya di stop sama masnya dan diberi wejangan.

“Cobain rasain kopinya ketika panas, sedang, dan dingin mas”

Langsung aja saya jawab ok mas!

Nyeruput kopi pujon di Roeang Sedoeh Rakjat Kota Batu Malang Arif Harianto by sandi
Nyeruput kopi pujon di Roeang Sedoeh Rakjat Kota Batu Malang Arif Harianto by sandi

Pada suhu panas si mangga memang gak begitu berasa, ketika hangat lumayan sedikit berasa, dan ketika dingin baru kerasa. Dalam hati saya langsung berkata benar apa kata sam joker tadi.

Nah yang satunya diminum sama teman yang jarang minum kopi tanpa gula atau penikmat kopi sobek (sachet). Begitu dia cobain satu tegukan dia bilang “kok beda ya sama kopi sachet, paitnya itu beda” ungkapnya.

ngobrol bersama sam joker dan mas endrita di Roeng Sedoeh Rakjat Kota Batu arif harianto
ngobrol bersama sam joker dan mas endrita di Roeng Sedoeh Rakjat Kota Batu arif harianto

Seperti biasa, sambil ngopi kita juga sambil ngobrol sama teman-teman Roeang Sedoeh Rakjat baik tentang potensi kopi lokal hingga beberapa kedai kopi yang rekomended di daerah malang selatan, karena asal saya dari malang selatan.

Suasana yang hangat dan nyaman tak terasa membuat kami sampai lupa waktu. Akhirnya waktu maghrib pun tiba saya bersama teman-teman pun harus memenuhi panggilan dari yang Maha Kuasa.

Roeng Sedoeh Rakjat Kota Batu arif harianto
Roeng Sedoeh Rakjat Kota Batu arif harianto

Intinya sih, kalo kamu mau nyobain warna warni rasa kopi malangan, boleh deh mampir di Roeang Sedoeh Rakjat di Kota Batu ini. Yang paling penting kalo kesana jangan lupa kabari saya ya. Saya juga mau balik lagi karena banyak biji kopi khas malang yang masih belum saya nikmatin hehehe Keep Share

12 thoughts on “Nyeruput kopi Khas Malang di Roeang Sedoeh Rakjat

  1. Makasih sharingnyaa mass. . Bsa cobaa ah ya mampir ke roang sedoeh kalau pas ke batuuu. . Ndak terlalu sukaa kopi sih wkwkw tp pengen mencicipi teh lawang nya ????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top