Pesona tersembunyi Wisata Coban Jodo

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang jalan-jalan saya bersama tim Backpackerhero dan Ilovemalang ke wisata Coban Jodo Kab.Malang.

Liburan minggu ini saya memilih untuk menjelajahi salah satu keindahan coban yang masih asri dan alami di Malang Raya. Kebetulan ada tim dari backpackerhero, ilovemalang, dan Google local guidance yang sedang menuju ke Coban Jodo pada saat itu.

Wisata Coban Jodo

coban jodo waterfall malang
coban jodo waterfall malang

Wisata ini masih terbilang cukup baru di malang raya, baru di buka sekitar 4-6 bulan yang lalu, begitu kata salah satu pengurus coban jodo ini Pak nyoman namanya. Coban yang di ambil namanya dari istilah jawa Jodoh ini mempunyai latar belakang cerita tentang percintaan.

Namun ada juga yang menyebutkan nama jodo ini berasal dari dua air terjun yang ada di satu tempat, sehingga di artikan bahwa air terjun tersebut berjodoh. Ok! kita bahas mengenai lokasinya.

Lokasi Coban Jodo

Untuk sampai ke lokasi anda bisa menggunakan Google Maps dengan mudah, karena sinyal bisa menjangkau sampai tempat parkir Coban Jodo.

Coban Jodo ini berada di dusun bendolawang kec. Jabung, Kab. Malang. Berada di daerah Taman Nasional Bromo tengger, akses menuju ke wisata ini terbilang lumayan sulit.

Selain jalan bebatuan yang harus di tempuh dari ujung aspal desa Bendolawang hingga ke tempat parkir, Anda juga masih harus menyusuri jalan setapak dengan komposisi tanjakan turunan, hingga harus menyebrangi sungai beberapa kali untuk sampai ke lokasi. Tracking dengan jalan kaki ini sejauh 1-2KM dari tempat parkir.

track coban jodo waterfalls malang
track coban jodo waterfalls malang

Di perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang memukau dan hamparan pepohonan yang rindang khas hutan yang memang masih belum terlalu banyak orang yang berkunjung.

Ya! memang track yang harus di tempuh untuk mencapai lokasi terbilang cukup extreme, dan tidak disarankan untuk rekreasi bersama keluarga. Kecuali, jika keluarga Anda menyukai Wisata Extreme.

Beberapa Coban yang ada di tempat tersebut :

Coban Kricik

coban kricik waterfalls malang
coban kricik waterfalls malang

Setelah beberapa menit saya sampai di lokasi coban pertama. Namanya coban kricik. Dinamakan Kricik, karena memang coban ini aliran airnya seperti gemericik air saja, tidak begitu deras.

Coban Arema

coban arema waterfalls malang

Coban ini dinamakan Arema karena memiliki keunikan. Keunikan coban ini adalah bentuk coban yang menyerupai kepala singa.

Sumber Suko

coban suko waterfalls malang
coban suko waterfalls malang

Ini adalah daerah aliran sungai yang masih berada dibawah Coban Jodo. Walaupun hanya aliran sungai, tapi tak sedikit lo yang mengabadikan moment ketika berkunjung kesini untuk sekedar ber-foto.

Dan setelah perjalanan panjang melewati aliran sungai dan menikmati beberapa coban, akhirnya sampailah kita di Coban yang sesungguhnya.

Coban Jodo

coban jodo waterfalls malang
coban jodo waterfalls malang

Tampak dari jauh coban yang tinggi sekali dengan pemandangan yang masih asri ini. Ketika mendekat ternyata masih ada satu coban yang nyempil. Inilah kenapa disebut coban jodo. Karena ada dua coban yang bertemu dalam satu lokasi. (cie…. coban aja ketemu)

Tuntas sudah perjalanan saya kali ini ke wisata baru di malang raya yang berada di kawasan taman nasional bromo ini.

“Jangan ambil sesuatu selain gambar, dan jangan tinggalkan sesuatu selain jejak” ???? tetap jaga keindahan alam kita.

2 thoughts on “Pesona tersembunyi Wisata Coban Jodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top