Cara Jitu Memasang Keyword Google Ads untuk Meningkatkan Penjualan di Indonesia

  • Whatsapp

Mengidentifikasi Kata Kunci yang Relevan dengan Iklan Anda


Cara Jitu Memasang Keyword Google Ads in Indonesia

Membuat iklan yang menarik merupakan hal yang penting dalam mengiklankan suatu produk atau jasa. Namun, membuat iklan yang menarik saja tidak cukup. Kita juga harus memastikan bahwa iklan tersebut muncul di halaman mesin pencari dengan kata kunci yang tepat. Oleh karena itu, memilih kata kunci yang tepat sangatlah penting dalam memasang iklan di Google Ads. Namun, bagaimana cara memilih kata kunci yang tepat? Berikut adalah tips untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan iklan Anda.

Pahami bisnis Anda dengan baik:

Business Analysis

Sebelum memulai memilih kata kunci, pastikan untuk mengerti bisnis Anda dengan baik. Maksudnya, ketahui apa yang dijual, siapa target pasar, dan apa yang membedakan bisnis Anda dari kompetitor yang lain. Untuk menemukan kata kunci yang tepat, Anda harus mengidentifikasi frasa pencarian yang paling sering digunakan oleh calon pelanggan. Mengetahui karakteristik calon pelanggan Anda bisa membantu Anda dalam memilih kata kunci yang tepat.

Pelajari tentang user intent:

User Intent

User intent, atau niat pengguna, adalah tujuan pengguna ketika melakukan pencarian di internet. Ada tiga jenis niat penggunaan yang harus Anda ketahui: informational, navigational, dan transactional. Niat penggunaan informational adalah ketika pengguna mencari informasi, seperti bagaimana cara membuat kue atau cara menaikkan penjualan bisnis online. Niat penggunaan navigational adalah ketika pengguna mencari situs web tertentu, seperti mencari situs web toko online tertentu. Terakhir, niat penggunaan transactional adalah ketika pengguna mencari produk atau jasa yang akan dibelinya. Dengan mempelajari tentang user intent, Anda dapat memilih kata kunci yang tepat untuk masing-masing niat penggunaan.

Buat daftar kata kunci:

List of Keywords

Ketika Anda sudah memahami bisnis Anda dan user intent, mulailah membuat daftar kata kunci yang relevan. Buatlah sebuah daftar terlebih dahulu, sebanyak mungkin kata kunci yang terlintas dalam pikiran Anda. Anda juga bisa menggunakan Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci baru yang relevant dengan bisnis Anda. Jangan khawatir jika kata kunci Anda terlalu spesifik, karena ini bisa membantu Anda dalam mencapai target pasar yang jelas.

Analisis daftar kata kunci:

Keyword Analysis

Setelah membuat daftar kata kunci, saatnya melakukan analisis. Analisis ini berguna untuk mengetahui mana saja dari daftar kata kunci Anda yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Pilihlah kata kunci yang mempunyai bounce rate rendah (tidak banyak pengguna yang meninggalkan situs Anda segera setelah masuk ke iklan) dan klik-through rate tinggi (banyak pengguna yang mengunjungi situs Anda setelah melihat iklan Anda). Keyword Planner Google akan membantu Anda dalam menganalisis kata kunci dengan jumlah pencarian terbanyak.

Masukkan kata kunci yang tepat ke dalam iklan:

Ad Keywords

Setelah melakukan analisis dan memilih kata kunci yang tepat, saatnya untuk memasukkan kata kunci ke dalam iklan Anda. Masukkan kata kunci ke dalam headline iklan Anda, deskripsi iklan, dan juga di bagian landing page atau halaman tujuan iklan. Pastikan kata kunci disusun secara terstruktur dan mudah dipahami oleh calon pelanggan Anda.

Mengidentifikasi kata kunci yang tepat sangatlah penting dalam memasang iklan di Google Ads. Dengan mengikuti tips di atas, Anda bisa menemukan kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda dan bahkan menjadi lebih berhasil dalam memasarkan produk atau jasa Anda.

Pilih Kata Kunci yang Tepat


Pilih Kata Kunci yang Tepat Adsense Indonesia

Setelah Anda memahami teknik merangkai iklan Google Ads Anda, kini tiba masa untuk memilih kata kunci yang tepat. Hal ini sangat penting untuk membuat iklan Anda ditemukan oleh calon konsumen yang mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Berikut beberapa tips memilih kata kunci yang tepat :

1. Ketahui jasa atau produk Anda dengan baik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan baik. Anda harus mempertimbangkan kata kunci yang tepat untuk menggambarkan kategori bisnis atau produk/jasa yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda dapat melejitkan bisnis Anda sesuai dengan kata kunci yang relevan.

2. Gunakan alat pencarian kata kunci

Menggunakan tools pencari keyword seperti Google Adwords Keyword Planner dapat membantu Anda dalam memilih kata kunci yang tepat. Anda dapat melihat data kata kunci panggilan rata-rata dan frekuensi serta tingkat kompetisi digunakan. Tools ini dapat membantu Anda menemukan kata-kata kunci yang akan memiliki dampak pada iklan Anda dan membantu bisnis Anda naik di bagan pencarian Google.

3. Analisis konten pesaing

Melakukan analisis terhadap pesaing dapat membantu Anda memahami kata kunci apa yang mereka gunakan pada iklan mereka. Hal ini juga akan membantu Anda memahami variasi kata kunci yang beredar di dalam pasar dan membuat strategi merampingkan kata kunci yang ada. Anda pun dapat memilih kata-kata kunci yang lebih spesifik dan mendalam dari pesaing untuk menargetkan niche target yang sangat dipilih.

4. Gunakan kata kunci long-tail

Long-tail keywords adalah kombinasi dari kata-kata yang lebih panjang dan lebih spesifik. Karena kemiripannya, long-tail keywords kadang-kadang adalah lebih mudah untuk diperingkat di mesin pencari daripada kata-kata kunci umum. Akan membawa lebih sedikit lalu lintas, tetapi akan membawa lebih sedikit sumber daya dan usaha untuk meraih calon konsumen yang lebih tertarget.

5. Pilih kata-kata kunci yang paling relevan

Terakhir, jangan lupa untuk memilih kata-kata kunci yang sangat relevan untuk bisnis Anda dan tidak menarik lebih banyak orang yang tidak berminat. Memilih kata-kata kunci yang relevan akan membantu mempercepat kemampuan iklan Anda untuk ditemukan oleh calon konsumen yang lebih tertarget dan melihat penjualan Anda meningkat secara signifikan.

Secara singkat, memilih kata kunci yang tepat sangat penting untuk keberhasilan iklan Google Ads Anda. Dengan memahami produk/jasa yang Anda tawarkan dan menggunakan tools pencari keyword, Anda dapat mengembangkan kata-kata kunci yang akan memiliki dampak terhadap iklan Anda. Selain itu, indivinikan saingan dan memilih kata-kata kunci long-tail yang spesifik sangat membantu untuk menargetkan pasar yang sangat dipilih. Terakhir, jangan lupa untuk memilih kata-kata kunci yang hanya mencari orang yang tertarik pada produk/jasa Anda. Dengan tips ini, iklan Anda akan menjadi lebih efektif dan menghasilkan hasil penjualan yang lebih baik.

Menghindari Kata Kunci yang Tidak Relevan


Menghindari Kata Kunci yang Tidak Relevan Indonesia

Memasang kata kunci Google Ads yang tidak relevan dapat mengurangi kualitas iklan Anda dan membuang-buang uang. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari kata kunci yang tidak relevan saat memasang iklan melalui Google Ads.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari kata kunci yang tidak relevan:

Pilih Kata Kunci yang Tepat

Pilih Kata Kunci yang Tepat Indonesia

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kata kunci yang tidak relevan adalah memilih kata kunci yang tepat untuk iklan Anda. Ini berarti memilih kata kunci yang secara akurat menggambarkan produk atau layanan Anda dan mempertimbangkan kata-kata yang mungkin digunakan oleh orang yang mencari layanan atau produk tersebut. Dengan memilih kata kunci yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa orang yang melihat iklan Anda akan menjadi orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Menggunakan Pencocokan Kata Kunci yang Tepat

Menggunakan Pencocokan Kata Kunci yang Tepat Indonesia

Saat memasang iklan melalui Google Ads, Anda dapat memilih jenis pencocokan kata kunci yang berbeda, termasuk pencocokan luas, frase, kata kunci yang tepat, dan kata kunci yang tepat dengan modifikasi. Pilihlah jenis pencocokan kata kunci yang tepat untuk iklan Anda dan pastikan bahwa kata kunci yang dipilih terkait dengan produk atau layanan Anda. Dengan menggunakan jenis pencocokan kata kunci yang tepat, Anda dapat membatasi iklan Anda agar hanya tampil pada orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Gunakan Kata Kunci Negatif

Gunakan Kata Kunci Negatif Indonesia

Kata kunci negatif adalah kata kunci yang tidak ingin Anda iklankan. Misalnya, jika Anda menjual produk untuk kucing, Anda mungkin tidak ingin iklan Anda muncul pada orang yang mencari layanan dog grooming. Dengan menggunakan kata kunci negatif, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda hanya muncul pada orang-orang yang benar-benar tertarik dengan layanan atau produk Anda. Ingatlah untuk mempertimbangkan kata kunci negatif saat memasang iklan melalui Google Ads.

Melakukan Pengujian A/B

Melakukan Pengujian A/B Indonesia

Melakukan pengujian A/B pada kata kunci dan iklan dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat untuk iklan Anda dan menghindari kata kunci yang tidak relevan. Dengan menggunakan pengujian A/B, Anda dapat membandingkan performa iklan pada satu kata kunci dengan kata kunci lain dan menyesuaikan strategi iklan Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dalam memasang kata kunci Google Ads, penting untuk menghindari kata kunci yang tidak relevan. Pilihlah kata kunci yang tepat, gunakan jenis pencocokan kata kunci yang tepat dan jangan lupa untuk menggunakan kata kunci negatif. Melakukan pengujian A/B juga dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat dan menghindari kata kunci yang tidak relevan. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memastikan bahwa iklan Anda hanya muncul pada orang-orang yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan Anda dan memaksimalkan hasil iklan melalui Google Ads.

Optimalkan Penggunaan Kata Kunci di Dalam Iklan Anda


Google Ads Keyword

Ketika Anda melakukan kampanye Google Ads, penting untuk memasukkan kata kunci yang tepat agar iklan Anda dapat lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara jitu memasang kata kunci Google Ads di Indonesia.

Pertama-tama, kata kunci eksternal adalah penentuan faktor penting dalam kampanye Google Ads Anda. Algoritma Google Ads mempelajari kata kunci eksternal untuk menentukan relevansi iklan Anda dan kemudian menunjukan iklan Anda pada hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang Anda pilih. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan kata kunci yang sesuai dan terkait dengan bisnis Anda, maka peluang iklan Anda muncul di hasil pencarian akan lebih besar.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kata kunci internal dari iklan Anda untuk mengoptimalkan kampanye Google Ads Anda. Untuk itu, Anda dapat menggunakan instrumen pertandingan kata kunci untuk menentukan kata kunci yang populer dan umum digunakan oleh target pasar Anda. Juga, sebaiknya gunakan kata kunci internal sebanyak mungkin dalam iklan Anda.

Google Ad Keyword Tool

Untuk melakukan optimasi kata kunci di iklan Anda, ada beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan:

1. Identifikasi kata kunci terbaik

Setiap kata kunci memiliki nilai potensial yang berbeda-beda tergantung pada faktor seperti jumlah pencarian, nilai tinggi atau rendah, serta kompetisi. Anda dapat menggunakan Google Ad Keyword Tool, untuk mendapatkan pandangan penuh tentang kata kunci yang kuat dengan daya saing rendah dan tinggi. Ini adalah faktor penting saat menggunakan Google Ads agar iklan Anda mudah ditemukan calon konsumen.

Google Ads Keyword Tool

2. Pilih kata kunci yang lebih detail

Kata kunci dengan lebih detail mampu menghasilkan pencarian yang lebih spesifik sesuai dengan bidang usaha Anda. Sebagai contoh, kata kunci “paket tour murah” kurang spesifik dibandingkan dengan “paket tour backpacker murah lombok”. Oleh karena itu, anda lebih disarankan memilih kata kunci yang lebih spesifik untuk menghindari pesaing yang lebih besar dan meraih konsumen yang lebih tertarget.

Choosing Specific Keywords

3. Jangan lupa memasukkan kata kunci pada “Headlines” dan “Description” iklan Anda

Menambahkan kata kunci pada “Headlines” dan “Description” iklan Anda dapat memberikan sinyal relevansi yang jelas untuk algoritma Google Ads. Selain itu, dengan menampilkan kata kunci pada Headlines dan Description, wajib memberikan pembaca informasi yang jelas sebelum membuat keputusan untuk mengeklik iklan Anda.

Optimizing Headlines and Descriptions

4. Penggunaan kata kunci dalam “URL Path”

Memasukkan kata kunci pada bagian “URL Path” dapat membantu calon konsumen Anda memahami isi dari landing page website Anda. Sebagai contoh, ketika Anda menawarkan “sepatu lari adidas murah” dan stelah di-klik, calon konsumen langsung dimunculkan pada landing page yang memperlihatkan variasi sepatu lari adidas murah.

Keyword in URL Path

Kesimpulannya, memilih kata kunci yang tepat dan relevan adalah hal yang penting dalam kampanye Google Ads Anda. Kesalahan dalam memilih kata kunci dapat mengakibatkan iklan Anda tidak muncul pada hasil pencarian. Penggunaan instrumen pertandingan kata kunci dan memasukkan kata kunci pada “Headlines”, “Description”, dan “URL Path” dapat membantu Anda tampil lebih relevan dan berhasil pada setiap kampanye di Google AdWords.

Berinovasi dengan Kata Kunci Rendah atau Long-Tail


Kata Kunci Rendah atau Long-Tail di Google Ads

Google Ads adalah salah satu cara pemasaran online yang banyak digunakan oleh perusahaan, blogger, dan pelaku bisnis online lainnya untuk menjangkau audience mereka secara efektif. Namun, tidak semua orang yang mengiklankan produk atau jasa mereka di Google Ads mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi hasil iklan di Google Ads adalah pemilihan kata kunci yang tepat. Berinovasi dengan kata kunci rendah atau biasa disebut dengan long-tail bisa menjadi langkah cerdas dalam memasang keyword Google Ads.

Apa itu kata kunci rendah atau long-tail?

Apa itu kata kunci rendah atau long-tail?

Kata kunci rendah atau long-tail pada dasarnya adalah kata-kata kunci yang kurang populer dan kurang dicari di mesin pencari, seperti Google/yahoo/Bing/DuckDuckGo. Contoh kata kunci rendah atau long-tail misalnya “Jual Buku Filsafat Online” atau “Harga Laptop Asus di Jakarta Bulan Ini”. Long-tail memiliki dua elemen yaitu spesifik dan jumlah pencarian sedikit.

Mengapa memilih kata kunci rendah atau long-tail?

Mengapa memilih kata kunci rendah atau long-tail?

Memilih kata kunci rendah atau long-tail secara tepat dapat meningkatkan efektivitas iklan Anda di Google Ads. Ada beberapa alasan mengapa kata kunci rendah atau long-tail dapat memberikan manfaat bagi kampanye Google Ads Anda.

  1. Lebih spesifik: Kata kunci long-tail cenderung lebih spesifik daripada kata kunci yang lebih umum. Ini berarti memastikan iklan Anda ditargetkan dengan lebih baik pada audiens yang lebih terfokus dan dengan minat spesifik. Dengan menyasar audiens yang lebih spesifik , satuan iklan Anda dapat ditemukan oleh orang yang benar-benar tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan, dan pada akhirnya akan meningkatkan tingkat konversi dan ROI.
  2. Konkurensi yang rendah: Sejak kata kunci long-tail cenderung kurang populer, tidak ada banyak iklan yang menargetkan kata kunci tersebut. Artinya Kampanye iklan Anda akan ditempatkan di peringkat atas di Google dengan biaya yang lebih murah karena persaingan paling sedikit.
  3. Menghemat uang: Biaya penayangan iklan Anda cenderung lebih rendah dengan kata kunci long-tail. Selain itu, pelanggan yang Anda peroleh dengan kata kunci long-tail cenderung lebih berkualitas yang artinya merek dapat mencapai ROI yang lebih tinggi karena mereka lebih mungkin untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Cara memilih kata kunci rendah atau long-tail

Cara memilih kata kunci rendah atau long-tail

Memilih kata kunci long-tail yang tepat dapat meningkatkan efektivitas kampanye Google Ads Anda. Berikut adalah cara memilih kata kunci rendah atau long-tail yang efektif:

  1. Perhatikan audiens target Anda. Apa yang sedang dicari oleh audiens target Anda?
  2. Pikirkan tentang apa yang membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing Anda.
  3. Pertimbangkan kata kunci lokal, seperti “Toko Elektronik di Jakarta” atau “Makanan Jepang Terbaik di Bali.” Mencakup lokasi dapat sangat membantu memperbaiki targeting berdasarkan geografi.
  4. Gunakan alat kata kunci yang ada untuk menemukan ide ide baru kata kunci yang mungkin Anda belum pertimbangkan sebelumnya. Contohnya : Google Keyword Planner, KWFinder, Semrush, dll.
  5. Uji berbagai kata kunci untuk melihat mana yang paling efektif menghasilkan konversi yang diinginkan.

Dalam rangka memperoleh hasil maksimal dari kampanye Google Ads Anda, perlulah mempertimbangkan kata kunci rendah atau long-tail dalam strategi pemasaran online Anda. Dalam jangka panjang, kata kunci long-tail dapat menghasilkan ROI yang lebih tinggi dan menempatkan Kampanye iklan Anda di atas para kompetitor lain di Google. Pastikan Anda menggunakan alat kata kunci yang tepat, melakukan uji coba kata kunci yang berbeda, dan menyasar audiens Anda dengan benar. Jika ditangani dengan cara yang benar, pengoptimalan kata kunci long-tail dapat membantu meningkatkan trafik, pelanggan, dan kesuksesan keseluruhan kampanye Google Ads Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *