Cara Memasang Iklan Pencarian Google di Indonesia

  • Whatsapp

Langkah-langkah Mudah Memasang Google Search Ads


Google Search Ads

Google Search Ads adalah cara paling efektif dan paling efisien untuk memasarkan bisnis Anda. Iklan ini muncul di halaman pencarian Google, tepat di atas atau di bawah hasil pertama. Langkah-langkah mudah untuk memasang iklan Google Search Ads akan sangat membantu Anda untuk mengoptimalkan kampanye iklan digital Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk memasang Google Search Ads agar dapat memaksimalkan hasil dan manfaat dari iklan Anda:

1. Daftar ke AdWords
Arvato Logo

Pertama-tama, Anda perlu mendaftar ke AdWords melalui https://adwords.google.com. Cukup masukkan alamat email Anda dan memilih kata sandi untuk membuat akun GRATIS. Setelah Anda selesai mendaftar, Anda harus mempraktikkan memberikan informasi tentang bisnis Anda seperti nama bisnis dan situs web Anda.

Pastikan untuk membuat situs web yang ramah seluler. Karena kebanyakan orang menggunakan perangkat seluler saat melakukan pencarian di Google, maka penting untuk memastikan situs web Anda dapat dengan mudah dibuka dan digunakan pada perangkat seluler.

2. Buat Kampanye Iklan Baru

Setelah membuat akun AdWords, Anda kemudian dapat membuat kampanye iklan baru. Klik tombol (+) untuk memulai membuat kampanye iklan baru, dan kemudian pilih Jenis Kampanye yang diinginkan.

Anda harus menetapkan anggaran harian dan penawaran Anda pada kata kunci yang Anda gunakan. Anggaran harian adalah jumlah yang Anda siapkan untuk digunakan setiap hari dalam kampanye Anda. Penawaran tertinggi pada kata kunci Anda akan menentukan posisi iklan Anda di halaman hasil pencarian.

3. Tetapkan Kata Kunci Untuk Kampanye Anda

Setelah membuat kampanye iklan baru, Anda kemudian dapat menetapkan kata kunci untuk kampanye iklan Anda. Cari kata kunci yang paling relevan dengan bisnis Anda, tempat, produk, dan layanan. Gunakan semacam alat perencana kata kunci untuk membantu Anda menentukan kata kunci terbaik untuk digunakan di kampanye iklan Anda.

Pilih jenis kata kunci yang sesuai dengan tujuan kampanye Anda, seperti kata kunci Broad, Exact, atau Phrase match. AdWords juga menawarkan fitur kata kunci yang berhubungan dengan pencarian yang berguna untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

4. Tulis Iklan
Blueprint Logo

Setelah menentukan kata kunci untuk kampanye AdWords Anda, Anda harus menulis iklan yang menarik perhatian pengguna. Iklan terdiri dari headline (judul), deskripsi, dan tautan yang akan diarahkan ke halaman situs web Anda.

Pastikan iklan Anda menarik dan memiliki pesan yang jelas dan terperinci tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Gunakan istilah kunci seperti penawaran khusus, harga diskon, atau pengiriman gratis untuk memikat pengguna agar mengeklik iklan Anda.

5. Tentukan Lokasi Target
Location Targeting Examples

Terakhir, tentukan lokasi target Anda untuk memastikan iklan Anda hanya ditampilkan di wilayah yang sesuai dengan bisnis Anda. Anda dapat menentukan lokasi target pada tingkat area geografis yang berbeda seperti Negara, Wilayah, atau Kabupaten/Kota. Lokasi target Anda juga dapat diperluas dengan lingkup mencapai hingga 2 mil (3.2 km) dari bisnis Anda.

Setelah melalui kelima langkah ini, iklan Anda siap ditayangkan. Ini adalah bagian terpenting dari cara memasang Google Search Ads karena memastikan iklan Anda mencapai target pengguna yang tepat dan tepat waktu. Ingatlah bahwa iklan Google Search Ads memicu pengguna agar mengunjungi situs web Anda, oleh karena itu, pastikan halaman situs web Anda memiliki konten yang relevan dan mudah dipahami.

Menentukan Tujuan Kampanye Google Search Ads Anda


Menentukan Tujuan Kampanye Google Search Ads Anda

Google Search Ads adalah salah satu bentuk iklan digital yang paling populer saat ini. Dengan memasang iklan di Google Search, website atau bisnis anda dapat mencapai target audience yang lebih luas dan meningkatkan penghasilan secara signifikan. Namun, sebelum memulai kampanye Google Search Ads anda, pastikan untuk menentukan tujuan yang jelas dan terperinci.

