5 Macam Bentuk Pencemaran Laut Yang Wajib Kamu Ketahui

By | November 7, 2021

5 Macam Bentuk Pencemaran Laut Yang Wajib Kamu Ketahui

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Apa kabar teman-teman semuanya, semoga dalam keadaan sehat walafiat tanpa kekurangan apapun.

Hari ini kita mendapati bahwasanya kita hidup di zaman yang modern, sebuah zaman dimana kita mendapati banyak sekali kemajuan teknologi. dengan adanya kemajuan teknologi ini kita hidup dengan mudah. akan tetapi Apakah semua kemajuan teknologi ini kita dan lingkungan kita? faktanya adalah tidak, Justru dengan adanya kemajuan teknologi ini kita mendapati banyak sekali kerusakan di muka bumi ini. salah satunya adalah pencemaran laut.

Yups betul sekali, hari ini kita mendapati bahwa laut tercemari dengan berbagai macam limbah akibat ulah perbuatan manusia. padahal laut merupakan salah satu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang wajib untuk kita jaga.

5 Macam Bentuk Pencemaran Laut :

1. Limbah Pabrik.

Hari ini kita mendapati banyak sekali pabrik-pabrik yang membuang limbah mereka Kelautan. Padahal hal ini sungguh merupakan perbuatan yang sangat tercela, akibat perbuatan Mereka banyak sekali makhluk hidup yang hidup di lautan mati.

ada banyak sekali ikan, rumput laut, terumbu karang dan seluruh biota laut mati akibat tidak kuat terkena racun dari limbah.

maka dari itu kita harus memperhatikan pabrik-pabrik yang kita buat untuk tidak membuang limbah ke lautan. akan tetapi kita kelola dengan baik agar tidak mencemari lingkungan kita.

2. Sampah Plastik

Salah satu bentuk pencemaran laut yang kedua adalah banyak sekali orang yang membuang sampah plastik ke lautan. padahal tindakan ini sangatlah tercela karena dengan membuang sampah plastik ke laut maka kita sama saja menjadikan laut sebagai tempat sampah.

banyak sekali hewan-hewan yang mati karena limbah plastik yang kita buang sembarangan ke laut ini, maka dari itu mulai hari ini marilah kita menjaga kebersihan laut dari sampah plastik.

3. Tumpahan Minyak Dari Pertambangan Pertambangan Laut Lepas

Tumpahan minyak dari jadi salah satu pertambangan laut lepas menjadi salah satu bentuk pencemaran laut yang hari ini kita dapati. karena dengan tumpahnya minyak dari sumur bor tersebut menjadi sebuah malapetaka bagi semua makhluk laut. banyak sekali ikan yang akan mati karena yang tumpah ini.

Dengan adanya kecelakaan dari tambang minyak di lepas pantai ini akan menyebabkan banyak sekali biota laut mati. Dan bahkan bisa sampai merusak terumbu karang, membunuh bibit-bibit ikan yang masih kecil, dan bahkan ikan-ikan yang sudah besar dan kuat untuk bertahan hidup pun akan mati karena tidak akan sanggup hidup dengan minyak.

Yuk cek info trending indonesia di : Trendnesia.com

4. Pencemaran Pestisida

Pestisida merupakan  sebuah yang digunakan untuk membunuh hama tanaman penggunaan pestisida ini membunuh hama tanaman yang menyerang, karena cukup dengan menyemprot maka seluruh hama tanaman akan mati.

Jika kita pikir-pikir rasanya tidak mungkin pestisida bisa mencemari laut, karena kok bisa dari pertanian bisa sampai ke lautan, kan jaraknya sangatlah jauh. Nah hal ini dikarenakan jika para petani menggunakan pestisida untuk membunuh hama pertanian maka sisa-saia pestisida tersebut tidak akan hancur, melainkan akan terbawa oleh air hujan dan menuju ke sungai.

Setelah terbawa air menuju ke sungai maka air sungai tersebut akan mengalir sampai ke lautan, dan jika sudah sampai ke lautan maka sisa-sisa pestisida tersebut akan membahayakan ekosistem laut, baik itu dari hewan-hewan dan tumbuhan laut.

 

Cara Meminimalisir Kerusakan Laut

  1. Mengadakan Penyuluhan akan pentingnya menjaga laut dari pencemaran
  2. Meminimalisir penggunaan sampah plastik
  3. Tidak menggunakan pestisida secara berlebihan
  4. Membuat aturan tegas bagi masyarakat yang merusak ekosistem laut

 

Demikian artikel kita kali ini, semoga dengan adanya artikel ini menjadikan kita semakin semangat untuk menjaga ekosistem laut dari kerusakan, terimakasih sudah membaca dan selamat bertemu di artikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *