Cara Membuat Akun Iklan Google Ads di Indonesia: Panduan Lengkap

  • Whatsapp

Persyaratan untuk Membuat Akun Iklan Google Ads


Akun Iklan Google Ads

Google Ads merupakan salah satu platform periklanan online terbesar yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Membuat akun iklan Google Ads adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulai kampanye iklan. Sebelum membuat akun iklan Google Ads, pastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum Anda dapat membuat akun iklan Google Ads. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk membuat akun iklan Google Ads yang perlu Anda ketahui.

Syarat Membuat Akun Google Ads

1. Memiliki Akun Google
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda memiliki akun Google yang valid. Jika Anda menggunakan Gmail, maka Anda sudah memiliki akun Google dan selanjutnya hanya perlu mendaftarkan diri ke Google Ads. Namun, jika Anda belum memiliki akun Google, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Cara membuat akun Google sangat mudah dan gratis. Cukup buka website google.com atau gmail.com dan klik tombol “Sign In” di pojok kanan atas. Kemudian, klik “Create Account” dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

2. Memiliki Alamat Email dan Nomor Telepon yang Valid
Setelah Anda memiliki akun Google yang valid, pastikan bahwa alamat email dan nomor telepon Anda dapat diakses dengan mudah. Hal ini diperlukan untuk menghubungkan akun Google Ads Anda dengan data pribadi Anda. Selain itu, email dan nomor telepon juga digunakan oleh Google untuk menghubungi Anda jika diperlukan.

3. Memiliki Website atau Landing Page
Untuk membuat akun iklan Google Ads, Anda juga harus memiliki website atau landing page yang valid. Website tersebut nantinya akan dihubungkan dengan kampanye iklan Anda untuk membuat tautan yang dapat diklik oleh pengguna. Pastikan bahwa website atau landing page yang dimiliki memenuhi kualitas yang diperlukan oleh Google.

4. Memahami Kebijakan Google Ads
Sebelum membuat akun iklan Google Ads, pastikan bahwa Anda memahami kebijakan yang diterapkan oleh Google untuk platform periklanannya. Ada beberapa aturan dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh pengguna saat menggunakan Google Ads, mulai dari konten iklan hingga cara memasang iklan. Pastikan bahwa Anda telah membaca dan memahami kebijakan Google Ads sebelum memulai kampanye iklan Anda.

5. Menyiapkan Metode Pembayaran
Setelah akun iklan Google Ads Anda terdaftar, pastikan bahwa Anda memiliki metode pembayaran yang valid dan dapat diterima oleh Google. Google menerima beberapa metode pembayaran seperti kartu kredit, pembayaran melalui transfer bank, dan pembayaran melalui voucher. Pilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar iklan yang ditempatkan.

Maka, itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat membuat akun iklan Google Ads. Pastikan bahwa Anda memenuhi semua persyaratan tersebut sebelum membuat akun iklan Google Ads untuk memulai kampanye iklan Anda. Dengan memenuhi persyaratan tersebut, Anda akan lebih mudah dan lancar membuat akun iklan Google Ads serta melaksanakan kampanye iklan Anda.

Langkah-langkah Membuat Akun Iklan Google Ads


Google Ads Indonesia

Google Ads sangatlah penting sebagai alat pemasaran online. Dengan Google Ads, Anda dapat menempatkan iklan di halaman hasil pencarian Google sehingga bisnis Anda bisa dilihat oleh pengguna yang mencari produk atau jasa yang tersedia. Untuk memulai menggunakan Google Ads, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah membuat akun iklan Google Ads di Indonesia.

1. Buka Halaman Google Ads


Google Ads Indonesia

Langkah pertama adalah membuka halaman Google Ads dengan mengetik Google Ads pada mesin pencarian Google. Setelah itu, klik pada tautan yang muncul dan halaman awal Google Ads akan terbuka.

2. Klik Tombol “Mulai”


Google Ads Indonesia

Setelah membuka halaman Google Ads, klik tombol Mulai di sudut kanan atas. Tombol ini akan membawa Anda ke halaman login Google. Jika Anda sudah memiliki akun Google, masukkan alamat email dan kata sandi Anda pada kolom yang tersedia. Jika belum memiliki akun Google, klik tombol Buat Akun di bagian bawah layar dan ikuti petunjuk untuk membuat akun baru.

3. Setting Akun


Google Ads Indonesia

Setelah berhasil login, Anda akan dibawa ke halaman Setting di mana Anda perlu mengisi informasi mengenai akun iklan Anda, seperti nama perusahaan, metode pembayaran, dan faktur perusahaan. Pastikan Anda mengisi semua informasi yang diperlukan dengan benar agar tidak terjadi kesalahan pada penagihan nanti.

4. Pilih Jenis Iklan


Google Ads Indonesia

Setelah melakukan pengaturan akun, Anda akan dibawa ke halaman Jenis Iklan di mana Anda dapat memilih jenis iklan yang ingin ditampilkan. Ada banyak jenis iklan yang bisa dipilih, seperti iklan teks, iklan display, iklan video, dan iklan shopping. Pilih jenis iklan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

5. Buat Kampanye Iklan Baru


Google Ads Indonesia

Setelah memilih jenis iklan, Anda perlu membuat kampanye iklan baru. Pada halaman Kampanye Iklan, Anda dapat memilih jenis kampanye iklan yang ingin dibuat, seperti kampanye iklan penjualan, kampanye iklan awareness, dan kampanye iklan lalu lintas. Pilih jenis kampanye yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Dengan demikian, itulah langkah-langkah membuat akun iklan Google Ads. Pastikan Anda mengikuti semua langkah dengan benar agar pengguna bisa melihat iklan bisnis Anda dengan mudah. Jangan lupa baca terlebih dahulu syarat dan ketentuan sebelum mulai menggunakan Google Ads. Selamat mencoba!

Verifikasi Pembayaran untuk Akun Iklan Google Ads


Verifikasi Pembayaran untuk Akun Iklan Google Ads

Setelah berhasil membuat akun iklan Google Ads, tahap selanjutnya adalah melakukan verifikasi pembayaran. Hal ini sangat penting karena dengan verifikasi pembayaran, akun Anda akan dianggap sah dan siap digunakan untuk menampilkan iklan. Berikut adalah beberapa langkah untuk melakukan verifikasi pembayaran.

1. Pilih Metode Pembayaran

Pertama-tama, pilihlah metode pembayaran yang ingin Anda gunakan. Google Ads menyediakan beberapa metode pembayaran seperti transfer bank, kartu kredit, dan pembayaran online. Pastikan Anda memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

2. Isi Informasi Pembayaran

Setelah memilih metode pembayaran, Anda perlu mengisi informasi pembayaran seperti nomor rekening bank atau nomor kartu kredit. Pastikan informasi yang Anda berikan sudah benar dan sesuai dengan data yang dimiliki oleh bank atau penerbit kartu kredit.

3. Lakukan Pembayaran Verifikasi

Setelah mengisi informasi pembayaran, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran verifikasi. Pembayaran verifikasi adalah proses pembayaran kecil yang dilakukan oleh Google untuk memastikan bahwa metode pembayaran yang Anda gunakan dapat diterima dan valid. Jumlah pembayaran verifikasi cukup kecil, biasanya hanya beberapa ratus rupiah.

Untuk melakukan pembayaran verifikasi, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Buka Akun AdWords Anda.
  2. Pilih ‘Gear’ icon dan pilih ‘Billing & payments’
  3. Pada halaman ‘Payment Methods’, pilih opsi ‘Verify this payment method’
  4. Isi nomor kartu, lalu klik ‘Verify’
  5. Baca dan setujui ketentuan pembayaran, lalu klik ‘Submit’

Jika pembayaran verifikasi berhasil, maka selamat akun Anda sudah resmi terverifikasi dan siap digunakan untuk menampilkan iklan.

4. Cek Status Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran verifikasi, pastikan Anda juga memeriksa status pembayaran secara berkala. Cek apakah pembayaran Anda sudah terproses dan akun Anda sudah siap untuk digunakan. Anda bisa melakukan cek status pembayaran ini melalui halaman Billing & Payment pada akun Google Ads Anda.

Itulah beberapa langkah mudah untuk melakukan verifikasi pembayaran pada akun iklan Google Ads Anda. Dengan melakukan verifikasi pembayaran, akun Anda akan semakin terpercaya dan dapat diandalkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye iklan yang Anda jalankan. Jangan lupa untuk selalu memeriksa dan mengelola pembayaran secara baik dan benar agar tidak terjadi masalah keuangan pada bisnis Anda.

Menentukan Tujuan dan Sumber Dana Akun Iklan Google Ads


Tujuan dan Sumber Dana Akun Iklan Google Ads

Google Ads adalah platform iklan digital yang paling populer dan efektif untuk mempromosikan bisnis Anda secara online. Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh Google Ads, seperti membuka akses ke jutaan pengguna internet di seluruh dunia, menjangkau khalayak yang lebih tepat, serta meningkatkan kesadaran merek dan penjualan, menjadi penting bagi setiap bisnis untuk membuat akun Google Ads. Namun, sebelum mulai membuat akun iklan Google Ads, Anda harus mempertimbangkan tujuan dan sumber dana yang tersedia.

Tujuan Akun Iklan Google Ads

Tujuan akun iklan Google Ads harus menjadi dasar perencanaan dan eksekusi kampanye iklan Anda. Pada tahap perencanaan, Anda harus memutuskan tujuan apa yang ingin dicapai melalui kampanye iklan Google Ads, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan lalu lintas situs website, meningkatkan kesadaran merek, dan sebagainya.

Setelah menetapkan tujuan Anda, sekarang saatnya memahami khalayak target Anda. Dalam rangka mencapai tujuan Anda, Anda harus memastikan bahwa pesan iklan Anda menjangkau audiens yang tepat. Oleh karena itu, Anda harus menentukan siapa target audiens Anda, termasuk apa yang paling penting bagi mereka, usia, lokasi geografis, penghasilan, dan sebagainya.

Sumber Dana Akun Iklan Google Ads

Setelah menetapkan tujuan iklan Google Ads Anda, hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah sumber dana. Berapa biaya yang disiapkan untuk iklan Google Ads? Seberapa besar biaya yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda? Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan ketika menentukan sumber dana, seperti biaya iklan Google Ads, biaya pembuatan iklan, dan biaya manajemen iklan.

Biaya iklan Google Ads akan bergantung pada beberapa faktor seperti tawaran kata kunci, budget harian, jumlah klik, dan sebagainya. Ada juga berbagai opsi biaya iklan Google Ads seperti biaya per klik atau biaya per seribu tayangan. Tentukan cara optimal Anda menggunakan opsi biaya yang tersedia dan anggaran harian yang sesuai.

Tentu, akan berguna bagi Anda untuk merencanakan anggaran iklan Google Ads dengan benar. Carilah informasi tentang persaingan pada pasar kita mempertimbangkan faktor penentu biaya iklan seperti kata kunci yang dimaksudkan dan banyaknya koordinator penawaran pada market kita.

Kesimpulan

Mempertimbangkan tujuan dan sumber dana Anda sebelum membuat akun iklan Google Ads adalah langkah awal yang penting untuk memastikan kampanye iklan Anda berhasil. Dengan mempertimbangkan tujuan Anda dan menetapkan anggaran yang sesuai, Anda bisa mencapai audiens yang tepat pada saat yang tepat dengan biaya yang paling efektif. Jangan ragu untuk melakukan riset pasar Anda untuk merencanakan biaya anggaran iklan yang optimal dan sukses dalam berpromosi di Google Ads.

Kiat Meningkatkan Kinerja Akun Iklan Google Ads Anda


Meningkatkan Kinerja Akun Iklan Google Ads Anda

Sudah membuat akun iklan Google Ads tapi performa iklan belum terlalu memuaskan? Jangan khawatir, berikut adalah beberapa kiat yang dapat meningkatkan kinerja akun iklan Google Ads Anda:

1. Relevansi Iklan


Relevansi Iklan

Relevansi iklan dengan kata kunci atau target pasar sangat penting agar iklan Anda lebih menarik untuk dilihat dan diklik. Pastikan kata kunci yang digunakan dalam iklan sejalan dengan topik atau produk yang Anda tawarkan. Konten atau landing page yang digunakan dalam iklan juga harus baik dan menarik. Dengan begitu, pelanggan potensial akan lebih tertarik untuk mengeklik iklan Anda dan bahkan melakukan konversi.

2. Target Pasar yang Tepat


Target Pasar yang Tepat

Menentukan target pasar yang tepat sangat penting agar iklan Anda efektif dan lebih efisien. Cobalah untuk menargetkan iklan hanya pada pengguna yang potensial tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Misalnya, jika Anda menawarkan jasa kurir, maka target pasar yang tepat adalah mereka yang membutuhkan jasa pengiriman barang.

3. Mengoptimalkan Kata Kunci


Mengoptimalkan Kata Kunci

Mencari kata kunci yang tepat dan mengoptimalkannya sangat penting agar iklan Anda dapat ditemukan oleh pelanggan potensial. Cobalah untuk mencari kata kunci yang paling relevan dan setidaknya memiliki jumlah penggunaan yang cukup tinggi. Perlu diingat bahwa semakin banyak orang yang menggunakan kata kunci yang sama, semakin banyak persaingan yang harus Anda hadapi.

4. Menyesuaikan Iklan dengan Jenis Platform


Menyesuaikan Iklan dengan Jenis Platform

Setiap platform memiliki karakteristik yang berbeda, dan iklan yang Anda buat harus dapat disesuaikan dengan platform tersebut. Misalnya, iklan di Instagram dan Facebook harus lebih visual dan menarik, sementara iklan di Google lebih fokus pada tampilan teks. Untuk itu, pastikan Anda menyesuaikan iklan dengan jenis platform yang digunakan.

5. Mengadopsi Teknik Remarketing


Teknik Remarketing

Remarketing memiliki teknik yang berbeda-beda, mulai dari menargetkan pengguna yang sudah mengunjungi website Anda dan belum melakukan konversi hingga menargetkan pelanggan yang sudah melakukan transaksi sebelumnya. Dengan teknik ini, Anda dapat berfokus pada pelanggan yang sudah terbiasa dengan brand Anda atau bahkan terus memperkenalkan produk baru ke pelanggan yang sudah membeli sebelumnya.

Dalam membuat akun iklan Google Ads, Anda harus selalu mengoptimalkan performa iklan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Dengan kiat-kiat di atas, diharapkan performa iklan dapat meningkat secara signifikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *