4 Plugins Analytic untuk mengamati Website Anda

Kali ini yang akan saya share adalah bagaimana kita dapat mempelajari kinerja website menggunakan plugins analytic untuk mengamati website Anda.

Halo semua! udah waktunya sharing-sharing nih, dimana kali ini saya akan sharing mengenai analytic.

Analitik? kenapa kita harus menggunakan analitik? tinggal posting aja tiap hari selesai kan? hehehe benar, namun di postingan ini tidak saya benarkan #eh

Kenapa Harus Memasang Analitik?

Analisa yang dimaksudkan disini sebenarnya lebih kepada bagaimana Anda bisa lebih mengerti tentang website Anda sendiri. Jika Anda mengerti tentang website Anda, maka Anda akan mudah untuk melakukan apapun bersamanya (halah ngomong opo) hehehe

Sedikit jawaban dari alasan untuk Anda kenapa harus menggunakan analitik :

  • Kita mengerti berapa traffic ke website kita
  • Kita mengerti dari mana dan ke mana traffic pada website kita
  • Dari data tersebut kita dapat membuat penulisan kita lebih tertuju (kategori atau tulisan seperti apa yang disukai viewer kita)
  • Jika Anda menerapkan SEO Anda juga dapat mengukur apakah keyword yang menuju ke website Anda sesuai dengan target
  • Dan masih banyak lagi.

Selain beberapa hal diatas, masih banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari analitik ini. Semoga sedikit list jawaban tentang alasan kenapa Anda harus menggunakan analitik diatas dapat membuat Anda tertarik untuk memasang analitik.

Tools Analitik apa saja yang bisa di pasang di Website?

Gak hanya ngomong aja, kali ini saya juga menawarkan 4 plugins analytic yang pernah saya gunakan yang bisa Anda implementasikan “gratis” di website Anda baik CMS maupun custom.

Berikut adalah beberapa plugins dan cara untuk pemasangannya, ada Count per day, Google Analytic, histats, dan Jetpack. Kuy, langsung aja deh……

Count Per day

plugins analitik wordpress count per days tutorial blog arif harianto malang
plugins analitik wordpress count per days tutorial blog arif harianto malang

Count per Day adalah salah satu tools analitik yang saya rekomendasikan khusus untuk Anda pengguna wordpress. Plugins ini dapat membantu Anda menganalisa traffic baik IN maupun OUT, jenis browser pengakses, traffic online realtime, page yang dibaca oleh viewer, keyword, dan masih banyak yang lainnya.

Cara pemasangannya pun juga cukup mudah, Anda cukup menuju menu tambah plugins dan search dengan kata kunci count per day kemudian pasang dan aktifkan.

tools analytic count per day tutorial blogger arif harianto malang
tools analytic count per day tutorial blogger arif harianto malang

Jika tools sudah terinstall, silahkan lakukan sedikit setting di dashboard aplikasi tersebut dengan mengakses setting -> Count Per Day. Untuk cek berapa traffic dan lainnya seperti saya sebutkan diatas, Anda bisa mengaksesnya di menu Dashboard -> Count Per Day seperti gambar dibawah ini.

tampilan tools analitik count per days blogger tutorial arif harianto malang
tampilan tools analitik count per days blogger tutorial arif harianto malang

OK! dengan step diatas anda sudah siap melakukan analisa terhadap situs Anda. Next…. ­čÖé

Google Analytic

google analytic tutorial arifharianto
google analytic tutorial arifharianto

Saya pernah membahas tentang bagaimana caranya instalasi Google analytic di website, so kali ini saya hanya akan sedikit membahasnya. Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas bagaimana mendaftar, memasang pada website Anda.

Baca Juga : Cara mendaftar Google Analytic

Pada artikel tersebut saya belum melengkapinya dengan bagaimana caranya menganalisanya. Google analytic ini menurut saya adalah tools analitik yang lumayan komplek. Fitur yang dimiliki oleh 3 tools analytic di artikel ini hampir dimiliki sepenuhnya oleh Google Analytic.

Perlu pembahasan khusus untuk membahas menu-menu dalam analytic ini, tapi yang terpenting minimal anda mengetahui beberapa menu ini.

menu ringkasan pada tools google analytic blogger tutorial arif harianto malang
menu ringkasan pada tools google analytic blogger tutorial arif harianto malang

Pada menu Real Time, anda dapat melihat beberapa sub menu seperti ringkasan, lokasi, sumber traffic, dan lain sebagainya. Masing-masing sub menu memiliki tampilan dan kebutuhan analisis yang berbeda.

Sub menu Ringkasan adalah tampilan analisa dari user yang saat ini online di website Anda. Pada page ini Anda bisa melihat beberapa hal seperti pengguna menggunakan apa, url laman yang diakses, hingga rujukan darimana asal traffic.

Menu Pemirsa pada google analytic tutorial blogger arif harianto malang
Menu Pemirsa pada google analytic tutorial blogger arif harianto malang

Pada menu pemirsa anda dapat melihat total traffic dan beberapa hal lain dari jam, hari, minggu, hingga bulan pada website Anda. Disini anda dapat menganalisa beberapa hal tentang siapa, darimana, dengan apa, dan paling banyak tentang apa viewer dari website Anda dari jam, hari, bulan, hingga tahun yang sudah terlewat.

Dan masih banyak lagi sebenarnya fitur yang masih terpendam di Google Analytic yang masih belum saya jelaskan, karena bisa habis satu page untuk bahas tools yang satu ini. NEXT…

Histats

Tools Analytic website menggunakan hitstats tutorial blogger arif harianto malang
Tools Analytic website menggunakan histats tutorial blogger arif harianto malang

Tools ini banyak sekali digunakan di beberapa website terutama para blogger. Selain mudah, tools ini juga menawarkan mini fitur dari Google Analytic yang membuat orang awam tidak bingung namun tetap powerfull.

Ada beberapa fitur yang bisa Anda nikmati seperti realtime pengunjung, history user, traffic berdasarkan url dan masih banyak lainnya. Yang saya suka dari histats ini adalah menu yang simpel namun powerfull.

menu tools hitstats tutorial blogger arif harianto malang
menu tools hitstats tutorial blogger arif harianto malang

Menunya simpel dan sangat mudah bagi Anda yang sebelumnya belum pernah mengenal analitik. Walaupun simple, menu-menu yang ada pada histats ini cukup powerful, ya, cukuplah untuk Anda menganalisa beberapa komponen pada website Anda.

Cara pemasangannya cukup mudah, Anda tinggal mendaftar di website histats, lalu isi url pendaftaran dengan alamat situs anda dan click pendaftaran. Jika sudah Anda akan disodorkan dengan form, dan silahkan diisi sesuai persyaratan. Jika sudah cuz konfirmasi email Anda, lalu silahkan login.

Sesudah login Anda masih belum bisa melihat statistik website Anda. Satu step lagi yang harus Anda lakukan adalah dengan klik tombol Counter Code, Kemudian klik Add New Counter, lalu pilih tampilan counter histats yang sesuasi dengan base color pada website Anda. Terakhir, pasang generate code dari hitstats ke website Anda dengan copy paste code.

Jetpack

tools analytic wordpress jetpack tutorial blogger by arif harianto
tools analytic wordpress jetpack tutorial blogger by arif harianto

Jetpack plugins ini sebenarnya merupakan plugins yang lumayan kompleks. Fitur Analytic adalah salah satu dari beberapa fitur yang ditawarkan oleh plugins WP yang satu ini.

Tools ini memang khusus untuk Anda pengguna CMS WordPress. Menu pada Jetpack site stats ini lebih simple dari histats maupun count per day.

tools analytic menu jetpack sitestats tutorial blogger arif harianto malang

Menunya memang satu, tapi di dalam satu menu tersebut kita bisa melihat hampir seluruh hal yang kita butuhkan, seperti melihat traffic per hari/minggu/bulan, melihat keyword yang berhasil mampir ke website Anda, tulisan yang paling banyak di kunjungi, hingga referensi darimana traffic berasal (backlink).

Untuk analisis dasar, tools ini sudah cukup untuk membantu Anda menganalisa performa situs Anda, sayangnya sama seperti count per day tools ini hanya tersedia untuk pengguna WordPress saja.

Cara Instalasinya sangat mudah, Anda cukup menuju menu tambah plugins dan search dengan kata kunci jetpack, kemudian pasang dan aktifkan. Jika sudah terpasang, maka akan muncul menu baru pada wordpress menu Anda, tepatnya di bawah Dashboard.

menu tools jetpack sitestats tutorial blogger arif harianto malang

Jika sudah muncul tampilan menu seperti diatas, berarti Anda sudah siap menganalisa situs Anda menggunakan Jetpack.

Kesimpulan :

Sudah 4 plugins analytic yang saya jabarkan dan bisa Anda gunakan untuk menganalisa website Anda. Masing-masing tools memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, dan tergantung dari Anda lebih nyaman menggunakan yang mana. Anda juga bisa menggunakan kombinasi dari beberapa tools tersebut, untuk menambah nilai akurasi dari presentase analisa website Anda.

Sekian sharing kali ini. Jika ada masukan atau mungkin pertanyaan silahkan langsung komen di bawah ya… Keep Share

12 Replies to “4 Plugins Analytic untuk mengamati Website Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.