Tujuan merupakan salah satu elemen paling penting dalam setiap kampanye iklan, termasuk Google Search Ads. Dalam hal ini, tujuan dapat bervariasi dari meningkatkan penjualan, meningkatkan lalu lintas pengunjung, hingga meningkatkan kesadaran merek. Berikut ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cara menentukan tujuan kampanye Google Search Ads anda:

Meningkatkan penjualan

penjualan di google

Jika tujuan anda adalah untuk meningkatkan penjualan, maka fokuslah pada konversi. Konversi dapat terdiri dari pembelian, pendaftaran, atau tindakan lainnya yang diinginkan oleh website anda. Jangan lupa untuk memilih kata kunci dengan hati-hati – kata kunci yang spesifik akan membantu anda mencapai calon pelanggan yang lebih tertarget dan mempermudah mereka untuk menemukan produk atau layanan anda.

Meningkatkan lalu lintas pengunjung

lalu lintas diperdagangan google

Jika anda ingin meningkatkan lalu lintas pengunjung, maka fokuslah pada klik. Pastikan untuk menentukan target penayangan iklan anda secara cermat dan memilih kata kunci yang tepat agar bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan yang potensial. Selain itu, pastikan untuk memperbarui iklan anda secara teratur untuk mempertahankan daya tarik dan relevansi iklan anda bagi calon pelanggan anda.

Meningkatkan kesadaran merek

kesadaran merek

Terakhir, jika tujuan anda hanyalah untuk meningkatkan kesadaran merek, maka fokuslah pada frekuensi tampilan iklan anda. Daripada memilih kata kunci untuk menjangkau kalangan tertentu, fokuslah pada jumlah tampilan iklan anda di Google Search. Dengan tampilan iklan yang sering, calon pelanggan potensial akan lebih mudah mengenali merek anda dan produk atau layanan yang anda tawarkan.

Selain menentukan tujuan yang jelas, pastikan juga untuk mengukur kinerja kampanye Google Search Ads anda. Melalui Google Analytics, anda dapat melacak jumlah klik, konversi, biaya, dan nilai transaksi dengan mudah. Dengan melacak dan mengevaluasi data kampanye anda secara berkala, anda dapat memperbaiki strategi pemasaran anda agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menggunakan Keyword Planner dalam Kampanye Google Search Ads


Pemasangan Google Search Ads Indonesia

Jika kamu ingin memasang iklan di Google Search, tentu kamu membutuhkan beberapa kata kunci yang relevan agar iklanmu bisa muncul ketika pengguna Google melakukan pencarian. Namun, bagaimana menghasilkan kata kunci yang relevan itu? Kamu bisa menggunakan fitur Keyword Planner yang disediakan oleh Google AdWords!

Apa itu Keyword Planner?

Google Keyword Planner adalah alat bantu pencarian kata kunci dari Google yang memungkinkan pengiklan untuk mencari kata kunci yang berpotensi menghasilkan traffic tertinggi pada website atau landing page mereka. Dengan alat bantu ini, kamu bisa melakukan riset dan menemukan kata kunci yang paling banyak dicari oleh user yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Bagaimana cara menggunakan Keyword Planner?

Pertama-tama, kamu harus membuat akun Google AdWords terlebih dahulu, kemudian login ke akunmu dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih ‘Kata Kunci Baru’ untuk mulai riset kata kunci.
  2. Masukkan isi teks atau URL dari website yang relevan.
  3. Pilih Negara dan Bahasa.
  4. Tentukan Target Penelusuran dan Rentang Tanggal.
  5. Pilih ‘Dapatkan Ide’.

Selanjutnya, Keyword Planner akan menampilkan ide kata kunci terkait, kamu bisa mengeksplorasi ide-ide tersebut dan memilih kata kunci yang paling relevan atau sangat berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Bagaimana menjalankan kampanye iklan di Google Search dengan kata kunci dari Keyword Planner?

Setelah kamu memiliki kata kunci yang relevan, selanjutnya kamu bisa menjalankan kampanye iklan di Google Search. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Login ke akun Google AdWordsmu dan pilih ‘Buat Kampanye Baru’.
  2. Pilih ‘Kampanye Trafik Website’ untuk membuat kampanye iklan Google Search baru.
  3. Masukkan kata kunci yang relevan dalam jangkauan Target Penelusuran.
  4. Pilih Negara dan Bahasa.
  5. Tentukan Tipe Penawaran, Anggaran Harian, dan tanggal Mulai dan Berakhir Kampanye.
  6. Buat Iklanmu.

Setelah semua langkah di atas selesai, iklanmu siap ditayangkan. Kamu bisa memantau penggunaan kata kunci dari iklanmu melalui Google Analytics. Jangan lupa untuk memantau performa iklanmu agar bisa melakukan optimasi kata kunci untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Kesimpulan:

Google Keyword Planner adalah alat bantu penting yang harus kamu gunakan ketika hendak melakukan kampanye iklan di Google Search. Selain lebih mudah menemukan kata kunci yang relevan, kamu juga bisa meningkatkan performa iklanmu sehingga menghasilkan traffic yang lebih banyak ke website atau landing page kamu.

Menambahkan Tautan Situs Web dan Call to Action dalam Google Search Ads


Tautan Situs Web dan Call to Action dalam Google Search Ads

Google Search Ads adalah platform iklan online yang memungkinkan pengiklan menampilkan iklan mereka di hasil pencarian Google. Dengan alat ini, Anda dapat memasang iklan berbayar di atas, di bawah, atau di antara hasil pencarian organik. Selain itu, dengan adanya fitur Tautan Situs Web dan Call to Action, Anda dapat meningkatkan efektivitas iklan Google Search Ads Anda.

Tautan Situs Web

Tautan Situs Web memungkinkan pengiklan menambahkan tautan langsung ke halaman tertentu di situs web mereka pada iklan Google Search Ads. Dengan menambahkan tautan situs web, pengunjung dapat diarahkan langsung ke halaman yang relevan dengan iklan tersebut dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan konversi.

Berikut adalah cara menambahkan tautan situs web ke Google Search Ads Anda:

  1. Masuk ke akun Google Ads Anda
  2. Pilih kampanye yang ingin Anda tambahkan tautan situs web nya
  3. Pergi ke tab “Tambahkan Tautan Situs Web”
  4. Masukkan tautan situs web Anda dan judul untuk tautan tersebut
  5. Klik “Simpan”

Setelah Anda menambahkan tautan situs web, tautan tersebut akan muncul di bawah iklan Anda. Anda dapat menambahkan hingga empat tautan situs web ke setiap iklan, dan jumlah tautan ini bergantung pada tampilan iklan Anda.

Call to Action

Call to Action (CTA) adalah bagian penting dari iklan Google Search Ads Anda. CTA meminta pengunjung untuk melakukan suatu tindakan setelah melihat iklan Anda, seperti “Beli Sekarang”, “Daftar Sekarang”, “Selengkapnya”, atau “Hubungi Kami”.

Dengan menambahkan CTA pada iklan Anda, Anda dapat meningkatkan peluang bahwa pengunjung akan melakukan tindakan yang Anda inginkan. Berikut adalah cara menambahkan CTA pada Google Ads:

  1. Pastikan Anda memilih kampanye dan grup iklan yang ingin Anda tambahkan CTA nya
  2. Kunjungi tab “Tandai” dan pilih “Tombol Call-to-Action”
  3. Pilih salah satu CTA dari daftar yang tersedia atau buat CTA khusus Anda sendiri
  4. Tempatkan CTA Anda pada iklan Anda, lalu klik “Simpan”

Setelah menambahkan CTA pada iklan Anda, pastikan untuk menempatkannya dengan posisi yang strategis pada iklan Anda sehingga mudah dilihat oleh pengunjung. Selain itu, pastikan bahwa CTA sesuai dengan tujuan kampanye Anda dan menarik perhatian pengunjung.

Berdasarkan pengalaman saya, menambahkan Tautan Situs Web dan Call to Action dapat meningkatkan konversi pada iklan Google Search Ads Anda. Saya melihat bahwa pengunjung cenderung lebih tertarik dan mungkin melakukan tindakan setelah melihat adanya Tautan Situs Web dan Call to Action di iklan tersebut.

Seperti yang Anda lihat, menambahkan Tautan Situs Web dan Call to Action sangatlah mudah dan membutuhkan sedikit waktu. Jadi, buat iklan Google Search Ads Anda lebih efektif dengan menambahkan Tautan Situs Web dan Call to Action pada iklan Anda sekarang!

Memonitor dan Mengoptimalkan Kinerja Kampanye Google Search Ads Anda


Monitoring Google Ads Indonesia

Jika Anda sudah membuat kampanye Google Search Ads, maka tugas Anda berikutnya adalah memonitor dan mengoptimalkan kinerja kampanye tersebut. Memantau kampanye Anda secara teratur adalah kunci keberhasilan dalam pemasaran digital. Dengan pemantauan yang terus-menerus, Anda dapat mengetahui apa yang harus diubah dan ditingkatkan di dalam kampanye Anda, sehingga seiring berjalannya waktu, performa kampanye Google Ads Anda semakin meningkat.

1. Perhatikan Metrik Kinerja Kampanye Google Ads Anda

Metrik Kinerja Google Ads

Anda tidak dapat meningkatkan kinerja kampanye Google Ads Anda jika tidak mengetahui metrik kinerja kampanye Anda. Google Ads menyediakan berbagai jenis metrik kinerja yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kampanye Anda. Beberapa metrik kinerja umum yang harus Anda perhatikan adalah:

  • Klik: berapa banyak pengguna yang mengklik iklan Anda
  • Impresi: berapa banyak iklan Anda ditampilkan
  • Konversi: berapa banyak pengguna yang melakukan tindakan yang diinginkan setelah mengklik iklan Anda
  • Biaya per klik: berapa biaya yang Anda keluarkan setiap kali pengguna mengklik iklan Anda

Dengan memantau metrik kinerja kampanye Anda, Anda dapat melihat trend dan pola perilaku pengguna, dan Anda dapat melakukan perubahan pada kampanye Anda agar lebih efektif dalam menghasilkan konversi.

2. Gunakan Fitur Peningkatan Penampilan Iklan

Fitur Peningkatan Penampilan Iklan

Google Ads menyediakan fitur peningkatan penampilan iklan yang dapat memperbaiki performa iklan Anda. Fitur ini memungkinkan Anda menambahkan elemen visual ke dalam iklan Anda, seperti gambar, logo, dan informasi terkait bisnis Anda. Hal ini bisa meningkatkan minat pengguna untuk mengklik iklan Anda, sehingga meningkatkan kemungkinan konversi Anda.

3. Lakukan Uji Coba

Uji Coba Google Ads

Uji coba adalah suatu metodologi untuk mengevaluasi perubahan atau ide. Dalam hal Google Ads, uji coba dapat dilakukan dengan membuat variasi pada iklan Anda untuk melihat bagaimana perubahan tersebut memengaruhi performa kampanye Anda. Ada beberapa hal yang dapat Anda uji coba, seperti variasi teks iklan, gambar, rentang waktu penayangan iklan, dan landing page. Dengan uji coba, Anda dapat mengetahui apa yang bekerja dan tidak bekerja untuk kampanye Anda, sehingga Anda dapat membuat perubahan yang lebih baik.

4. Pelajari Perilaku Pencarian Pengguna

Perilaku Pencarian Pengguna Google

Anda dapat meningkatkan performa kampanye Anda dengan memahami perilaku pencarian pengguna. Google menyediakan data tentang kata kunci pencarian dan tren pencarian, dan menggunakan data ini dapat membantu Anda membuat iklan yang lebih relevan dan menarik bagi pengguna. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan data ini untuk menentukan kata kunci yang tepat untuk kampanye Anda dan meningkatkan target exposure Anda.

5. Pertahankan Kualitas Skor

Kualitas Skor Google Ads

Kualitas skor adalah suatu penilaian untuk kampanye Google Ads Anda. Kualitas skor yang tinggi dapat meningkatkan exposure kampanye Anda dan mengurangi biaya per klik Anda. Beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas skor adalah relevansi iklan dengan kata kunci, kesesuaian halaman arahan Anda dengan iklan Anda, dan history klik kampanye Anda. Untuk mempertahankan kualitas skor yang baik, pastikan iklan Anda selalu relevan dengan kata kunci yang Anda bid dalam kampanye Anda.

Dengan melaksanakan beberapa hal di atas, Anda dapat memonitor dan mengoptimalkan kinerja kampanye Google Search Ads Anda dengan lebih efektif. Jika Anda belum membuat kampanye Google Ads, mari segera mulai buat kampanye Anda dan teruslah memantau kinerja kampanye Anda untuk meningkatkan performa iklan Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *