Cara Mudah Melepaskan Akun dengan Google Ads di Indonesia

  • Whatsapp

Langkah-langkah Melepaskan Akun Google Ads


Cara Melepaskan Akun Google Ads

Google Ads, sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords, adalah platform iklan digital terpopuler yang digunakan untuk memasarkan produk dan layanan. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin perlu melepaskan akun Google Ads Anda, seperti tidak lagi memerlukannya atau ingin memulai yang baru. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk melepaskan akun Google Ads di Indonesia.

Sebelum kami membahas proses melepaskan akun, penting untuk dicatat bahwa Anda harus memastikan bahwa Anda telah membayar semua kewajiban akun Anda sebelumnya. Jika tidak, penghapusan akun Anda mungkin tidak akan berhasil dan Anda mungkin terus menerima tagihan bulanan dari Google.

1. Masuk ke akun Google Ads Anda
Setelah memastikan bahwa semua kewajiban akun Anda telah dilunasi, langkah pertama adalah masuk ke akun Google Ads Anda melalui tautan https://ads.google.com/. Masuk dengan menggunakan email dan sandi yang terhubung ke akun yang ingin Anda hapus.

2. Pilih Pengaturan
Setelah masuk ke akun Google Ads, klik pada ikon roda gigi di sudut kanan atas layar. Ini akan membuka menu drop-down di mana Anda harus memilih “Pengaturan”.

3. Pilih Preferensi Akun
Di halaman Pengaturan, pilih opsi “Preferensi Akun” di bagian paling bawah. Ini akan membuka halaman pengaturan yang menyediakan berbagai pilihan terkait akun Anda, termasuk opsi untuk melepaskan akun.

4. Klik Melepaskan Akun
Setelah memilih Preferensi Akun, gulir ke bagian bawah halaman di mana Anda akan menemukan opsi “Menghapus akun Anda”. Klik pada tombol “Menghapus akun Anda”.

5. Verifikasi Akun Anda
Setelah mengklik tombol “Menghapus akun Anda”, Google akan mengharuskan Anda untuk memasukkan sandi akun Anda untuk memverifikasi bahwa Anda benar-benar ingin melepaskan akun Anda. Masukkan sandi yang terhubung ke akun Anda dan klik “Lanjutkan”.

6. Konfirmasi Penghapusan
Setelah memasukkan sandi Anda, Google akan menanyakan apakah Anda ingin mengatur pembayaran terakhir untuk akun Anda atau tidak. Jika Anda telah melunasi semua kewajiban akun Anda, pilih opsi “Saya ingin menghapus akun saya dan tidak ingin melakukan pembayaran terakhir”. Jika belum, pilih opsi “Saya ingin melakukan pembayaran terakhir”. Setelah dipilih, klik “Lanjutkan”.

7. Aktifkan Penghapusan
Setelah memilih opsi di atas dan klik “Lanjutkan”, Google akan menunjukkan detail akun Anda dan mengonfirmasi bahwa Anda telah berhasil masuk ke akun Anda. Klik “Saya setuju, hapus akun ini” untuk mengaktifkan penghapusan akun.

8. Verifikasi Email Anda
Setelah mengaktifkan penghapusan akun, Anda akan menerima email dari Google yang meminta Anda untuk memverifikasi penghapusan akun Anda. Klik pada tautan verifikasi di email tersebut untuk menyelesaikan proses penghapusan akun.

Jika ada pembayaran terakhir yang harus dilakukan, Anda harus melakukannya sebelum akun Anda benar-benar dihapus. Jika tidak, akun Anda akan tetap aktif dan menerima tagihan bulanan dari Google. Dalam semua kasus, selalu pastikan bahwa akun Anda telah dilunasi dan tidak memiliki tagihan tertunda sebelum memulai proses penghapusan akun.

Menghapus Akun Google Ads dengan Mudah


Menghapus Akun Google Ads dengan Mudah Indonesia

Untuk beberapa alasan, Anda mungkin ingin melepaskan akun Google Ads Anda dari kampanye iklan. Namun, sebelum melanjutkan, pastikan Anda tidak memiliki iklan yang aktif terkait dengan akun Anda. Jika Anda memiliki iklan aktif, sebaiknya Anda untuk menunggu kampanye iklan Anda selesai atau dihapus terlebih dahulu. Jika Anda telah memastikan bahwa tidak ada iklan yang aktif terkait dengan akun Anda, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah mudah ini untuk melepaskan akun Google Ads Anda:

Langkah 1: Kunjungi Dashboard Akun Google Ads Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk melepaskan akun Google Ads Anda adalah dengan mengunjungi dashboard akun Google Ads Anda. Anda dapat melakukan login ke akun Google Adwords Anda melalui tautan https://ads.google.com/home/. Setelah masuk, Anda akan langsung membuka halaman utama dashboard akun Google Ads Anda.

Langkah 2: Masuk ke Setting Akun Anda

Setelah Anda berhasil masuk ke dashboard akun Google Ads Anda, langkah berikutnya adalah masuk ke menu pengaturan (setting) akun Anda. Menu pengaturan (setting) akun dapat ditemukan pada pojok kanan atas dashboard akun Google Ads Anda. Anda dapat mengklik tombol lingkaran pada pojok kanan atas dan menu dropdown akan muncul. Klik opsi “Pengaturan” (setting) dalam menu tersebut.

Langkah 3: Pilih Bagian Manajemen Akun

Selanjutnya, setelah Anda masuk ke menu pengaturan (setting) akun Anda, Anda harus mencari bagian manajemen akun. Bagian ini dapat ditemukan pada menu di sisi kiri halaman pengaturan (setting). Setelah Anda menemukan bagian manajemen akun, kemudian pilih opsi “Akses dan izin” (access and security).

Langkah 4: Pilih dan Hapus Pengguna

Cara Membatalkan Akun Google Ads

Setelah Anda masuk ke bagian manajemen akun, Anda akan melihat pengguna atau pemilik akun Google Ads yang terdaftar. Cari dan klik akun Google Ads yang ingin Anda hapus. Setelah berhasil memilih akun yang ingin dihapus, pilih tombol “Hapus Akses” (remove access). Selanjutnya, masukkan alamat email akun yang ingin dihapus. Pastikan bahwa akun yang ingin dihapus adalah benar-benar akun yang Anda inginkan untuk dihapus. Lalu, klik tombol konfirmasi untuk melanjutkan tindakan penghapusan akun Google Ads Anda.

Jika sudah selesai melakukan langkah-langkah di atas, maka akun Google Ads Anda sudah tidak terhubung kembali dengan iklan yang Anda miliki sebelumnya. Demikianlah langkah-langkah mudah untuk melepaskan akun Google Ads Anda dengan aman dan benar. Jangan lupa untuk memperhatikan tip awal kami sebelum melanjutkan proses penghapusan akun Google Ads Anda.

Keuntungan Membatalkan Akun Google Ads


Membatalkan Akun Google Ads

Apakah kamu bertanya-tanya tentang keuntungan apa yang bisa kamu dapatkan jika membatalkan akun Google Ads? Terkadang, saat beriklan di Google Ads, kamu mungkin merasa kecewa dengan hasil yang didapat dan ingin berhenti beriklan. Atau mungkin kamu hanya sementara beriklan di Google Ads dan tidak ingin membayar biaya bulanan kedepannya. Tak perlu khawatir, inilah keuntungan membatalkan akun Google Ads.

1. Menghemat Biaya


Menghemat Biaya

Salah satu keuntungan utama membatalakan akun Google Ads adalah menghemat biaya. Setelah membatalkan akun, kamu tidak perlu lagi membayar biaya bulanan untuk iklanmu. Jadi jika kamu merasa tidak memperoleh hasil yang diinginkan dari iklanmu, maka membatalkan akun Google Ads adalah pilihan yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan anggaran iklanmu ke platform lainnya seperti media sosial, iklan di blog, atau pemasaran email.

2. Menghindari Biaya Tak Terduga


Menghindari Biaya Tak Terduga

Seperti platform iklan lainnya, Google Ads juga memiliki biaya yang tak terduga. Misalnya, kamu mungkin akan dikenakan biaya tambahan jika iklanmu melebihi batas waktu atau jumlah klik tertentu. Jika kamu tidak berhati-hati memantau biaya iklanmu, maka kamu bisa saja mendapat biaya tak terduga yang cukup besar. Namun jika kamu membatalkan akun Google Ads, kamu bisa menghindari biaya-biaya ini dan menghemat anggaranmu.

3. Menjaga Reputasi Bisnis


Menjaga Reputasi Bisnis

Meskipun Google Ads adalah cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda, terkadang iklan tersebut dapat memicu tanggapan negatif dari konsumen. Ada kalanya konsumen menganggap iklanmu sebagai ‘spam’ atau menganggap iklanmu sebagai tidak relevan dengan kebutuhan atau minat mereka. Jika kamu merasa iklanmu tidak merespon dengan baik, terutama jika hal itu merugikan reputasi bisnismu, maka membatalkan akun Google Ads adalah cara yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa memfokuskan memperbaiki strategi pemasaranmu tanpa merusak kredibilitas bisnismu.

4. Membatasi Ketergantungan pada Google Ads


Membatasi Ketergantungan pada Google Ads

Tidak ada yang meragukan bahwa Google Ads memiliki pengaruh besar dalam mempromosikan bisnis baru. Namun, jika kamu terlalu tergantung pada Google Ads, maka kamu mungkin kehilangan peluang untuk mempromosikan bisnismu di platform lain. Hal ini juga berarti bahwa kamu mengandalkan Google untuk mengirimkan lalu lintas pengunjung ke website bisnismu, dan hal ini sangat tidak berkelanjutan. Jika kamu membatalkan akun Google Ads, kamu akan memaksa dirimu untuk mencari cara alternatif untuk mempromosikan bisnismu. Dengan begitu, kamu bisa membuat strategi pemasaran yang lebih lengkap dan mengoptimalkan keberadaanmu di platform digital lain.

Kesimpulannya, memutuskan untuk membatalkan akun Google Ads tidak selalu buruk. Banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membatalkan akun, seperti menghemat biaya, menghindari biaya tak terduga, menjaga reputasi bisnis dan membatasi ketergantungan pada Google Ads.

Menjaga Data Privasi pada Akun Google Ads


Menjaga Data Privasi pada Akun Google Ads

Google Ads adalah platform pemasaran digital yang paling banyak digunakan oleh pengiklan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di internet. Namun, seperti kebanyakan platform online, keamanan data privasi menjadi isu yang sangat penting di Google Ads. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan lakukan untuk menjaga data privasi Anda selama menggunakan akun Google Ads, yaitu:

1. Gunakan Sandi yang Kuat

Sandi yang Kuat

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk mengakses akun Google Ads Anda. Jangan gunakan sandi yang sama dengan akun Anda di platform lain. Pastikan sandi Anda terdiri dari karakter huruf, nomor, dan simbol yang berbeda. Juga, ubah sandi secara berkala untuk menghindari kebocoran data.

2. Jangan Berbagi Sandi dengan Orang Lain

Jangan Berbagi Sandi dengan Orang Lain

Jangan pernah berbagi sandi dengan orang lain, bahkan dengan orang terdekat Anda seperti keluarga atau teman. Ini sangat penting untuk mencegah akses yang tidak sah ke akun Google Ads Anda. Selalu gunakan tindakan keamanan yang tepat jika Anda ingin membagikan akun dengan orang lain, seperti memberikan akses sebagai pengguna atau kolaborator.

3. Mempertahankan Sistem yang Aman

Sistem yang Aman

Pastikan perangkat komputer atau perangkat seluler yang digunakan untuk mengakses akun Google Ads Anda memiliki sistem keamanan yang memadai seperti anti-virus, firewall, dan perangkat lunak pengontrol akses yang dapat membantu melindungi data dan info pribadi akun Anda.

4. Gunakan Google Authenticator

Google Authenticator

Gunakan Google Authenticator, pengaman verifikasi dua faktor resmi dari Google yang dapat membantu mencegah akses yang tidak sah ke akun Google Ads Anda. Google Authenticator akan menguji identitas Anda melalui gadget sederhana yang ditempatkan pada perangkat seluler, smartphone atau tablet. Google Authenticator membutuhkan kode verifikasi yang dihasilkan setiap mendaftar, dan kode ini akan berubah setiap beberapa menit, sehingga hanya pemilik akun yang dapat mengaksesnya.

5. Perbaharui Informasi Pribadi Anda Secara Teratur

Perbaharui Informasi Pribadi

Pastikan bahwa informasi pribadi Anda di akun Google Ads selalu diperbarui secara teratur, termasuk alamat email dan nomor telepon yang aktif. Hal ini akan membantu Anda menghindari kehilangan akses ke akun Google Ads Anda. Jadi, pastikan bahwa semua info yang dikirimkan ke akun Google Ads Anda adalah benar dan jangan lupa untuk memperbarui semuanya sesekali.

Semua pengguna harus memastikan keamanan informasi pribadi mereka saat menggunakan platform Google Ads. Jangan pernah lalai dari elemen dasar seperti menggunakan sandi yang kuat, tidak memberikan sandi kepada orang lain, menjaga sistem yang aman, menggunakan perangkat lunak keamanan yang memadai, dan menggunakan Google Authenticator. Selalu perbarui informasi pribadi Anda secara teratur untuk menghindari akses yang tidak sah ke akun Google Ads Anda.

Menghubungi Tim Dukungan Google Ads untuk Melepaskan Akun


Menghubungi Tim Dukungan Google Ads untuk Melepaskan Akun

Google Ads merupakan salah satu platform pemasaran digital terbesar di seluruh dunia. Namun, tidak selalu semuanya berjalan lancar ketika menggunakan Google Ads dan mungkin suatu saat anda ingin melepaskan akun anda. Saat itu terjadi, menghubungi tim dukungan Google Ads adalah satu-satunya pilihan. Artikel ini, akan memberikan anda panduan tentang cara menghubungi tim dukungan Google Ads.

1. Pertama-tama, kunjungi situs web Google Ads dan masuk ke akun anda. Setelah masuk ke akun anda, klik pada opsi menu “Bantuan & Dukungan” (Help & Support) di bagian kanan atas.

2. Setelah membuka halaman Bantuan & Dukungan, anda akan melihat berbagai topik terkait akun Google Ads anda. Klik pada bagian “Hubungi Kami” (Contact Us) yang terletak di sebelah kanan bawah halaman tersebut.

3. Pada halaman Hubungi Kami, pilih opsi “Telepon” (Phone) atau “Email” sesuai dengan preferensi anda. Jika anda memilih opsi telepon, sistem akan memberikan anda nomor telepon yang dapat anda hubungi. Pastikan untuk mempersiapkan pertanyaan yang tepat sebelum menelepon.

4. Jika anda memilih opsi email, anda akan menjawab beberapa pertanyaan mengenai masalah yang muncul dengan akun Google Ads anda. Setelah anda menjawab pertanyaan tersebut, anda akan menerima email dari tim dukungan Google Ads yang berkaitan dengan masalah tersebut.

5. Jika masalah anda tidak terkait dengan kedua opsi tersebut, kunjungi halaman “Forum Community” atau “Pusat Bantuan” (Help Center). Anda dapat menemukan jawaban dari masalah-masalah yang sering dialami oleh pengguna Google Ads lainnya di halaman tersebut.

Jika anda tidak dapat menyelesaikan masalah anda melalui halaman Forum Community atau Pusat Bantuan, atau jika anda memiliki masalah yang lebih rumit, hubungi tim dukungan Google Ads. Tim dukungan mereka selalu siap membantu anda menyelesaikan masalah yang muncul dengan akun Google Ads anda.

Kita dapat simpulkan bahwa cara menghubungi tim dukungan Google Ads untuk melepaskan akun dapat dilakukan dengan beberapa cara. Jika anda mengalami masalah dengan akun Google Ads anda dan tidak menemukan jawaban dari halaman yang disediakan, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan mereka. Sebab, tim dukungan Google Ads memberikan layanan yang sangat membantu dan professional dalam menangani semua masalah yang dialami oleh pengguna Google Ads.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *