10 Bahasa Pemrograman Terkenal di Indonesia

  • Whatsapp
10 Bahasa Pemrograman Terkenal di Indonesia
10 Bahasa Pemrograman Terkenal di Indonesia

10 Bahasa Pemrograman Terkenal di Indonesia

Bahasa pemrograman sebagai untaian kalimat berbentuk perintah atau beberapa perintah yang umumnya terbagi dalam banyak baris yang dapat dipahami oleh computer. Bahasa pemrograman ini harus terkuasai dengan seorang developer agar membuat sebuah program atau software. Dan untuk membikin program tertentu karena itu dipakai bahasa pemrograman yang sesuai keperluan program yang hendak dibikin itu.

Jumlah bahasa pemrograman ini banyak. Dari beberapa bahasa pemrograman yang ada sekarang ini, sudah pasti developer tidak memakai semua bahasa pemrograman yang ada. Mereka cuman memakai 1 atau 2 bahasa pemrograman saat lakukan developing software.

Menurut Tiobe, salah satunya instansi penelitian yang sudah sekian tahun berusaha membuat rangking bahasa pemrograman terkenal dunia yang direalisasikan berbentuk TIOBE Programming Community Indeks edisi bulan Desember 2014, Java dan C masih jadi bahasa pemrograman paling populer posisi pertama dan ke-2 .

Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak Digunakan Menurut Hasil Survei TIOBE

Selanjutnya dalam PYPL Populerity of Programming Language melaunching 11 bahasa pemrograman yang sering digunakan sampai di bulan November 2014, memberikan Java dan PHP ada di urutan kesatu dan ke-2 sementara C tempati posisi ke 6.

Hasil Survei dari PYPL Hasil Survei dari PYPL

Data di atas sebagai bahasa pemrograman yang terkenal dipakai di dunia, di artikel ini kali CodePolitan akan kumpulkan 10 bahasa pemrograman yang terkenal dipakai di indonesia. Selainnya memakai data dari TIOBE dan PYPL, CodePolitan meringkas bahasa pemrograman terkenal berdasar jumlah anggota group Facebook yang mengulas mengenai pemrograman. Berikut pembahasan 10 bahasa pemrograman terkenal di Indonesia:

1. JAVA

Java sebagai bahasa pemrograman yang bisa digerakkan di beberapa basis, mulai dari PC sampai piranti mobile. Bahasa pemrograman ini awalannya diperkembangkan pada The Green Proyek di tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang selanjutnya dilepaskan pada Oracle. Nama Java sendiri diputuskan karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, benar-benar menyenangi kopi murni langsung digiling dari mesin giling (kopi tabrak) di mana kopi tipe ini datang dari pulau Jawa di Indonesia.

Java menjadi satu diantara bahasa pemrograman paling populer bukan lantaran tanpa argumen, bahasa pemrograman ini mempunyai banyak kelebihan misalnya dapat berjalan pada mekanisme operasi yang berbeda, selanjutnya bahasa pemrograman ini terhitung di dalam pemrograman OOP (pemrograman tujuan object) hingga programer lebih gampang dalam membuat program memakai bahasa ini, disamping itu bahasa ini mempunyai library yang komplet hingga akan mempermudah programer. Dan sekarang ini sebagai zaman di mana handphone Android banyak dipakai. Program dalam handphone Android dibuat memakai bahasa Java, hingga banyak pula programer-programer yang memakai bahasa ini karena sedang sering diperlukan.

2. C

Bahasa C ini terhitung bahasa pemrograman paling tua yang sempat ada. Bahasa pemrograman C ini diperkembangkan dari sekitaran tahun 70-an. Pembikin bahasa C ialah Dennis Ritchie. Bahasa C jadi bahasa pemrograman yang terkenal di Indonesia karena hampir semua perguruan tinggi jalur IT atau instansi pelatihan pemrograman memakai bahasa ini untuk didalami pertama kalinya saat sebelum pelajari bahasa pemrograman lainnya. Bukan tanpa ada alasan bahasa C ini jadi dasar untuk pelajari bahasa pemrograman lainnya, karena bahasa C ini sebagai “bapak” dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain-lain.

3. PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) sebagai bahasa pemrograman yang terbanyak dipakai di Indonesia. Selain gratis, PHP sering dipakai karena bahasa pemrograman ini sebagai server side scripting yang direncanakan untuk membuat website aktif. Disamping itu banyak situs-situs terkenal seperti Facebook, WordPress, atau Digg yang memakai PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kalinya diperkembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

4. Visual Basic

Visual Basic sebagai bahasa pemrograman yang diperkembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini tawarkan IDE visual dalam pembikinan software, dan bahasa pemrograman ini diperkembangkan untuk membikin software-software berbasiskan mekanisme operasi Windows. VisualBasic sendiri ialah turunan dari bahasa pemrograman BASIC.

Sebuah survei di tahun 2005 memberikan 62% developer software memakai Visual Basic dalam peningkatan software nya, hingga hal itu jadikan VisualBasic sebagai salah satunya bahasa pemrograman yang terkenal. Di Indonesia sendiri ada group Visual Basic Indonesia yang sudah mempunyai 22 ribu anggota lebih.

5. Python

Dalam jenjang bahasa pemrograman, Python terhitung bahasa tingkat tinggi. Python menjadi satu diantara bahasa pemrograman yang bisa membuat program, baik itu berbasiskan situs atau berbasiskan mobile. Bahasa phyton ini terhitung di dalam bahasa pemorgraman yang lumayan gampang untuk pemula, karena bahasa itu gampang untuk dibaca dengan syntax yang gampang untuk dimengerti juga. Banyak beberapa perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python dipakai oleh beberapa pengembang Google, Yahoo!, dan NASA.

Di Indonesia sendiri ada group Facebook yang mengulas mengenai Python yang sudah mempunyai lebih dari 6000 anggota. Group ini lumayan aktif, group ini namanya Python Indonesia.

6. C++

C++ sebagai bahasa pemrograman peningkatan dari bahasa C. C++ dan C mempunyai sintaks penulisan yang hampir serupa, walau demikian ke-2 bahasa pemrograman ini mempunyai ketidaksamaan pada penuntasan permasalahannya. Pada bahasa C penuntasan permasalahan dilaksanakan dengan bagi-bagi di dalam sub-sub permasalahan yang lebih kecil kembali atau dapat disebutkan bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ fokus pada object di mana persoalan dibagi di dalam class-class. C++ pertama kalinya diperkembangkan oleh Bjarne Stroustrup.

C++ ini jadi bahasa pemrograman yang terkenal karena banyak pula beberapa perusahaan software besar yang memakai bahasa ini untuk membuat software nya seperti Adobe, Firefox, atau Winamp yang saat ini pengembanganya dihentikan.

7. JavaScript

JavaScript ialah bahasa pemrograma yang diperkembangkan oleh Netscape. Pemakaian JavaScript sekarang ini umumnya ada pada peningkatan situs. Dengan JavaScript ini kita dapat membuat situs yang interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri ada group Facebook yang mengulas mengenai JavaScript ini bernama JavaScript Indonesia. Group yang dengan anggota lebih dari 10 ribu orang ini masih aktif sampai sekarang ini.

Simak juga: Jenjang Seorang Programmer Berdasar Kemampuan Tingkat

8. C#

C# ialah bahasa pemrograman yang diperkembangkan oleh Microsoft. C# ini menyatukan konsep dari C dan C++. C# ini lebih banyak dipakai untuk meningkatkan software yang memakai basis Windows.

9. Objective-C

Objective-C ialah bahasa pemrograman yang fokus object. Bahasa pemrograman ini dipakai untuk peningkatan program yang dipakai pada piranti Apple, bahkan juga mekanisme operasi iOS juga diperkembangkan memakai bahasa pemrograman Objective-C ini.

10. ActionScript

ActionScript ialah bahasa pemrograman yang dibikin berdasar ECMAScript yang dipakai dalam peningkatan website dan piranti lunak memakai basis Adobe Flash Player. ActionScript digunakan pada beberapa program pangkalan data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalannya diperkembangkan oleh Macromedia, tetapi sekarang telah dipunyai dan diteruskan perubahannya oleh Adobe, yang beli Macromedia di tahun 2005.

Action Script terkini sekarang ini ialah Action Script 3.0. Action Script 3.0 ialah bahasa terkini dari edisi yang awalnya dikenali dengan Action Script 2.0. Action Script 3.0 mempunyai banyak kelebihan dibandingkan perintisnya, diantaranya feature yang dijajakan ialah file pada Action Script 3.0 bisa dibikin terpisah saat runtime. (wikipedia.org)

Di indonesia ActionScript ini jadi terkenal karena jumlahnya developer berbasiskan Flash yang sudah pasti memakai ActionScript untuk kepentingan koding. Di Facebook ada group ACTIONSCRIPT Indonesia yang aktif sampai sekarang ini. Group ini mempunyai 1000 lebih anggota.

Demikian daftar 10 bahasa pemrograman yang terkenal di Indonesia. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis bahasa pemrograman kamu bisa membaca artikel berikut ini : jenis-jenis bahasa pemrograman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *