Seru-seruan di Museum Musik Indonesia Kota Malang

Kali ini saya akan cerita tentang serunya menjelajahi museum yang masih terhitung baru dan satu-satunya di Indonesia, yup! Museum Musik Indonesia yang ada di Kota Malang.

Ceritanya kebetulan di hari minggu saya lagi gak ada acara dan bingung juga mau ngapain. Ya! efek LDR dan alhamdulillah kerjaan gak ada masalah membuat weekend saya biasa aja.

Iseng-iseng sambil tiduran saya blog walking ke beberapa temen-temen Blogger Malang, pas lagi seru-serunya blog walking nemu hal yang menarik. Tepatnya di blog rara muhammad yang membahas tentang Museum Musik Indonesia yang ada di Kota tercinta.

Sebenarnya bukannya saya tidak tahu menahu sebelumnya tentang museum unik ini, tetapi karena belum sempat dan tak ada waktu saja untuk berkunjung ke museum ini. #Alesan

Berbicara tentang museum yang bertempat di Gedung kesenian Gajahyana yang ada di jalan Nusakambangan No.19, Kasin, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, ini merupakan yang pertama dan satu-satunya yang ada di Malang, Indonesia, bahkan mungkin Asia tenggara.

Dari luar memang gak begitu terlihat bahwa ini museum (kecuali tulisan Museum Musik Indonesia yang gede itu), ya… harap maklum sih karena memang tempat dari museum ini jadi satu dengan gedung kesenian guys.

Cuz, langsung aja masuk ke Gedung Kesenian Gajahyana ini dan langsung menuju lantai 2 karena museum musiknya berada di lantai 2 dari gedung ini.

Cerita tentang Museum Musik Indonesia

Museum Musik Indonesia by ILoveMalang
Museum Musik Indonesia by ILoveMalang

Begitu masuk ke museum ini saya langsung disambut dengan mas ari yang kebetulan sedang menjaga museum musik indonesia ini. Tak butuh waktu lama untuk saya berbincang-bincang enak bersama beliau, karena orangnya yang enak diajak ngobrol dan juga asik.

Sambil berjalan kami berbincang-bincang tentang koleksi yang dimiliki oleh Museum ini. Tak lupa juga beliau bercerita tentang sejarah berdirinya museum ini.

Museum Musik Indonesia atau MMI ini sebenarnya merupakan gagasan dari sekumpulan warga Malang dari Komunitas Pecinta Katjoetangan yang membuka embrio museum ini berupa Galeri Malang Bernyanyi atau (GMB) di kediaman sang pengagas museum ini bapak Hengki Herwanto, di Jalan Citarum, Purwantoro, Blimbing pada 2009.

Bagaimana caranya untuk merekam dan memelihara sejarah perjalanan musik, sebagai sarana edukasi untuk membangun masa depan dunia musik itu sendiri.

Yup! itulah kenapa museum musik ini sendiri di buat dan diresmikan. Selain itu pak Hengki yang memiliki beberapa koleksi piringan hitam, pita kaset, hingga beberapa hal lainnya juga menjadi alasannya.

Beliau berharap dengan adanya Museum Musik Indonesia yang diresmikan pada tanggal 19 November 2016 ini bisa menjadi pusat dokumentasi sekaligus data perjalanan musik Indonesia.

Koleksi Museum Musik Indonesia

Bicara tentang museum, tak lengkap rasanya jika cuma ngobrolin sejarah berdirinya hingga pendirinya, tetapi juga koleksinya. Museum Musik Indonesia memiliki beberapa koleksi yang lumayan lengkap guys. Sambil berjalan, mas ari menunjukan satu persatu koleksi yang dimiliki oleh museum musik ini.

Koleksi Kaset Pita di Museum Musik Indonesia

Salah satu koleksi yang paling banyak di museum ini adalah Kaset Pita yang booming di era 70-90an. Yup! mungkin di jaman atau era milenia kita sudah gak kenal lagi bahkan gak muter lagi sama ginian kalo mau dengerin musik hehehe

koleksi Kaset pita di museum musik Indonesia MMI Malang arif harianto blogger
koleksi Kaset pita di museum musik Indonesia MMI Malang arif harianto blogger

Koleksi kaset ini didapat dari koleksi pribadi hingga pemberian dari kolektor. Yup! para kolektor menitipkan maupun juga memberikan koleksinya dengan syarat dirawat dan dijaga dengan baik.

