Kedung Darmo yang Eksotis, Mengapa Harus kesana?

Expedisi bersama backpackerhero menuju wisata extreme nan eksotis di Malang Raya, Kedung Darmo yang ada di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Kalo bicara soal wisata, salah satu kota yang berada di Jawa Timur ini memang gak akan ada habisnya. Mulai dari pesona wisata buatan, hingga yang alami, selalu bisa memanjakan mata setiap pengunjung. Bersyukur banget dilahirkan di Indonesia yang punya sejuta pesona, terutama Malang Raya.

Seperti biasa, saya dan teman-teman backpackerhero lagi ngopi malam dan ada yang nyeletuk buat jalan-jalan sebelum lebaran datang, kalo gak salah joko yang bilang, dan disambut dengan asal sambil main game oleh jek.

Awalnya memang kita mengincar beberapa tempat yang segar-segar dan masih alami, setelah terpilih beberapa tempat akhirnya kami memutuskan untuk berkunjung ke salah satu wisata baru nan eksotis di Kab. Malang Kedung Darmo yang terbilang masih perawan.

Kedung Darmo

Tempat wisata ini memang terbilang masih perawan atau masih baru banget ketika saya dan teman-teman berkunjung kesana, gak tau lagi kalo sekarang.

Kalo di hitung-hitung udah sekitar 5 bulan yang lalu saya berkunjung ke Destinasi wisata tersebut. Waktu kami kesana ada gerakan dari beberapa karang taruna yang ada disana sedang membangun beberapa fasilitas yang nantinya bisa dinikmati oleh wisatawan.

OK! balik ke topik

Kedung Darmo berada di desa Srigonco, kecamatan Bantur, kab. Malang. Tempat yang tentunya gak asing di telinga para traveller yang pernah ke Malang, karena ada juga destinasi Pantainya yang sudah tersohor akan keceannya, Pantai Balekambang.

Selain memiliki destinasi wisata pantai yang eksotis, desa ini ternyata juga punya wisata air tawar yang gak kalah eksotisnya. Daya pikat dari Destinasi wisata ini adalah dari bentuk aliran sungainya yang bersusun-susun bak aliran taman surga. (kayak pernah ke surga aja)

Ya! kurang lebih itulah julukan dari beberapa traveller yang pernah singgah di surga tersembunyi ini.

Akses Kedung Darmo

Pasti banyak yang ingin tau tentang akses menuju lokasi Destinasi Wisata yang satu ini. Kalo soal gambarnya, pastinya kalian bisa cek di Instagram dengan hastag #kedungdarmo yang hastagnya sampai saat saya nulis artikel ini masih sekitar 300an, masih minim banget ya….

Ya, kalo sedikit sih harap maklum karena memang akses yang menurutku masih cukup minim juga, sebandinglah….

Dari Kota Malang, Anda bisa langsung set tujuan menuju ke Kedung Darmo, atau Anda juga bisa menuju SMPN1 Bantur yang kalo di hitung-hitung di google maps sekitar 40-50 km kearah selatan.

Dari SMPN1 Bantur lurus dikit nanti Anda belok kiri ada gereja terus aja, atau bisa juga Anda manfaatin lagi fasilitas google maps. Jika gak dapet sinyal Anda juga bisa tanya soal Coban Kedung Darmo di sekitar lokasi tersebut.

Dari jalan tersebut ada sekitar 7-10 menit Anda harus lewati perjalanan agar sampai di lokasi. Pas kami kesana parkiran masih dirumah warga, kami pikir kami tersesat…. ternyata memang fasilitas memang masih minimalis.

Oiya, terakhir kemarin teman-teman karang taruna sudah membuat tempat buat parkiran di sekitar lokasi, jadi teman-teman yang mau berkunjung kesana bisa langsung aja lurus sampai kandang kambing hehehe…

Akses Menuju Coban Kedung Darmo yang menantang Adrenaline

em.. ya mungkin memang karena fasilitas yang masih minimalis, plus wisata yang masih terbilang baru, akses menuju coban hanya melalui tracking saja. Tracknya? bisa dikategorikan extreme…. menurut saya lo ya…. yang jelas, gak memungkinkan sekali kalo kalian pake wedges apalagi higheel ke lokasi…

Track dipenuhi dengan turunan yang curam sekitar 45-60 derajat, adapun beberapa anak tangga buatan dari tanah yang di cangkul namun terkesan seadanya, kemungkinan ketika musim ujan berasa licinnya, jadi gak saranin buat musim ujan kesana. Ya…. harap maklumlah, soalnya memang gak ada tiket masuk juga untuk ke lokasi pada saat itu.

Yang jelas, cocok banget buat kalian yang suka dengan penyuka travel adventure buat turun nyebur ke Coban Kedung Darmo ini. Buat yang gak berani turun, tenang….. dari atas eksotisme Coban ini juga menarik dan Instagramable banget buat diabadikan kok.

Main Air sampai Foto yang Instagramable Coban Kedung Darmo

Buat yang mau main air kalian harus menempuh track turunan tajam, melewati ilalang, hingga menyebrangi sungai sebelum sampai di lokasi Coban Kedung Darmo.

Percaya deh, baik ketika perjalanan turun hingga mencapai lokasi, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan alami. Mulai dari turunan disamping sarang walet, hingga beberapa aliran sungai yang instagramable, hingga sampai ke lokasi.

Oiya! mungkin teman-teman bertanya kenapa saya bisa tau detail tentang lokasi? karena saat itu kami di dampingi sama salah satu karang taruna yang ada disana gaes, makanya jadi tau banyak hehehe

“Biasakan membaur dengan orang yang ada disekitar Destinasi Wisata yang kalian kunjungi, karena bisa jadi nambah teman”

Kami diantar sama masnya dari pintu masuk sampai ke lokasi, dan main-main air bareng. Seru banget tempatnya benar-benar “Darmo” alias luas dan lumayan dalam juga untuk sumber airnya.

Yang suka main cliff jump bisa banget main disini. Tapi sebelum loncat lebih amannya kalian pastikan terlebih dahulu tingkat kedalaman dari air yang akan kalian jadikan landing. Karena tingkat kedalaman airnya gak merata, ada yang dalem banget, ada juga yang cuma sepinggang…. keep save first gaes….

Walaupun warna airnya kelihatannya keruh, tapi ketika kita nyebur airnya malah berasa dingin dan nyegerin banget lo…. teman-teman Backpackerhero aja sampai kedinginan karena terlalu lama main air.

Tempatnya juga ok banget buat yang mau ngecamp, tepatnya di Coban yang kedua bisa kalian jadikan camp. (dengan syarat jangan pas musim ujan ya)

Overall

Coban Kedung Darmo sangat cocok menjadi destinasi wisata kalian yang suka dengan extreme, adventure, dan nature traveller yang ingin menepi sebentar dari kebisingan kota. Sensasi track menuju lokasi, hingga kedungnya yang eksotis dan masih alami merupakan alasan kenapa kalian harus ke Kedung Darmo.

Di akhir artikel ini, selalu saya ingatkan kepada teman-teman traveller agar selalu menjaga Destinasi wisata yang akan kalian kunjungi, seperti kata-kata popular di kalangan traveller.

“Jangan ambil apapun kecuali foto,
Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak”

2 Replies to “Kedung Darmo yang Eksotis, Mengapa Harus kesana?”

    1. wkwkwkw…. bisa mbak, ajak aja suami dan anak-anak ke tempat-tempat wisata yang ramah keluarga tapi tetap masih asri. gunanya kan juga untuk mengenalkan / mendekatkan si buah hati kepada alam (y) hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.