cara memasang iklan telpon di google ads

  • Whatsapp

Persiapan Sebelum Pasang Iklan Telepon di Google Ads


Persiapan Sebelum Pasang Iklan Telepon di Google Ads

Google Ads adalah salah satu platform periklanan yang sangat populer dan efektif digunakan oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Dari sekian banyak jenis iklan yang bisa dipasang di Google Ads, iklan telepon merupakan salah satu yang banyak digunakan. Dengan pasang iklan telepon di Google Ads, Anda bisa meningkatkan jumlah koneksi dan panggilan telepon ke bisnis Anda. Namun, sebelum pasang iklan telepon di Google Ads, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan agar iklan tersebut berhasil menghasilkan panggilan dari calon pelanggan. Berikut ini adalah beberapa persiapan sebelum pasang iklan telepon di Google Ads.

Tentukan Tujuan Kampanye Iklan Telepon

Pertama-tama, sebelum mulai pasang iklan telepon di Google Ads, pastikan Anda sudah menentukan tujuan kampanye yang akan dilakukan. Tujuan tersebut nantinya akan menentukan target market dan anggaran iklan. Apakah tujuan kampanye hanya meningkatkan panggilan masuk ke bisnis Anda ataukah ingin melihat banyaknya koneksi baru yang terjadi pada kampanye iklan telepon? Pastikan Anda menentukan tujuan yang jelas dan spesifik.

Pilih Jenis Iklan Telepon yang Sesuai

Setelah menentukan tujuan kampanye iklan telepon, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis iklan telepon yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kampanye. Ada beberapa tipe iklan telepon di Google Ads seperti Iklan Teks Klik ke Panggilan Telepon, Iklan Teks Klik ke Situs Web yang Mengandung Nomor Telepon, Iklan display yang menampilkan nomor telepon di bagian atas atau bawah iklan, dan Iklan Call-Only. Pastikan Anda memilih jenis iklan telepon yang tepat untuk bisnis Anda.

Tentukan Budget untuk Iklan Telepon

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan sebelum pasang iklan telepon di Google Ads adalah menentukan budget atau anggaran yang akan digunakan untuk kampanye iklan telepon. Penentuan budget ini harus didasarkan pada tujuan iklan dan target market. Ada dua jenis budget iklan di Google Ads, yaitu Daily Budget dan Campaign Budget. Daily Budget untuk menentukan budget per hari dan Campaign Budget untuk total budget kampanye.

Tentukan Target Market Kampanye Iklan Telepon

Target market merupakan faktor yang sangat penting dalam keberhasilan kampanye iklan telepon di Google Ads. Pastikan target market yang akan dituju sudah jelas dan spesifik. Anda bisa menentukan target market berdasarkan wilayah, usia, gender, minat, dan banyak lagi berdasarkan kebutuhan bisnis Anda.

Siapkan Situs Web Bisnis yang Responsive

Situs web bisnis yang responsive sangatlah penting. Situs web yang mudah digunakan dan cepat membuka akan meningkatkan kemungkinan panggilan telepon masuk. Pastikan situs web bisnis anda mudah diakses, tampilan menarik, dan cepat memuat. Selain itu, pastikan nomor telepon bisnis Anda terlihat jelas di situs web tersebut.

Dengan persiapan-persiapan yang matang, Anda akan lebih mudah dalam pasang iklan telepon di Google Ads. Pastikan Anda selalu memantau dan mengoptimalkan iklan telepon tersebut agar menghasilkan hasil yang maksimal.

Cara Pasang Iklan Telepon di Google Ads Menggunakan AdWords Express


AdWords Express Indonesia

Cara memasang iklan telepon di Google Ads merupakan sebuah strategi pemasaran online yang sangat efektif bagi bisnis yang ingin meningkatkan penjualan. Salah satu fitur Google Ads yang cukup banyak digunakan oleh para pelaku bisnis yaitu AdWords Express. AdWords Express adalah produk iklan Google Ads yang didesain untuk memudahkan pengguna dalam memasang iklan online secara efektif dan cepat. Melalui AdWords Express, pengguna bisa memilih jenis iklan yang diinginkan dengan cara yang sangat mudah dan praktis.

Pertama-tama, pengguna harus mempersiapkan beberapa hal sebelum mengikuti panduan cara pasang iklan telepon di Google Ads menggunakan AdWords Express. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu:

1. Tentukan target pasar yang tepat

Sebelum memasang iklan telepon, tentukan terlebih dahulu target pasarmu agar iklanmu dapat diarahkan ke audiens yang benar-benar tertarik dengan produk atau layananmu. Tentukan lokasi yang ingin Anda targetkan, jenis bisnis atau produk, serta jenis target pasar yang Anda ingin sasar. Hal ini akan membantu Anda memperoleh hasil yang lebih maksimal.

2. Persiapkan iklan Anda

Persiapkan iklan telepon Anda dengan menyertakan informasi kontak lengkap yang mudah dijangkau oleh pelanggan. Hal penting yang harus diingat dalam menentukan kontak telepon adalah pastikan nomor telepon yang ditampilkan di iklanmu selalu dalam keadaan aktif.

3. Tentukan budget

Tentukan anggaran iklan yang ingin Anda keluarkan setiap hari. Anggaran iklan ini penting untuk memastikan bahwa Anda tidak mengeluarkan biaya iklan yang berlebihan.

Setelah hal-hal tersebut dipersiapkan, maka Anda siap memasang iklan telepon Anda di Google Ads menggunakan AdWords Express

Berikut adalah langkah-langkah cara pasang iklan telepon di Google Ads menggunakan AdWords Express:

1. Masuk ke akun AdWords Express Anda

Pertama-tama, buka website AdWords Express di komputer atau laptop Anda. Kemudian, klik tombol ‘Masuk’ pada sudut kanan atas layar. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan email dan kata sandi, lalu klik ‘Masuk’.

2. Buat Kampanye Baru

Setelah masuk, klik tombol ‘+ Kampanye Baru’. Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih jenis kampanye. Pilih ‘Telepon’ untuk membuat iklan telepon Anda. Selanjutnya, masukkan informasi bisnis Anda, seperti nama bisnis, nomor telepon, domain website dan deskripsi bisnis. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci yang tepat agar iklanmu bisa lebih efektif.

3. Tentukan target Anda

Pada bagian ini, Anda akan diminta untuk menentukan lokasi dan jenis target pasar Anda. Pilihlah lokasi yang tepat untuk mengarahkan iklanmu kepada pelanggan yang berada di wilayah tersebut. Selain itu, pilih jenis bisnis atau produk Anda agar iklanmu menargetkan prospek konsumen yang berminat pada layanan atau produk yang Anda tawarkan.

4. Tentukan anggaran iklan Anda

Tentukan anggaran harian Anda untuk iklan telepon. Anda bisa merubah anggaran kapan saja sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat memilih opsi pembayaran, apakah per klik atau per telepon. Setelah semua informasi diisi, klik “Buat Kampanye”.

5. Verifikasi Nomor Telepon Anda

Setelah Kampanye dibuat, Google Ads akan memberikan nomor telepon khusus untuk iklan Anda. Nomor tersebut akan ditampilkan pada iklan telepon Anda. Agar iklan benar-benar diteruskan ke nomor telepon Anda, Google Ads akan meminta Anda untuk memverifikasi nomor telepon tersebut.

6. Siap-Siap Menerima Panggilan Pelanggan

Setelah semua selesai, kampanye Anda sudah berjalan. Pelanggan yang melihat iklan telepon Anda dapat langsung menghubungi nomor yang ditampilkan pada iklan. Pastikan nomor telepon selalu aktif dan siap menerima panggilan dari pelanggan.

Dengan mengikuti panduan cara memasang iklan telepon di Google Ads menggunakan AdWords Express di atas, pelanggan dapat lebih mudah menjangkau bisnis Anda melalui nomor telepon yang digunakan pada iklan Anda. Dalam waktu singkat, iklan telepon Anda akan langsung tayang dan bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Oleh karena itu, manfaatkanlah AdWords Express untuk memasang iklan telepon Anda agar bisnis Anda semakin dikenal oleh konsumen.

Cara Pasang Iklan Telepon di Google Ads Menggunakan Kampanye Pencarian


Cara Pasang Iklan Telepon di Google Ads Menggunakan Kampanye Pencarian

Google Ads telah memberikan inovasi baru yaitu Kampanye Pencarian. Kampanye Pencarian ini memudahkan pelaku bisnis dalam memasang iklan di Google Ads. Kampanye Pencarian ini juga dilengkapi dengan fitur telepon di mana calon pembeli dapat mengontak langsung penjual melalui telepon.

Untuk memasang iklan telepon di Google Ads menggunakan Kampanye Pencarian Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Buat Akun Google Ads Anda

Langkah pertama adalah membuat akun Google Ads. Jika Anda sudah memilikinya, silakan langsung melakukan login. Jika belum, silakan daftar terlebih dahulu.

2. Buat Kampanye Pencarian

Dalam membuat Kampanye Pencarian, tentukan terlebih dahulu jenis bisnis Anda dan target pasar yang ingin dituju. Setelah itu buat iklan Anda dengan kata kunci yang tepat yang berkaitan dengan bisnis Anda. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur telepon agar konsumen dapat menghubungi Anda langsung melalui telepon.

3. Persiapkan Nomor Telepon Anda

Jangan lupa untuk menyediakan nomor telepon yang akan digunakan dalam fitur telepon iklan Anda. Pastikan nomor tersebut aktif dan mudah dihubungi oleh konsumen. Sebaiknya Anda juga merekam panggilan yang masuk agar bisa menganalisa bagaimana performa iklan Anda dan dapat memperbaikinya jika diperlukan.

4. Atur Anggaran dan Target Lokasi

Pada Kampanye Pencarian, Anda dapat menentukan anggaran harian dan target lokasi iklan Anda. Anda bisa menyesuaikan anggaran harian Anda dengan kapasitas bisnis Anda. Sedangkan untuk target lokasi, pilihlah daerah yang ingin Anda tuju agar iklan Anda dapat diprioritaskan bagi orang-orang yang mencari jasa atau produk di daerah tersebut.

5. Pantau Kinerja Iklan Anda

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, iklan Anda akan tampil di halaman hasil pencarian Google. Anda dapat memantau kinerja iklan Anda di Google Ads. Pantau terus kinerja iklan Anda untuk memperbaiki kekurangan dan terus meningkatkan performa iklan Anda.

Dengan adanya fitur telepon di Kampanye Pencarian ini, pelaku bisnis akan semakin dimudahkan dalam berbisnis. Sebab, konsumen lebih suka mengontak langsung melalui telepon dibandingkan dengan email atau chat. Maka, jangan sampai kehilangan potensi customer Anda dalam berbisnis.

Strategi Penggunaan Iklan Telepon di Google Ads untuk Bisnis Anda


Iklan Telepon Google Ads

Membuka bisnis tak melulu soal menjual produk atau jasa. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya promosi. Namun, dalam dunia digital, promosi harus dilakukan dengan cara yang tepat. Salah satunya dengan memasang iklan telepon di Google Ads.

Iklan telepon Google Ads merupakan sarana promosi berbayar dari Google Ads yang memungkinkan konsumen untuk langsung terhubung dengan bisnis Anda ketika mereka mengeklik iklan yang telah Anda pasang. Mereka dapat menelpon langsung untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ini merupakan cara yang efektif untuk memperluas jangkauan bisnis Anda karena konsumen dapat menghubungi Anda dengan mudah dan cepat, tanpa perlu mencari informasi terlebih dahulu.

Man in Office on Phone

Berikut beberapa strategi penggunaan iklan telepon Google Ads yang perlu Anda ketahui:

1. Membuat Iklan Telepon dengan Relevansi Tinggi

Pertama-tama, Anda perlu memastikan iklan telepon yang dibuat memiliki relevansi tinggi dengan kata kunci yang dipilih. Hal ini penting untuk memastikan bahwa iklan tampil ketika calon konsumen mencari produk atau jasa yang sama. Misalnya, jika bisnis Anda menjual baju, pastikan bahwa Anda memilih kata kunci yang relevan dengan produk tersebut seperti “baju murah” atau “baju wanita”. Ini akan meningkatkan kemungkinan calon konsumen akan menemukan iklan telepon Anda dan menghubungi bisnis Anda.

2. Menentukan Budget yang Sesuai

Setelah membuat iklan telepon dengan relevansi tinggi, langkah selanjutnya adalah menentukan budget yang sesuai agar iklan Anda dapat ditampilkan dengan maksimal. Anda dapat menentukan anggaran harian dan mengatur batas biaya untuk setiap kali telepon atau jumlah klik. Memperkirakan anggaran untuk iklan telepon sangat penting, karena ini akan mempengaruhi jumlah konversi yang Anda terima.

3. Melacak Kinerja Iklan

Setelah iklan Anda terpampang di Google, tahap selanjutnya adalah melacak kinerjanya. Anda dapat mengetahui hal-hal seperti berapa banyak kali iklan Anda ditampilkan, berapa kali iklan ditekan, dan berapa kali Anda menerima telepon dari konsumen. Informasi ini akan membantu Anda mengetahui kekurangan dan kelebihan iklan, serta mengukur bagaimana strategi iklan berpengaruh pada keuntungan bisnis.

4. Memberikan Pelayanan Konsumen yang Baik

Customer Service

Terakhir, Anda perlu memperhatikan pelayanan konsumen yang baik. Ketika iklan telepon Anda berjalan dan mulai mendapatkan panggilan, Anda harus siap memberikan pelayanan terbaik. Jawablah dengan cepat dan sopan, dan berikan jawaban yang relevan dengan pertanyaan konsumen. Dengan memberikan pelayanan yang baik, konsumen akan merasa puas dan kemungkinan besar akan melakukan pembelian atau bahkan merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.

Itulah beberapa strategi penggunaan iklan telepon di Google Ads yang dapat membantu bisnis Anda memperluas jangkauan dan meningkatkan konversi. Namun, selain memasang iklan telepon, perusahaan juga harus memperhatikan hal-hal lain seperti optimasi website dan strategi penggunaan PPC (Pay Per Click).

Praktik Terbaik Pasang Iklan Telepon di Google Ads agar Berhasil


cara memasang iklan telepon di google ads indonesia

Jika Anda ingin mengoptimalkan kampanye iklan Anda di Google Ads, maka memasang iklan telepon dapat menjadi opsi yang menarik. Iklan telepon adalah iklan di mana calon pelanggan dapat langsung menghubungi bisnis Anda melalui nomor telepon yang tercantum di iklan. Namun, kesalahan dalam memasang iklan telepon di Google Ads dapat menyebabkan iklan Anda tidak efektif dan bahkan hanya membuang-buang anggaran Anda tanpa hasil yang baik. Untuk itu, berikut adalah praktik terbaik dalam memasang iklan telepon di Google Ads agar berhasil.

1. Gunakan Nomor Telepon yang Benar dan Aktif


nomor telepon

Praktik terbaik pertama adalah gunakan nomor telepon yang benar dan aktif. Pastikan nomor telepon yang tertera di iklan Anda merupakan nomor telepon yang dapat dihubungi oleh calon pelanggan. Jangan sampai nomor telepon Anda tidak aktif atau salah nomor, sehingga calon pelanggan tidak bisa menghubungi Anda. Selain itu, pastikan nomor telepon tersebut juga mudah diingat oleh calon pelanggan. Contohnya, nomor telepon yang mudah diingat seperti nomor dengan pola 0800 atau 0809 akan lebih mudah diingat dibandingkan nomor telepon yang random.

2. Jadikan Iklan Telepon tampak Terpisah dengan Iklan Lainnya


iklan pisah

Praktik terbaik kedua adalah jadikan iklan telepon tampak terpisah dengan iklan lainnya. Pastikan iklan telepon Anda cukup menonjol sehingga orang yang melihat iklan Anda dapat dengan mudah melihat bahwa Anda memiliki opsi untuk dihubungi langsung melalui nomor telepon. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan embel-embel “Telepon Sekarang” atau “hubungi sekarang” pada iklan Anda.

3. Spesifikasikan Target Market Anda


target market

Praktik terbaik ketiga adalah spesifikasikan target market Anda. Pastikan bahwa iklan telepon Anda hanya akan ditampilkan pada target market yang lebih spesifik. Dalam menentukan target market, pastikan Anda mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi, gender, usia, serta minat dan perilaku. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan calon pelanggan Anda akan memperhatikan iklan Anda dan bahkan menghubungi Anda melalui nomor telepon yang tertera.

4. Sediakan Anggaran yang Cukup


anggaran

Praktik terbaik keempat adalah sediakan anggaran yang cukup. Pastikan Anda memiliki anggaran yang pas untuk iklan telepon Anda. Jangan sampai anggaran yang tidak cukup hanya membuat iklan telepon Anda tidak efektif. Perlu diketahui bahwa iklan telepon dapat membuat biaya iklan Anda lebih besar. Hal ini dikarenakan Google Ads akan menghitung biaya iklan Anda saat ada yang menghubungi melalui nomor telepon yang tertera.

5. Follow-up Dengan Segera


follow up

Praktik terbaik kelima adalah follow-up dengan segera. Setelah seseorang menghubungi melalui nomor telepon yang tertera pada iklan Anda, pastikan Anda meresponnya dengan segera. Dalam konteks ini, penting untuk memiliki customer support yang dapat menanggapi setiap panggilan dari pelanggan Anda. Hal ini dapat menciptakan kesan bahwa bisnis Anda ramah dan responsif terhadap kebutuhan pelanggan.

Inti dari praktik terbaik pasang iklan telepon di Google Ads agar berhasil adalah untuk memberikan kemudahan bagi calon pelanggan dalam menghubungi bisnis Anda. Dalam hal ini, pastikan nomor telepon Anda benar dan aktif, serta selalu tanggapi setiap panggilan dari calon pelanggan. Dengan mengikuti praktik terbaik ini, Anda dapat meningkatkan kesuksesan kampanye iklan Anda di Google Ads.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *