Merapikan Tampilan Channel Youtube

Bagaimana caranya merapikan tampilan channel youtube kamu agar tampilan di youtube kamu se-kece youtuber-youtuber popular dunia.

Vlogger atau singkatan dari Video Blogger ini semakin marak dengan perkembangan website-website penyedia fasilitas untuk upload video, munculnya sosmed yang memanfaatkan video, hingga jaringan yang sudah “lumayan” mumpuni ketimbang jaman Nokia masih berjaya dulu.

Ya! tak bisa dipungkiri efek beberapa senior youtuber yang sudah beberapa tahun dan mendapatkan pendapatan tetap ini membuat platform yang satu ini menjadi salah satu platform yang wajib untuk para youtuber mengunggah videonya.

Youtube adalah salah satu media atau platform yang banyak digunakan untuk mengunggah konten video. Baik itu dalam bentuk film pendek, Vlog, dokumenter, hingga iklan pun juga ikut diunggah di platform ini.

Ok sekilas tentang pengenalan youtube-nya, karena yang kali ini akan kita bahas adalah bagaimana merapikan tampilan di channel youtube kamu.

Menata Tampilan Youtube

Menata Tampilan Channel Youtube arifharianto
Menata Tampilan Channel Youtube arifharianto

Pernah lihat tampilan Youtube tertata rapi seperti gambar diatas?

Gak perlu nunggu sampek subscriber berjuta-juta kok, cukup dengan beberapa video yang sudah kalian upload saja. Yup! tentunya kalian harus sudah upload beberapa video guys, karena jika hanya 1-5 video saja tentunya tak akan semanis itu tampilannya.

OK! so….. gimana caranya? Kuy…. langsung deh kita bahas caranya…….

Membuat Playlist di Channel Youtube kalian

setting playlist channel youtube arifharianto
setting playlist channel youtube arifharianto

Hal yang mungkin kita anggap tidak penting ini ternyata dibutuhkan ketika kita ingin merapikan tampilan youtube. Sama seperti kategori atau menu di website, di youtube juga ada kategori yang berbentuk playlist.

Disini coba kelompokan beberapa video yang sudah kamu upload, kebetulan ada beberapa tipe yang ada di channel saya. Ada Gaming, Daily life, dan Drone. Untuk nama playlistnya bisa kalian buat sesuai kebutuhan ndak harus fix kayak yang saya bikin.

 

Untuk membuat playlist baru silahkan klik tombol playlist baru pada menu playlist. Jika sudah, akan muncul tampilan popup seperti dibawah ini. Isi terlebih dahulu Judul Playlist kalian, lalu klik Buat.

membuat playlist di youtube arifharianto
membuat playlist di youtube arifharianto
Edit tampilan playlist Youtube
Edit tampilan playlist Youtube arifharianto

Jika sudah di klik, harusnya tampilannya seperti diatas guys. OK, saya anggap semua sudah di posisi tampilan seperti diatas, jika sudah silahkan edit beberapa hal berikut :

  • Edit deskripsi dengan klik tambah deskripsi tepatnya disekitar bawah Judul.
  • Judul (contoh diatas Playlist Baru) dengan cara klik title playlist baru tersebut.
  • Tambahkan video  dengan cara klik tombol button “tambahkan video”
tambahkan video ke playlist channel youtube
tambahkan video ke playlist channel youtube

Seperti gambar diatas, jadi silahkan pilih video apa saja yang masuk dalam katergori tersebut. Kalau sudah, harusnya video yang ditambahkan akan masuk di playlist tersebut.

Menautkan Playlist ke Halaman depan Youtube

Setelah kita belajar gimana caranya bikin playlist, sekarang kita akan membuat gimana caranya menautkan playlist tersebut ke halaman depan.

Merapikan Tampilan Channel Youtube tambahkan bagian arifharianto
Merapikan Tampilan Channel Youtube tambahkan bagian arifharianto

Step yang pertama, carilah tombol seperti gambar yang sudah saya creenshoot diatas.

Merapikan Tampilan Channel Youtube tambahkan channel di home screen channel arifharianto
Merapikan Tampilan Channel Youtube tambahkan channel di home screen channel arifharianto

Kemudian dibagian konten silahkan pilih -> satu playlist, dan silahkan pilih sesuai playlist yang akan dimuat di tab ini, lebih mudahnya bisa cek gambar diatas.

Jika sudah harusnya tampilan preview tab akan seperti gambar berikut ini :

Merapikan Tampilan Channel Youtube preview channel add arifharianto
Merapikan Tampilan Channel Youtube preview channel add arifharianto

Jika sudah sesuai dengan keinginan kita tinggal klik selesai untuk menyimpan. Tara…… Gampang kan? tinggal mengimplementasikan untuk kategori-kategori lainnya…. 🙂

Nah! udah dulu untuk share kali ini tentang Merapikan Tampilan Channel Youtube preview. Jika ada yang ditanyakan silahkan isi kolom komentar dibawah, oiya….

jangan lupa juga subscribe channel arifharianto & Backpacker Hero di youtube

Karena banyak hal-hal menarik yang akan saya share di channel itu. Kurang lebihnya mohon maaf, karena kita sama-sama tak sempurna.

2 Replies to “Merapikan Tampilan Channel Youtube”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.