3 Plugins WordPress Cache Untuk Mempercepat Website

Waktunya sharing, kali ini saya akan memberikan tips agar wordpress kamu bisa secepat jet dengan 3 plugins wordpress cache untuk mempercepat website kamu.

Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang yang sudah beralih untuk menyebarkan informasinya di dalam sebuah website. Tidak hanya dalam bentuk artikel, brosur, poster, video pun juga turut di unggah di website company maupun blog pribadi.

Permasalahan muncul ketika banyak data yang harus di load atau di tampilkan dalam sebuah website dalam satu page.  Bayangkan jika dalam satu page ada poster, video, hingga beberapa foto yang gede-gede kayak gini.

tampilan-website-arif-harianto-blogger-buzzer-e1494952244193

Hehehe, sedikit promo sih. Tapi apakah kamu merasa lemot, atau lelet, atau lama ketika buka homepage Arif Harianto ? Semoga tidak. Yup! walaupun harus load beberapa gambar dengan resolusi 2000x1280px gak kerasa lama banget kan? hehehe #pamer

Nah kali ini saya akan kasih opsi untuk optimalisasi wordpress kamu agar lebih cepat dengan menggunakan cache. Ada beberapa plugins cache yang bisa digunakan untuk mempercepat load pada website kamu. Cuz, langsung kita bahas deh…..

WP Super Cache

Plugins cache yang satu ini menurut saya adalah plugins yang paling mudah untuk di implementasikan untuk pemula. Selain menunya yang sedikit, setting yang harus dilakukan pun juga tidak terlalu rumit.

Tutorial WP Super Cache arif harianto blogger
Tutorial WP Super Cache arif harianto blogger

Kamu hanya perlu menekan tombol Update Status dan pastikan Radio button pada posisi Caching On (Recomended). Oya! untuk masuk di page ini kamu bisa mengaksesnya di menu Settings > WP Super Cache.

Tutorial Custom WP Super Cache arif harianto blogger
Tutorial Custom WP Super Cache arif harianto blogger

Jika kamu ingin lebih optimize lagi, kamu bisa melakukan custom setting pada menu Advanced pada menu bar WP Super Cache ini. Untuk beginner atau pemula, saya sarankan untuk tidak mengubah settingan pada menu ini.

Link

W3 Total Cache

Plugins Cache yang kedua ini termasuk plugins yang lumayan lengkap. Selain menu settingnya yang seabrek atau banyak, setting dasarnya juga lumayan banyak pencetannya (halah…) hehehe

wallpaper W3 Total Cache wordpress arif harianto blogger
wallpaper W3 Total Cache wordpress arif harianto blogger

Lantas kenapa saya masukan W3 Total Cache sebagai salah satu tools untuk plugins cache kamu? Ya, karena menurut saya jika kamu masih belum puas dengan performa WP Super Cache, kamu bisa menggunakan tools ini sebagai salah satu alternativenya.

Tutorial W3 Total Cache arif harianto blogger
Tutorial W3 Total Cache arif harianto blogger

Selain page chace, tools ini juga bisa kamu gunakan untuk Database cache, Minify, Opcache, CDN dan masih banyak yang lainnya. Untuk kamu yang sudah paham betul tentang cache, tools ini lumayan lengkap dan sangat-sangat rekomended untuk meningkatkan performa web kamu.

Link

WP Fastest Cache

Untuk plugins cache yang satu ini saya belum pernah coba. Tapi kenapa saya masukan kedalam list? Karena perkembangan downloadnya yang meningkat sejak tools ini keluar.

tutorial WP Fatest Cache wordpress arif harianto blogger
tutorial WP Fatest Cache wordpress arif harianto blogger

Jika dilihat dari jumlah atau statistik download perharinya, plugins ini mengalami perkembangan yang lumayan dan sepertinya patut diperhitungkan.

statistik WP Fatest Cache wordpress arif harianto blogger
statistik WP Fatest Cache wordpress arif harianto blogger

Hasil statistik yang mereka tampilkan diwebsite plugins wordpress juga membuktikan plugins ini dapat bersaing dengan beberapa plugins yang sudah memiliki jam terbang lebih lama di wordpress.

tutorial Setting WP Fatest Cache wordpress arif harianto blogger
tutorial Setting WP Fatest Cache wordpress arif harianto blogger

Dikutip dari laman mereka juga di plugins wordpress, sepertinya settingnya juga tak semudah WP Super Cache, banyak checkbox dan beberapa menu yang menurut hemat saya lumayan membingungkan untuk pemula.

Yang saya suka dari plugins ini adalah mereka mampu menghapus post yang baru saja diperbaharui, jadi gak semua kehapus atau clear. Hmmm…. Patut dicoba juga nih plugins WP Fatest Cache satu ini…. :3

Link

OK! Sudah 3 Plugins yang menurut saya patut kamu implementasikan atau segera kamu install di wordpress kamu agar kecepatannya meningkat. Oya! pilih salah satu ya, jangan dipasang semuanya malah berabe ntar hehehehe

Nearly half of all visitors will leave a mobile site if the pages don’t load within 3 seconds.

Yup! itulah salah satu hal yang disebutkan raksasa search engine google di salah satu situs miliknya yang harus kita perhitungkan. Tentunya kamu gak mau kan kalo sudah optimasi SEO, nulis capek-capek, begitu ada pengunjung ke website kamu tapi malah kabur sebelum baca karena lemot atau lama.

Terimakasih untuk kamu yang sudah baca artikel ini, silahkan share jika memang artikel ini berguna, dan jika masih ada yang ditanyakan silahkan isi kolom komentar dibawah ya 🙂 Keep Share

9 Replies to “3 Plugins WordPress Cache Untuk Mempercepat Website”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.