Cara Memasang Google Ads di Website WordPress

  • Whatsapp

Panduan Langkah-demi-Langkah Cara Memasang Google Ads di WordPress


Cara Memasang Google Ads di WordPress

Google Ads adalah platform periklanan dalam jaringan (PdJ) Google di mana pemasang iklan dapat membeli periklanan berbayar yang ditampilkan di berbagai media online. Dengan Google Ads, Anda dapat menampilkan iklan di halaman hasil pencarian Google atau di situs web atau aplikasi mitra Google. Di samping itu, Google Ads juga terintegrasi dengan sistem periklanan Google lainnya, seperti AdSense dan AdMob.

Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog atau situs web WordPress Anda, memasang Google Ads bisa menjadi cara yang tepat. Meskipun ada banyak alternatif lain dalam hal monetisasi situs web, seperti program afiliasi dan penjualan produk, memasang Google Ads memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Merupakan sumber pendapatan terpassive untuk situs web atau blog Anda.
  • Mudah diterapkan pada situs web atau blog: cukup tampilkan kode iklan dan Google akan menangani sisanya.
  • Bisa digunakan bersamaan dengan alternatif monetisasi lain untuk meningkatkan pendapatan dan diversifikasi sumber pendapatan situs web atau blog Anda.
  • Menampilkan iklan yang relevan dengan konten situs web atau blog Anda, sehingga dapat meningkatkan tingkat klik dan pendapatan iklan.

Nah, jika Anda tertarik memasang Google Ads di situs web atau blog WordPress Anda, berikut adalah panduan langkah-demi-langkah cara melakukannya:

1. Buat Akun Google Ads

Buat Akun Google Ads

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memasang Google Ads di situs web atau blog WordPress Anda adalah membuat akun Google Ads. Jika Anda sudah memiliki akun Google, maka proses ini akan lebih mudah. Namun, jika Anda belum memiliki akun Google, silakan buat akun terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan alamat email yang sudah ada atau membuat alamat email baru.

Setelah berhasil membuat dan masuk ke akun Google Ads Anda, akan ditampilkan beberapa informasi mengenai fitur dan penawaran iklan di Google Ads. Setelah membaca dengan seksama informasi tersebut, klik tombol “Saya Setuju” yang ada di bagian bawah halaman.

Selanjutnya, Anda akan diminta memberikan informasi tentang akun dan bisnis Anda. Informasi ini akan digunakan Google Ads untuk mengatur dan mengelola akun dan iklan Anda. Pastikan bahwa informasi yang Anda berikan sudah akurat dan benar.

Setelah selesai memberikan informasi ini, klik tombol “Simpan dan Lanjutkan”. Anda akan diarahkan ke halaman berikutnya di mana Anda dapat memilih jenis pembayaran dan memasukkan informasi pembayaran Anda.

Setelah menyelesaikan langkah ini, akun Google Ads Anda sudah dapat digunakan untuk membuat iklan dan memasang di situs web atau blog WordPress Anda. Masukkan kode iklan yang dibuat oleh Google Ads di situs web atau blog WordPress Anda dan iklan akan muncul sesuai dengan preferensi Anda.

Menyiapkan Akun Google Ads


Google Ads Indonesia

Sebelum memasang iklan Google Ads di halaman web WordPress, Anda harus menyiapkan akun terlebih dahulu. Akun Google Ads berisi informasi tentang kampanye iklan dan biaya yang diperlukan untuk memasang iklan tersebut.

Langkah pertama adalah membuat akun Google terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akun Google, maka Anda dapat langsung masuk ke akun Google Ads dengan menggunakan akun yang telah Anda miliki.

Setelah berhasil masuk ke akun Google Ads, langkah selanjutnya adalah mengatur kampanye iklan. Pada bagian ini, Anda dapat menentukan jenis kampanye yang ingin Anda pasang, seperti kampanye iklan display, kampanye iklan pencarian, atau kampanye video.

Setelah menentukan jenis kampanye, berikutnya adalah menentukan jenis iklan yang ingin ditampilkan pada kampanye yang dibuat. Anda dapat memilih dari berbagai jenis iklan, seperti iklan gambar, iklan video, atau iklan teks.

Selanjutnya, Anda harus menentukan jangka waktu dan anggaran biaya untuk kampanye iklan yang dibuat. Hal ini berguna agar Anda dapat mengendalikan biaya yang dikeluarkan untuk memasang iklan di Google Ads.

Setelah semua pengaturan kampanye iklan selesai, selanjutnya adalah menentukan metode pembayaran. Anda dapat menggunakan kartu kredit atau metode pembayaran online lainnya untuk membayar biaya kampanye iklan tersebut.

Setelah akun dan kampanye iklan telah diatur, Anda dapat membuat kode iklan yang harus disalin dan ditempelkan pada halaman web WordPress untuk membuat iklan ditampilkan pada halaman web tersebut. Caranya, Anda harus menyiapkan kode iklan yang dibuat melalui Google Ads dan menempelkannya pada daerah yang telah disediakan pada halaman web WordPress.

Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, misalnya di sisi kiri atau kanan halaman, di tengah halaman, atau pada bagian footer. Namun, pastikan iklan yang ditampilkan tidak mengganggu tampilan halaman web WordPress.

Pastikan kode iklan yang telah disalin dan ditempelkan sesuai dengan kode yang ada pada halaman web WordPress. Setelah semua hal telah diatur dengan benar, iklan yang telah dipasang akan muncul pada halaman web WordPress dan siap untuk ditampilkan pada pengguna web Anda.

Itulah tadi beberapa langkah dalam memasang Google Ads di halaman web WordPress. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memasang iklan di Google Ads dengan mudah dan efektif.

Menambahkan Kode Iklan Google Ads ke WordPress


Menambahkan Kode Iklan Google Ads ke WordPress

Pemasangan iklan Google Ads pada website WordPress memiliki beberapa tahap yang harus anda lakukan agar iklan tersebut dapat ditampilkan dengan baik. Anda harus mengikuti prosedur dengan benar dalam memasang iklan Google Ads yang tentunya cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut ini adalah beberapa tahap yang dapat Anda lakukan dalam memasang kode iklan Google Ads pada website WordPress anda.

1. Daftar Akun Google Ads

Daftar Akun Google Ads

Sebelum anda bisa memasang iklan Google Ads pada website WordPress anda, pastikan bahwa anda sudah memiliki akun Google Ads terlebih dahulu. Apabila anda belum memiliki akun Google Ads, anda bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengunjungi situs resmi Google Ads pada halaman https://ads.google.com/home/

2. Membuat Kampanye Iklan Google Ads

Membuat Kampanye Iklan Google Ads

Setelah anda memiliki akun Google Ads, langkah selanjutnya adalah membuat kampanye iklan Google Ads. Dalam proses ini, anda harus memperhatikan beberapa hal seperti:

  • Menentukan jenis kampanye iklan yang akan dipasang
  • Memilih kata kunci yang tepat sehingga iklan anda lebih relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna
  • Menentukan budget iklan yang tersedia

3. Menambah Kode Iklan Google Ads ke WordPress

Menambah Kode Iklan Google Ads ke WordPress

Setelah membuat kampanye iklan Google Ads, tahap selanjutnya adalah memasang kode iklan Google Ads pada website WordPress anda. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  1. Log in ke dashboard WordPress anda dan pergi ke menu Appearance dan pilih Editor dari menu drop-down.
  2. Pilih header.php dari daftar file yang ada.
  3. Tambahkan kode iklan Google Ads di bawah tag header WordPress, sebagai contoh:
    <head>
    <!– Kode Adsense di sini –>
    </head>
    Anda dapat menambahkan kode iklan Google Ads pada file head WordPress ini dengan mudah.
  4. Setelah menambahkan kode iklan Google Ads tersebut, tekan tombol Update File.

Setelah menempelkan kode iklan Google Ads pada website WordPress, kemudian Anda perlu memeriksa apakah iklan tersebut ditampilkan dengan baik pada website Anda. Anda dapat melihat iklan Google Ads yang sudah dipasang di website WordPress dengan mengunjungi website anda dan melihat banner iklan Google Ads yang tampil. Pastikan iklan tersebut tampil dengan baik dan tidak mengganggu tampilan website Anda.

Mendesain Iklan Google Ads yang Efektif


Desain Iklan Google Ads

Jika Anda masih belum mendapat hasil yang diinginkan, mungkin waktu yang tepat untuk mendesain ulang iklan Google Ads Anda. Pada dasarnya, iklan Google Ads terdiri dari sebuah judul, deskripsi, dan tautan. Bagaimana cara membuat iklan Google Ads yang efektif dan menarik untuk di-klik oleh calon pelanggan?

Satu hal yang perlu Anda ingat ketika mendesain iklan Google Ads adalah mengenai tujuan iklan tersebut. Anda ingin membuat iklan yang mencolok dari iklan kompetitor dan yang mampu menarik perhatian khalayak Anda. Anda mungkin harus membuat variasi dari beberapa iklan untuk menemukan iklan yang paling efektif untuk Anda gunakan.

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat Anda mendesain iklan Google Ads:

Judul Iklan

Judul Iklan Google Ads

Judul iklan Google Ads Anda harus mencakup elemen penting dari produk atau layanan Anda: manfaat, fitur khusus, atau penjualan tersedia yang Anda tawarkan. Judul iklan Anda hanya memiliki spatium 30 karakter, sehingga Anda harus memastikan bahwa judul iklan Anda informatif dan mencolok.

Deskripsi Iklan

Deskripsi Iklan Google Ads

Deskripsi iklan Anda memiliki lebih banyak ruang daripada judul iklan. Anda memiliki total 90 karakter dalam deskripsi untuk menjelaskan produk Anda. Pastikan Anda memberikan informasi yang berguna dan mudah dipahami. Jangan menggunakan kalimat yang tidak bermakna atau frasa yang sulit dipahami. Perhatian kepada detail dapat membuka pintu bagi konsumen untuk melajutkan di tautan iklan Anda.

Konten Visual

Konten Visual

Konten visual seperti gambar dan video dapat membuat iklan Anda lebih efektif. Buat visual yang mampu menggambarkan produk Anda sesingkat mungkin, namun cukup kuat untuk meningkatkan konversi dan mengurangkan bounce rate. Visual berfungsi untuk memanggil perhatian dari calon pelanggan untuk melihat dan menawarkan iklan Anda sebagaian branding dari produk anda.

Call-to-Action

Call-to-Action

Pesan akhir dari iklan Google Anda adalah untuk meminta orang untuk bertindak. Anda harus memandu calon pelanggan untuk membuat langkah ke aplikasi atau halaman web Anda dengan memberikan perintah yang jelas. Call-to-action harus memberikan perintah menjadi hal yang mampu membuat orang mengambil tindakan seperti “hubungi kami sekarang”, “Kunjungi website kami”, dan “Coba Gratis Sekarang”.

Sekarang Anda memiliki gambaran tentang cara mendesain iklan Google Ads yang efektif. Dengan memperhatikan beberapa faktor penting di atas, Anda dapat meningkatkan kemungkinan konsumen untuk melihat iklan Anda dan melakukan tindakan yang diinginkan. Jangan takut untuk menguji iklan Anda dan membuat variasi dari beberapa iklan untuk menentukan iklan mana yang paling efektif bagi bisnis Anda.

Strategi Bisnis untuk Mengoptimalkan Google Ads di WordPress


Mengoptimalkan Google Ads di WordPress

Google Ads bisa menjadi sumber pemasukan yang penting untuk bisnis online. Jika Anda memiliki situs web di WordPress dan ingin memasang iklan dengan Google Ads, maka ada beberapa strategi yang dapat membantu Anda mengoptimalkannya untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut adalah beberapa strategi untuk mengoptimalkan Google Ads di WordPress:

1. Tentukan Target Audience Anda


Tentukan Target Audience Anda

Untuk memaksimalkan keuntungan dari Google Ads, sangat penting untuk menentukan target audience Anda. Identifikasi siapa target pengunjung situs web Anda dan apa yang mereka cari. Pahami perilaku mereka, apa yang mereka butuhkan dan cari solusi apa yang dapat Anda tawarkan. Hal ini akan membantu Anda membuat iklan Google Ads yang relevan dan menarik bagi target audience Anda.

2. Buat Iklan yang Menarik


Buat Iklan yang Menarik

Selanjutnya, buat iklan Google Ads yang menarik bagi target audience Anda. Iklan yang efektif akan menarik perhatian pengunjung dan mendorong mereka untuk mengklik iklan tersebut. Gunakan kalimat sederhana tetapi jelas, dan berikan manfaat yang dapat dijadikan keuntungan bagi pengunjung situs web Anda. Jangan lupa untuk menambahkan kata kunci yang relevan di dalam iklan untuk meningkatkan kualitas iklan Anda.

3. Buat Halaman yang Relevan


Buat Halaman yang Relevan

Jika pengunjung mengklik iklan Google Ads Anda, mereka harus diarahkan ke halaman yang relevan. Halaman mungkin dapat diandingkan dengan katalog produk atau landing page yang sesuai dengan iklan Google Ads tersebut. Pastikan halaman tersebut memiliki informasi yang relevan dan menarik bagi pengunjung, serta membuat mereka tetap berada di situs web Anda. Halaman yang terlalu banyak masalah akan membuat pengunjung meninggalkan situs web Anda, bahkan bisa berakibat pengunjung situs web tidak lagi mendapatkan iklan tersebut sebagai hasil penelusuran mereka.

4. Pantau dan Analisis Performa Iklan Google Ads Anda


Pantau dan Analisis Performa Iklan

Setelah mengoptimalkan iklan Google Ads Anda, penting untuk memantau dan menganalisis kinerjanya. Anda bisa mengakses data pengunjung yang disediakan Google Ads. Dengan mempelajari data ini, Anda bisa mengetahui iklan mana yang efektif dan mana yang kurang. Berdasarkan analisis tersebut, Anda dapat melakukan perubahan dan eksperimen dengan iklan baru dan menyesuaikan strategi pemasaran Anda. Jangan lupa untuk terus memantau kinerja iklan Anda setiap saat untuk mendapatkan hasil terbaik

5. Belajar dari Konkuren Anda


Belajar dari Konkuren Anda

Selanjutnya, belajar dari kompetitor Anda dan praktik terbaik industri. Tidak meniru secara langsung namun mengambil inspirasi dari iklan Google Ads kompetitor Anda kemudian mengoptimalkan versi Anda sendiri akan memberikan nilai tambah dalam konteks keseluruhan iklan, serta menjadi ilmu tambahan dalam mengembangkan bisnis dalam bidang marketing. Anda juga bisa melihat apa yang dilakukan oleh penyedia layanan pemasaran digital profesional untuk mencapai keuntungan dalam kampanye iklan yang mereka kelola. Mengambil referensi dari berbagai sumber, dan menyesuaikan dengan bisnis Anda akan membantu meningkatkan kinerja iklan Google Ads.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *