Cara mendaftarkan Website ke Google Analytic

Kali ini saya akan share tentang cara mendaftarkan website ke Google Analytic untuk keperluan penelitian atau untuk analisis.

Cerita sedikit tentang pengalaman mengenal GAnalytic

Sedikit cerita, jadi dari sekian banyak orang yang sudah menggeluti bidang blog ataupun website, ternyata hanya sedikit yang menggunakan analytic. Ada beberapa alasan baik gak perlu, untuk apa, sampai berakhir pada kata-kata gak jelas.

Awalnya saya juga anggap gitu, tapi semua berubah saat negara api menyerang….. :v OK! serius

Semua berawal ketika saya bekerja di salah satu media ternama di Indonesia. Kebetulan saya disitu sebagai IT support, sehingga walaupun tidak ada hubungannya dengan menulis tapi sedikit-sedikit agak ngerti juga masalah penulisan hingga tools pendukungnya.

Pada saat analisa beliau-beliau menggunakan tools salah satunya adalah Google Analytic ini. GAnalytic ini digunakan untuk menganalisa banyak hal tentang pengunjung situs yang kita miliki baik umur, demografi, hingga asal traffic pun juga ada disini.

OK! mungkin sekilas tentang bagaimana ceritanya saya bertemu dan jatuh cinta dengan Google Analytic ini. Next, kita lanjutin step-stepnya ke, bagaimana mengintegrasikan website kita dengan Google Analytic.

Sekilas tentang Google Analytic

google analytic tutorial arifharianto
google analytic tutorial arifharianto

Dikutip dari laman Google Analytic :

Google Analytics tidak hanya memungkinkan Anda mengukur penjualan dan konversi, tetapi juga memberikan wawasan baru mengenai cara pengunjung menggunakan situs, tiba di situs, dan cara Anda membuat mereka tetap datang kembali.

Simpelnya, Google Analytic adalah salah satu tools analisa yang lengkap untuk membantu kamu menganakisa data traffic yang ada di situs kamu. Tools ini ada dua seri yang FREE dan yang berbayar. Untuk kita sih cukup yang FREE saja sudah powerful kok.

Mendaftarkan Website ke Google Analytic

Untuk mengaktifkan fitur ini kamu harus mendaftarkan website kamu melalui email dengan mengakses URL berikut Google Analytic

Pendaftaran Google Analytic arifharianto
Pendaftaran Google Analytic arifharianto

Jika sudah diakses, maka tampilan websitenya seperti diatas. Kemudian klik pendaftaran dan silahkan isi form sesuai dengan data diri kamu, yang paling penting adalah websitenya diisi sesuai dengan yang akan di analisa.

form google analytic arifharianto
form google analytic arifharianto

Cuz, jika sudah terisi semua klik saja tombol dapatkan ID pelacakan untuk mendapatkan id pelacakan yang akan kita sisipkan di website kita. Copy Id pelacakan tersebut.

Jika menggunakan WordPress

Copy kode pelacakan yang sudah kita buat tadi, kemudian silahkan masuk ke situs wordpress kamu. Login ke Admin, setelah masuk ke Dashboard lalu pilih menu Apprearance untuk yang berbahasa inggris dan Tampilan untuk berbahasa Indonesia, dan pilih sub menu Editor.

Tutorial google analytic website arifharianto
Tutorial google analytic website arifharianto

Next, carilah tulisan page footer.php seperti gambar yang saya lingkari diatas. Klik, lalu silahkan cari wp_footer di bagian sebelah kiri layar kamu, kemudian paste atau tempelkan code Google Analytic tadi tepat di bawah wp_footer() seperti gambar dibawah ini.

paste id pelacakan google analytic arifharianto
paste id pelacakan google analytic arifharianto

Jika sudah, simpan dengan cara klik tombol update file.

Jika Menggunakan Blogspot

Copy kode pelacakan yang sudah kita buat tadi, kemudian silahkan masuk ke situs blogspot kamu. Login ke Admin, setelah masuk ke Dashboard lalu pilih menu Template untuk yang berbahasa inggris dan Tema untuk berbahasa Indonesia, dan pilih edit HTML.

Template edit HTML blogger arifharianto
Template edit HTML blogger arifharianto

Sama seperti di WP, disini kita akan taruh kode pelacakan dibagian bawah yaitu footer.

sisipkan google analytic code arifharianto
sisipkan google analytic code arifharianto

Sisipkan saja code Google Analytic tadi sebelum </body>, yang berarti code tersebut harus diatas </body>. Jika sudah lalu simpan tema.

OK! saya anggap itu ndak ada masalah untuk kedua situs diatas. Lalu gimana cara lihat berhasil ndaknya? tenang, silahkan buka kembali situs Ganalytic silahkan masuk ke menu ringkasan seperti gambar berikut.

ringkasan google analytic arifharianto
ringkasan google analytic arifharianto

Coba akses situs temen-temen secara realtime, jika situs temen-temen ada pengunjung maka secara otomatis akan tampil di ringkasan realtime siapa saja pengunjung di situs temen-temen diwaktu yang sama.

Kurang lebihnya seperti itulah sedikit tentang pemasangan atau instalasi google analytic ke website temen-temen. Jika ada kendala bisa tinggalkan komentar di bawah ya…. 🙂 Keep Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.