Tak hanya dari Indonesia, beberapa musisi asal negara lain seperti amerika, jepang, dan beberapa yang lainnya juga ada disini.

Kaset-kaset ini tidak hanya dipajang lo guys, tetapi juga bisa kalian dengarkan dan masih sangat manis dan kece untuk di dengerin. Kata mas ari semua koleksi Kaset Pita di museum ini masih bisa di putar dan di dengarkan.

Kuncinya ada di perawatan yang dilakukan oleh pihak museum, dimana minimal tiap setahun kalo gak sebulan tiap kaset akan diputar untuk perawatan.

Koleksi Compact Disc dan Piringan Hitam di Museum Musik Indonesia

Tak hanya sampai disitu guys, sampai ke shaf (sebut aja rak) berikutnya, saya dibawa mas ari untuk melihat koleksi selanjutnya.

koleksi CD dan ensiklopedi museum musik Indonesia MMI Malang arif harianto blogger
koleksi CD dan ensiklopedi museum musik Indonesia MMI Malang arif harianto blogger

Kali ini koleksinya dalam bentuk CD atau Compact Disk. Yup! koleksi yang sudah sering saya temui ini memang lumayang banyak juga. Selain dari indonesia ada beberapa negara seperti afrika, jepang, dan amerika yang tertata rapi di rak CD ini.

Selain itu juga saya tertarik dengan beberapa ensiklopedi (tentang musik tentunya) yang tertata rapi di bagian atas rak CD. Buku-buku tersebut seperti memanggil saya untuk dibaca, ah! tapi nanti dulu kita keliling dulu deh hehehe

koleksi piringan hitam museum musik Indonesia MMI Malang arif harianto blogger
koleksi piringan hitam museum musik Indonesia MMI Malang arif harianto blogger

Dan sampailah kita pada kumpulan Piringan Hitam yang menggunung berjajar rapi di bagian rak selanjutnya. Begitu tau ada piringan hitam, langsung aja saya tanya “bisa di putar mas” langsung beliau jawab “bisa mas, mas mau?” dalam hati asek…. kapan lagi ya mutar piringan hitam gratis hehehe

Langsung aja saya minta mas ari untuk putarin album dari the beatles sub marine yang “ASLI” bukan MP3 #nyindir

Mas ari menjelaskan tentang sulit, keren, dan seninya memutar piringan hitam yang membuat saya beruntung dan bersyukur dengan adanya museum musik indonesia ini. Kalo gak disini, dimana lagi cobak…. hehehe

Sambil menikmati lagu dari The Beatles, ditambah dengan minuman kesukaan yaitu kopi, dan baca-baca beberapa ensiklopedi yang manggil-manggil tadi, bikin rileks suasana siang itu.

Koleksi Terbaru Museum Musik Indonesia Alat Musik Daerah

Yup! tak lengkap rasanya jika museum musik indonesia tak memiliki koleksi alat-alat musik. Alat-alat musik dari berbagai daerah di Indonesia ada disini mulai dari sasando, sampek, gambus, dan banyak yang lainnya.

koleksi alat musik daerah museum musik Indonesia MMI Malang arif harianto blogger
koleksi alat musik daerah museum musik Indonesia MMI Malang arif harianto blogger

Alat-alat musik daerah tersebut diperoleh dari walikota se-Indonesia yang berkumpul di Kota Malang ketika Event APEKSI 2017 bulan juli kemaren. Alat musik tersebut dihibahkan dan disimpan di museum musik indonesia sebagai sarana edukasi dan pengetahuan akan musik daerah.

Sama seperti beberapa koleksi lainnya, Alat-alat musik daerah ini pun juga bisa dimainkan, hmmm kece banget dah.

Nah kalo ingin tau selengkapnya tentang keseruan menjelajah Museum Musik Indonesia ini kebetulan saya udah bikin vlognya hehehe

Museum Musik Indonesia ini memang terbilang jauh dari kata sempurna, tetapi semakin hari semakin berkembang dan menjadi lebih baik. Kedepan, saya berharap museum seperti ini masih ada, karena untuk yang suka musik seperti saya, sangat-sangat bersyukur banget dengan adanya museum macam ini.

Yup! mungkin sekilas saja tentang Museum Musik Indonesia yang ada di Kota Malang ini. Jangan lupa untuk berkunjung dan sebarkan informasi yang positive dan memangun. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa langsung komen di kolom komentar di bawah ya…. hehehe

2 Replies to “Seru-seruan di Museum Musik Indonesia Kota Malang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *