Cara Membuat Akun Google Ads untuk Perusahaan yang Berbeda di Indonesia

  • Whatsapp

Langkah-langkah Membuat Akun Perusahaan di Google Ads


Langkah-langkah Membuat Akun Perusahaan di Google Ads

Langkah-langkah membuat akun perusahaan di Google Ads disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda memiliki alamat email perusahaan dan akses akun Google Ads. Jika Anda belum memiliki akun Google Ads, Anda dapat mendaftar langsung di situs Google Ads di https://ads.google.com/intl/id_id/home/. Setelah Anda selesai mencocokkan data dan mengisi informasi yang dibutuhkan pada menu registrasi, ikuti langkah berikut untuk membuat akun perusahaan di Google Ads.

  1. Buka Google Ads dan pilih opsi “Buat akun” di pojok kanan atas.
  2. Setelah berhasil login dengan akun Google Anda, langkah awal adalah membuat akun Google Ads. Klik tombol “Buat akun” di pojok kanan atas untuk memulai proses registrasi akun Google Ads.

  3. Isi informasi akun perusahaan.
  4. Langkah berikutnya adalah mengisi informasi akun perusahaan Anda. Isi data yang diminta dengan benar. Pastikan bahwa Anda mencantumkan nama perusahaan, alamat email layanan pelanggan perusahaan, serta alamat website resmi perusahaan.

  5. Pilih tipe bisnis perusahaan.
  6. Pada langkah ini, pilih tipe bisnis perusahaan yang Anda jalankan. Google Ads menyediakan beberapa opsi pilihan, mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan besar. Pilih tipe bisnis yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

  7. Pilih pengaturan lokasi.
  8. Setelah memilih tipe bisnis, selanjutnya pilih opsi “Lokasi” untuk menyesuaikan lokasi perusahaan. Anda dapat menyesuaikan dengan target pasar bisnis Anda, baik itu nasional atau internasional.

  9. Pilih pengaturan mata uang perusahaan.
  10. Google Ads menyediakan beberapa mata uang yang dapat dipilih sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Pilih mata uang yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

  11. Buat kampanye perusahaan pertama Anda.
  12. Selanjutnya, buat kampanye perusahaan pertama Anda di Google Ads. Kampanye perusahaan harus dibuat sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Mulai dari membangun brand awareness hingga untuk menjangkau target pasar secara lokal atau internasional. Pilih tipe kampanye yang sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan.

  13. Buat iklan perusahaan yang menarik.
  14. Iklan perusahaan harus dibuat sepenarik mungkin agar dapat menarik perhatian dari calon konsumen. Terapkan teknik penulisan iklan yang efektif dan menarik untuk memperoleh hasil yang optimal.

Itulah beberapa langkah yang harus Anda jalankan saat membuat akun perusahaan di Google Ads. Pastikan bahwa Anda mengikuti instruksi dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan memiliki akun perusahaan di Google Ads, Anda dapat menjangkau target pasar secara efektif dan efisien.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Membuat Akun Perusahaan di Google Ads


Persyaratan yang Harus Dipenuhi untuk Membuat Akun Perusahaan di Google Ads

Agar dapat membuat akun perusahaan di Google Ads, terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa persyaratan tersebut:

1. Memiliki Alamat Email Dompet

Alamat email dompet yang dimaksud di sini adalah alamat email yang digunakan untuk transaksi pembayaran. Pastikan bahwa alamat email dompet yang digunakan adalah alamat email yang valid dan aktif.

2. Mempunyai Situs Web atau Aplikasi yang Valid

Salah satu syarat utama untuk membuat akun perusahaan di Google Ads adalah menyediakan situs web atau aplikasi yang valid. Situs web atau aplikasi yang valid artinya merupakan halaman web atau aplikasi yang tidak melanggar kebijakan Google dan memiliki kualitas yang baik sehingga tidak mengalami masalah teknis, seperti server down atau error.

Anda juga harus memastikan bahwa situs web atau aplikasi telah dikonfirmasi oleh Google. Konfirmasi situs web atau aplikasi tidak diperlukan untuk jenis layanan tertentu, seperti Google AdSense, Google AdMob, atau Google Ad Grants.

Untuk memastikan bahwa situs web atau aplikasi Anda telah dikonfirmasi, masuklah ke dalam akun Google Ads Anda dan periksa status akun Anda. Jika status akun Anda terbaca “Dikonfirmasi”, maka situs web atau aplikasi Anda valid. Namun, jika statusnya “Tertunda” atau “Belum Dikonfirmasi”, maka Anda harus melakukan verifikasi keaslian situs web atau aplikasi Anda terlebih dahulu.

3. Melengkapi Informasi Bisnis Anda dengan Lengkap

Anda harus mengisi informasi bisnis Anda dengan lengkap dan jelas saat melakukan pendaftaran akun Google Ads perusahaan. Beberapa informasi yang harus diisi di antaranya adalah nama perusahaan, alamat email, nomor telepon, alamat kantor, dan informasi tentang bisnis Anda.

Hal ini bertujuan agar Google dapat memastikan bahwa perusahaan yang Anda miliki adalah perusahaan yang sah dan beroperasi secara legal. Selain itu, informasi bisnis yang lengkap juga akan membantu Anda untuk memperoleh hasil yang lebih optimal pada iklan yang Anda tampilkan di Google Ads.

4. Membuat Metode Pembayaran yang Valid

Anda juga harus menyiapkan metode pembayaran yang valid untuk mengaktifkan akun perusahaan di Google Ads. Google Ads menyediakan beberapa opsi pembayaran, seperti pembayaran melalui transfer bank, kartu kredit, atau dompet elektronik. Pastikan bahwa metode pembayaran yang Anda pilih telah tersedia di negara Anda dan tidak mengalami kendala dalam proses pembayarannya.

Dengan memenuhi persyaratan di atas, Anda dapat membuat akun perusahaan di Google Ads dengan mudah dan lancar. Dalam penggunaannya, pastikan bahwa Anda mengikuti kebijakan Google dan strategi penggunaan iklan yang efektif sehingga dapat memberikan hasil optimal bagi bisnis Anda.

Membuat Profil dan Konfigurasi Pembayaran Akun Perusahaan Google Ads


Konfigurasi Pembayaran Akun Perusahaan Google Ads

Setelah berhasil membuat akun perusahaan pada Google Ads, Anda harus melakukan konfigurasi pembayaran terlebih dahulu sebelum dapat menjalankan kampanye iklan. Namun sebelumnya, pastikan akun perusahaan Anda sudah tercatat menjadi sebuah entitas hukum yang resmi di Indonesia sesuai dengan aturan perpajakan yang berlaku.

Berikut langkah-langkah untuk membuat profil dan melakukan konfigurasi pembayaran pada akun perusahaan Google Ads:

1. Membuat Profil Perusahaan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat profil perusahaan pada akun Google Ads. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengelola iklan pada akun Google Ads, khususnya jika Anda memiliki beberapa akun iklan yang akan dijalankan secara terpisah. Berikut cara membuat profil perusahaan pada Google Ads:

  • Login ke akun Google Ads Anda.
  • Klik pada opsi “Profil” pada menu “Pengaturan” yang tersedia di bagian kanan atas layar.
  • Pilih opsi “Profil Perusahaan” pada halaman “Profil”.
  • Isikan informasi perusahaan Anda secara lengkap mulai dari nama perusahaan, alamat, nomor telepon, hingga deskripsi perusahaan.
  • Klik pada tombol “Simpan” untuk menyimpan profil perusahaan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, profil perusahaan Anda akan tersimpan dan dapat digunakan untuk menjalankan kampanye iklan pada Google Ads.

2. Menambahkan Metode Pembayaran

Setelah memiliki profil perusahaan pada Google Ads, langkah selanjutnya adalah menambahkan metode pembayaran pada akun perusahaan tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memiliki sumber pendanaan yang tersedia untuk menjalankan kampanye iklan yang Anda inginkan. Berikut cara menambahkan metode pembayaran pada akun perusahaan Google Ads:

  • Login ke akun Google Ads Anda.
  • Klik pada opsi “Pengaturan” pada menu navigasi di bagian kiri layar.
  • Pilih opsi “Faktur dan pembayaran” pada halaman “Pengaturan”.
  • Pada halaman tersebut, klik tombol “Tambahkan pembayaran baru”.
  • Isikan informasi pembayaran Anda mulai dari nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, hingga alamat penagihan yang sesuai.
  • Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan metode pembayaran Anda.

Setelah Anda menambahkan metode pembayaran pada akun perusahaan Google Ads, akun Anda akan secara otomatis ditagih dengan biaya yang terkait apabila Anda melakukan pemasangan iklan melalui Google Ads.

3. Melakukan Konfigurasi Faktur Pajak dan Pajak

Setelah menambahkan metode pembayaran pada akun perusahaan Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi faktur pajak dan pajak. Hal ini penting dilakukan agar Anda terhindar dari risiko sanksi administrasi maupun pidana yang disebabkan oleh ketidaktelitian dalam pemenuhan kewajiban perpajakan. Berikut cara melakukan konfigurasi faktur pajak dan pajak pada akun perusahaan Google Ads:

  1. Login ke akun Google Ads Anda.
  2. Pilih opsi “Faktur dan pembayaran” pada menu navigasi di bagian kiri.
  3. Pada halaman “Faktur dan pembayaran”, klik opsi “Kelola Faktur Pajak”.
  4. Klik tombol “Tambahkan Faktur Pajak” dan isikan informasi faktur pajak Anda dengan lengkap.
  5. Setelah berhasil menambahkan faktur pajak, klik tombol “Kelola Faktur Pajak” kembali dan pilih opsi “Konfigurasi Pajak”.
  6. Pada halaman konfigurasi pajak, isikan informasi pajak Anda sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  7. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan konfigurasi faktur pajak dan pajak Anda.

Dengan melakukan konfigurasi faktur pajak dan pajak pada akun perusahaan Google Ads, Anda dapat menjalankan kampanye iklan Anda dengan rasa aman dan tenang tanpa perlu khawatir akan konsekuensi perpajakan yang merugikan.

Konfigurasi Faktur Pajak Akun Perusahaan Google Ads

Bagaimana Cara Mengelola Pengguna dalam Akun Perusahaan Google Ads


Pengguna di Google Ads

Setelah Anda berhasil membuat akun perusahaan di Google Ads, langkah selanjutnya adalah mengelola pengguna dalam akun tersebut. Hal ini sangat penting karena dengan mengelola pengguna, Anda dapat memberikan akses yang tepat kepada setiap orang di dalam perusahaan yang membutuhkannya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengelola pengguna dalam akun perusahaan Google Ads:

1. Membuat Pengguna Baru

Pengguna Google Ads baru

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mengelola pengguna dalam akun perusahaan Google Ads Anda adalah membuat pengguna baru. Untuk membuat pengguna baru, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka akun Google Ads Anda
  • Pilih menu “Pengaturan” di bagian kiri bawah layar
  • Pilih “Akses dan Accept” di menu pengaturan
  • Pilih “Tambahkan Pengguna” di bagian kanan atas layar

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi informasi pengguna baru, seperti nama, alamat email, dan peran pengguna dalam akun perusahaan Google Ads Anda.

2. Memberikan Akses Pengguna

Akses menuju Google Ads

Setelah membuat pengguna baru, langkah selanjutnya adalah memberikan akses pengguna ke dalam akun perusahaan Google Ads Anda. Anda dapat memberikan akses pengguna dengan level akses yang berbeda-beda, seperti akses pengguna sebagai administrator, pengiklan, atau pembaca saja.

  • Administrator memiliki akses penuh ke dalam akun perusahaan Google Ads Anda. Seorang administrator dapat melakukan semua tindakan dalam akun, seperti membuat kampanye iklan, mengubah pengaturan akun, mengelola pengguna lain, dan mengedit faktur.
  • Pengiklan hanya memiliki akses untuk membuat dan mengelola kampanye iklan dalam akun perusahaan Google Ads Anda. Pengiklan tidak dapat mengubah pengaturan akun atau mengedit faktur.
  • Pembaca hanya memiliki akses untuk melihat kampanye iklan dan faktur dalam akun perusahaan Google Ads Anda. Pembaca tidak dapat melakukan tindakan apa pun dalam akun tersebut.

Untuk memberikan akses pengguna, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka akun Google Ads Anda
  • Pilih menu “Pengaturan” di bagian kiri bawah layar
  • Pilih “Akses dan Accept” di menu pengaturan
  • Pilih nama pengguna yang ingin Anda berikan akses pengguna
  • Pilih level akses yang ingin Anda berikan ke pengguna tersebut
  • Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan

Setelah mengatur akses pengguna, pengguna baru tersebut dapat masuk ke dalam akun perusahaan Google Ads Anda dan mulai mengelola kampanye iklan atau melihat laporan faktur.

3. Menghapus Pengguna

Pengguna Google Ads dihapus

Jika suatu saat Anda ingin menghapus pengguna dari akun perusahaan Google Ads Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka akun Google Ads Anda
  • Pilih menu “Pengaturan” di bagian kiri bawah layar
  • Pilih “Akses dan Accept” di menu pengaturan
  • Pilih nama pengguna yang ingin Anda hapus dari akun perusahaan Google Ads Anda
  • Pilih tombol “Hapus Akses” untuk menghapus akses pengguna tersebut

Setelah menghapus akses pengguna, pengguna tersebut tidak dapat lagi mengakses akun perusahaan Google Ads Anda.

4. Menetapkan Pembatasan Biaya Harian untuk Pengguna

Pengaturan biaya harian pada Google Ads

Jika Anda ingin membatasi biaya harian untuk pengguna dalam akun perusahaan Google Ads Anda, Anda dapat mengatur pembatasan biaya harian pada level pengguna. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengatur pembatasan biaya harian:

  • Buka akun Google Ads Anda
  • Pilih menu “Pengaturan” di bagian kiri bawah layar
  • Pilih “Pengguna” di menu pengaturan
  • Pilih nama pengguna yang ingin Anda atur pembatasan biaya harian
  • Pilih “Kampanye” dan pilih kampanye yang ingin Anda batasi biaya harian pengguna
  • Pilih “Pembatasan Biaya Harian”, kemudian Anda dapat memasukkan batas biaya harian yang Anda inginkan untuk pengguna tersebut
  • Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan

Dengan mengatur pembatasan biaya harian pada level pengguna, Anda dapat memastikan bahwa pengguna tidak melebihi anggaran iklan yang telah diberikan pada mereka.

Mengelola pengguna dalam akun perusahaan Google Ads Anda sangat penting untuk memastikan bahwa setiap pengguna memiliki akses yang tepat dan sesuai dengan perannya dalam perusahaan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengelola pengguna dalam akun perusahaan Google Ads Anda dan mengoptimalkan kampanye iklan Anda.

Mengetahui Fitur-Fitur dan Manfaat Akun Perusahaan Google Ads Bagi Bisnis Anda


Bisnis

Jika Anda memiliki bisnis, pasti Anda ingin terus memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan revenue. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan iklan berbayar di Google Ads. Namun, apakah Anda tahu bahwa Anda dapat membuat akun perusahaan di Google Ads untuk memanfaatkan fitur-fitur dan manfaat yang lebih lengkap untuk bisnis Anda?

Berikut ini beberapa fitur dan manfaat dari akun perusahaan Google Ads:

1. Akses Multiple Users


Akses

Dalam akun perusahaan Google Ads, Anda dapat memberi akses multiple users. Ini sangat berguna jika Anda memiliki tim yang terlibat dalam pengelolaan kampanye iklan Anda. Dalam akun perusahaan, Anda dapat membuat akun-akun individu untuk setiap anggota tim Anda, memungkinkan mereka untuk mengakses iklan dan mengelolanya bersama.

2. Integrasi dengan Google My Business


Google My Business

Google My Business adalah layanan gratis dari Google yang memungkinkan bisnis untuk menampilkan informasi bisnis di hasil pencarian Google, termasuk informasi alamat, kontak, dan jam operasional. Dalam akun perusahaan Google Ads, Anda dapat mengintegrasikan akun My Business Anda untuk membantu mempercepat pembuatan kampanye iklan Google Ads Anda. Dengan informasi yang diambil langsung dari akun My Business, Anda tidak perlu mengisi ulang informasi yang sama dalam kampanye iklan Google Ads Anda.

3. Reporting Lebih Detail


Reporting

Fitur lain dari akun perusahaan Google Ads adalah kemampuan untuk melihat report yang lebih detail. Selain laporan standar seperti anggaran iklan dan klik, Anda juga dapat melihat laporan yang lebih detail seperti laporan geografis, perangkat yang digunakan, dan demografi target audience. Fitur-fitur ini sangat berguna untuk membantu Anda memahami performa kampanye iklan Anda dan menyesuaikan strategi berdasarkan data yang diperoleh.

4. Kampanye Iklan yang Lebih Besar


Kampanye Iklan

Dalam akun perusahaan Google Ads, Anda dapat memiliki kapasitas kampanye iklan yang lebih besar dibandingkan dengan akun Google Ads reguler. Anda dapat mengelola ribuan kampanye iklan dan ribuan kata kunci dengan lebih mudah, sehingga memperluas jangkauan pasar Anda.

5. Dukungan yang Lebih Baik


Dukungan

Ketika Anda membuat akun perusahaan Google Ads, Anda juga akan mendapatkan dukungan yang lebih baik dari Google. Anda akan diberikan akun manajer Google Ads yang akan membantu Anda mengoptimalkan dan meningkatkan performa kampanye iklan Anda. Anda juga akan mendapatkan akses ke sumber daya pelaporan dan tren industri terbaru, yang dapat membantu Anda membuat keputusan strategis.

Dalam kesimpulannya, membuat akun perusahaan di Google Ads adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin memaksimalkan performa kampanye iklan Anda dan memperluas jangkauan pasar bisnis Anda. Dengan fitur-fitur dan manfaat yang lebih lengkap, dan dukungan yang lebih baik dari Google, Anda dapat lebih mudah mencapai tujuan bisnis Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *