Codeigniter 3.1.3 (HMVC) MY_Loader::_ci_object_to_array()

Oi! kali ini saya ingin berbagi tentang error yang saya dapatkan ketika update Codeigniter 3.1.3 (HMVC) MY_Loader::_ci_object_to_array error.

Buat programmer update framework sangat perlu dilakukan, apalagi jika update tersebut merupakan update untuk beberapa bug yang membahayakan system.

Kali ini saya akan cerita tentang update Codeigniter 3.1.3 (HMVC) yang error ketika saya update systemnya. Awalnya sih saya baca cara update di Documentation CIawal baca sih simple-simple aja tinggal replace system beres.

Dilalah, ealah dalah, ternyata setelah system saya replace ada beberapa error yang saya dapat, dan yang paling mengganggu adalah Call to undefined method MY_Loader::_ci_object_to_array().

Message: Call to undefined method MY_Loader::_ci_object_to_array()

Dalam hati mateng aku!!!!

Mungkin ini efek dari si Codeigniter yang sudah mengimplementasikan HMVC jadi ada sedikit perubahan di beberapa code dan strukturnya. Niatan update buat fix beberapa bug eh ini malah nambah bug hehehe…. setelah dapat error tersebut langsung aja deh surfing ke google untuk nyari informasi kali aja ada orang yang dapat error yang sama.

Setelah beberapa kali dapat jawaban di situs popular seperti stackoverflow, akhirnya saya dapat jawaban yang paling efektife di Gitnya Sean Wilson.

Pada bitbucket tersebut ada solusi untuk kalian yang sudah mengimplementasikan HMVC di Codeigniter sebelum 3.1.3 dan update ke seri ini.

Ada baris code yang harus kalian tambah di MX/Loader.php tepatnya di folder third party milik MVC. Tambahkan baris code dibawah ini setelah function public function view dibaris sekitar 284-300.

protected function _ci_object_to_array($object) {
   return is_object($object) ? get_object_vars($object) : $object;
}

Setelah itu simpan dan silahkan coba load web kamu. Tara….. Harusnya web berjalan dengan lancar jaya tidak ada masalah seperti yang sudah saya coba.

Note :
Untuk kamu yang menggunakan MVC di Codeigniter kamu, seri Codeigniter 3.1.3 adalah seri tertinggi yang bisa kamu update. Jangan gunakan seri lebih tinggi dari itu, karena cara diatas masih belum bisa saya coba di 3.1.4. Jika ada informasi lebih bisa kalian tulis di comment ya….. 🙂 Keep Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.