Nulis blog cuma ngomong doang? bisa

Oke kali ini aku akan coba Nulis tentang tutorial bagaimana kita bisa ngeblog tanpa harus nulis atau ngetik, cukup pakai Google Voice Typing. Gimana tuh?

Beberapa hari ini saya memang sedang sibuk banget dengan beberapa kerjaan yang sudah numpuk mulai dari beberapa bulan yang lalu. Ya! namanya kerjaan kita nggak tahu kapan kerjaan itu numpuk dan gak nya, sebisa mungkin apa yang bisa saya kerjakan pasti tak kerjain.

Ngomong-ngomong soal banyak kerjaan nih, tentunya semakin banyak kerjaan semakin banyak pula waktu yang terbuang ataupun juga dipakai untuk pekerjaan tersebut.

Waktu yang terpakai untuk pekerjaan tersebut tentunya gak bisa dipakai untuk pekerjaan yang lain, atau bisa juga dibilang waktu kita habis untuk pekerjaan tersebut.

Itulah yang terjadi pada saya beberapa hari belakangan, sehingga gak sempet untuk update web ataupun juga blog ini. Temen-temen bisa lihat deh postingan terakhir dari blog ini kurang lebih sekitar beberapa bulan yang lalu udah (selain event atau endorsement Blogger Malang).

Akhirnya, beberapa hari yang lalu saya coba mencari solusi gimana supaya ngeblog tetap jalan, kerja tetap jalan. Iseng-iseng nih nyobain beberapa solusi untuk mengetik cepat, tapi gak nemuin metode yang tepat.

Kalau ingat-ingat tentang bagaimana ke pikirannya saya kok bisa saya berfikir bahwa gak perlu nulis atau nggak perlu ngetik untuk kita ngeblog itu lucu banget.

Kepikiran Tentang Google Voice Typing

Jadi ceritanya waktu itu saya lagi pulang kerja ke rumah. Kondisinya waktu itu  sedang hujan dan saya mainan hp di jalan (Jangan ditiru ya….)

Karena HP ini anti air jadi saya aman-aman aja main HP sambil hujan-hujanan, cuma yang jadi masalah adalah keypad-nya ataupun juga touchscreennya karena kena air jadi sulit banget buat ngetik.

Terus karena saya pakai Google Keyboard saya jadi keingat dulu saya pernah pakai voice typing. Cuman karena support dari Voice Typing ini dulu masih buruk banget, waktu itu ya ane tinggalin dan gak pake lagi.

Karena waktu itu aku nggak bisa ngetik dan butuh banget buat bales pesan temen, ya udah coba aja dulu. Hasilnya membuat saya terkejut…….

Setiap kata yang saya omongkan waktu itu hampir 90 – 100% ditulis dengan benar oleh Google Keyboard atau Voice Typing ini.

Alhasil saya bener-bener terkejut karena memang ya….. saya nggak begitu update sih dengan teknologi Google Voice Typing ini.

Terus sambil iseng-iseng Jadi saya ngomong ke beberapa grup baik group Malang Citizen dan beberapa temen-temen.

Nah pada waktu itulah saya kepikiran teknologi ini bisa dimanfaatin terutama untuk kita mengetik dengan cepat, ataupun juga bukan mengetik dengan cepat sih lebih tepatnya efisiensi energi ketika kita nulis. Bahasanya……

Kita ngga perlu ngeluarin energi extra untuk ngetik. Tangan kita cukup diem aja, kita tinggal ngomong sambil mikir selesai….. jadi dah artikelnya…….

So menurut saya Voice Typing ini sangat sangat sangat cukup keren dan bisa untuk diimplementasikan dalam blog.

Teknologi Voice Typing pada Google Keyboard

Voice Typing sebenernya bukan teknologi baru dari Google, tetapi Voice Typing di jaman now sudah semakin keren atau mungkin akunya aja ya yang gak update hehehe

Voice Typing adalah teknologi yang digunakan Google menerjemahkan perintah suara ke dalam bentuk tulisan. Kita tinggal ngomong nanti sistem yang akan menuliskannya dalam bentuk suara eh sorry tulisan.

Cara Instalasi Google Keyboard

Cara instalasinya cukup mudah sebenarnya, tinggal kalian install apps Google Keyboard pada device kalian. Setelah terinstal kalian tinggal setting voice input ON untuk masing-masing device silakan cari di pengaturan ketikan.

Jika sudah ON, maka yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah men download library untuk bahasa offline kalian.

Voice Typing Google Keyboard blogger tekno review malang
Voice Typing Google Keyboard blogger tekno review malang

Kalian bisa pilih berbagai bahasa, ada bahasa Indonesia, ada bahasa Inggris, ada bahasa Arab, dan lain-lain yang bisa kalian pilih.

Jika sudah maka Silakan dicoba.

Kelemahan Google Voice Typing

Teknologi ini bukan hanya sekedar keren doang, ya…… namanya juga teknologi, buatan manusia lagi, tentunya ada kelebihan dan kekurangan pastinya.

Kelemahan untuk saat ini sih menurut saya kita masih harus menggunakan handphone, karena Voice Typing ini menggunakan Google Keyboard yang tujuannya digunakan untuk mobile device.

Selain itu, kita juga membutuhkan koneksi internet ketika menggunakan voice typing ini. Karena database untuk offline pada Google Voice Typing ini masih dikit banget, Jadi kalau kalian mau memanfaatkan teknologi ini kalian harus pastikan koneksi kalian ke internet baik.

Karena kalau koneksi kamu gak stabil alias lemot, bakal ribet banget. Karena pasti akan terjadi delay, jadinya berasa kaya streaming nunggu lama ternyata ditikung eh salah hehehe

FYI nih, aku nulis artikel ini itu full pakai Google Voice Typing pada HP, dan ada beberapa koreksi menggunakan PC. Keakuratannya memang mendekati sempurna, atau bisa dibilang ya 90 – 100% lah.

Sayangnya lagi nih, kita ngga bisa ngomong untuk membuat tanda baca. Jadi kalau mau bikin titik, koma, atau tanda seru, kita nggak bisa langsung bilang tanda seru tapi kita ketik manual.

Overall sih menurutku ini worthed banget, soalnya kita nggak perlu capek-capek nulis tinggal kita ngomong doang udah jadi deh artikelnya.

Di jaman now yang kayak gini kita butuh cepet dalam segala hal. Dengan Google Voice Typing ini selain kita nggak perlu buka notebook, kita juga bisa membuat artikel cepat dimanapun, dan kapanpun, karena cukup pake HP aja yang bisa dibawa kemana-mana.

Teknologi yang seperti ini bisa jadi 1 – 2 tahun yang akan datang Google Voice Typing ini bisa lebih lebih lebih lebih lebih lebih lebih lebih keren daripada sekarang. Aku bener-bener rekomendasiin deh buat kalian pakai ini, karena ini keren banget bro dan ini sangat membantu banget, baik untuk mengisi blog, maupun juga untuk komunikasi.

Dan juga untuk Congkak ataupun juga sombong hehehe

Oke mungkin sekian tentang artikel kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan ataupun juga mau share pengalaman kalian menggunakan Voice Typing silahkan untuk menuliskan komentar di bawah.  Terima kasih keep share

6 Replies to “Nulis blog cuma ngomong doang? bisa”

  1. Aku malah baru tau ada fungsi yang beginian di google keyboard mas. *gaptek banget* Hahaha. Sepertinya lumayan enak juga misal kudu update blog, tapi ngga usah susah-susah nulis pakai keyboard di laptop.

    Lha misal ejaan salah gitu, terus kita pengen benerin atau menghapus kata, bisa otomatis pakai perintah suara nggak mas? Atau tetep di benerin / di hapus pakai keyboard?

    1. Sebenarnya ini bukan teknologi baru seperti yang saya tulis diatas sih, cuma sepertinya databasenya udah kece hehehe.

      Gak sepenuhnya memang pengejaannya sesuai mbak, jika ada editor hal ini sangat efektif. jika tidak ada ya memang kita sendiri yang harus memastikan bahwa si Gkeyboard ini bekerja dengan baik hehehe….

      Untuk masalah ngebenerin bisa memakai fitur auto complete sih mbak, asal di set ke bahasa indonesia nanti banyak pemilihan kata yang bisa kita pilih. selebihnya, saat ini sih masih manual hehehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.