Cara Menautkan Google Ads ke Google Analytics di Indonesia

  • Whatsapp

Cara Membuat Akun di Google Ads


Cara Membuat Akun di Google Ads

Jika ingin memasang iklan di Google Ads, pertama-tama, kita harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa membuat akun di Google Ads. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat akun di Google Ads:

  1. Buka Situs Google Ads
    Pertama-tama, kamu perlu buka situs Google Ads yang dapat diakses melalui link https://ads.google.com/home/
  2. Daftar
    Setelah masuk ke situs Google Ads, klik tombol “Mulai sekarang”. Setelah itu, kamu perlu mendaftar menggunakan akun Google. Jika kamu belum mempunyai akun Google, kamu perlu daftar terlebih dahulu dengan mengisi formulir yang diberikan.
  3. Pilih Tujuan Utama Iklanmu
    Setelah membuat akun Google Ads, kamu perlu memilih tujuan utama iklanmu. Ada beberapa pilihan tujuan utama yang dapat dipilih, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan lalu lintas ke situs webmu, meningkatkan kesadaran merekmu, dan masih banyak lainnya.
  4. Buat Kampanye Baru
    Setelah memilih tujuan utama, kamu akan diarahkan ke halaman kampanye. Kampanye adalah grup iklan yang memiliki tujuan dan pengaturan yang sama. Pada halaman ini kamu bisa memilih jenis kampanye yang kamu inginkan. Misalnya, memilih tipe kampanye display, search atau video.
  5. Pengaturan Kampanye
    Setelah memilih jenis kampanye, kamu akan di arahkan ke halaman pengaturan kampanye. Kamu akan diminta mengisi beberapa kolom dan pengaturan, seperti negara dan waktu tayang iklanmu.
  6. Metode pembayaran
    Setelah selesai mengisi pengaturan kampanye, kamu akan diarahkan ke halaman metode pembayaran. Pada halaman ini kamu bisa memilih metode pembayaran yang akan digunakan untuk membayar iklanmu. Kamu bisa memilih antara menggunakan kartu kredit atau menggunakan transfer.
  7. Unggah Iklanmu
    Setelah memilih metode pembayaran, saatnya kamu mengunggah iklanmu. Kamu perlu membuat iklan sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Google, yang meliputi format iklan, ukuran file, dan masih banyak lainnya. Kemudian unggah iklanmu ke Google Ads.
  8. Selesaikan Pengaturan dan Simpan
    Setelah selesai mengunggah iklanmu, kamu perlu meninjau dan mengatur pilihan pembayaranmu. Pastikan semua pengaturan telah kamu isi dengan benar sebelum menyimpan kampanyemmu.

Setelah semua tahap selesai, kamu sudah bisa memasang iklanmu di Google Ads dan dapat menyesuaikannya kapan saja sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memulai beriklan di Google Ads!

Cara Menambahkan Kode Pelacakan ke Situs Web Anda


cara tambah kode pelacakan google ads di analyze google

Jika Anda ingin menggunakan Google Ads untuk memasarkan bisnis Anda, maka Anda perlu memahami tentang penggunaan kode pelacakan. Kode pelacakan Google Ads membantu Anda memantau kinerja iklan Anda dan mengetahui bagaimana iklan Anda berkinerja di situs web Anda. Dengan mengetahui data ini, Anda dapat memahami kebutuhan pelanggan Anda dan lebih efektif dalam memasarkan produk atau layanan Anda. Bagaimana cara menambahkan kode pelacakan ke situs web Anda? Di sini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka akun Google Ads yang Anda miliki dan masuklah ke dalam dashboard Google Ads Anda

Langkah 2: Pada menu di sisi kiri dashboard, pilih opsi “Pelacakan” dan klik pada “Suatu koneksi ke situs web saya”.

Langkah 3: Klik tombol “Setup” pada layar berikutnya.

Langkah 4: Masukkan informasi dalam kotak “Buat kode pelacakan Anda” dan isi dengan nama website Anda dan URL halaman ini. Pastikan bahwa nama website dan URL adalah benar.

Langkah 5: Pilih jenis pelacakan yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Dalam kasus ini, kita akan menggunakan “Pelacakan Global Situs Web”.

Langkah 6: Pilih “Kirim Dan Simpan” untuk menyelesaikan langkah ini.

Langkah 7: Salin kode pelacakan Google Ads yang dihasilkan dan tambahkan ke setiap halaman di situs web Anda

cara tambah kode pelacakan

Langkah 8: Setelah kode di tambahkan ke setiap halaman, verifikasi kode dengan menggunakan alat verifikasi kode pelacakan Google di dalam dashboard Google Ads Anda. Jika verifikasi kode pelacakan sukses, maka pelacakan Google Ads akan dimulai.

Dengan begitu, Anda telah berhasil menambahkan kode pelacakan Google Ads ke situs web Anda. Sekarang Anda bisa mulai melacak kinerja iklan dan menentukan target pelanggan Anda yang tepat berdasarkan data yang Anda peroleh. Menggunakan kode pelacakan Google Ads sangat penting jika Anda ingin meningkatkan efektivitas iklan dan memahami kinerja iklan Anda.

Cara Menghubungkan Google Ads ke Google Analytics


Google Ads dan Google Analytics Logo

Google Ads dan Google Analytics adalah dua platform terapis yang sering digunakan oleh bisnis online untuk mengembangkan bisnis mereka. Sebagian besar pengiklan online menggunakan Google Ads untuk membuat iklan mereka, sedangkan Google Analytics digunakan sebagai alat untuk mengetahui statistik situs web dan perilaku pengunjung. Dengan menghubungkan akun Google Ads dan Google Analytics, Anda dapat memahami bagaimana kampanye iklan Anda bekerja secara lebih baik dan dapat memperoleh hasil yang lebih baik dari kampanye Anda. Kami akan membahas dengan rinci cara menghubungkan Google Ads ke Google Analytics.

1. Buat Google Ads dan Google Analytics Accounts


Google Ads
Google Analytics

Anda harus membuat akun Google Ads dan Google Analytics sebelum menghubungkan keduanya. Jika Anda belum membuat akun, Anda dapat membuatnya dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan di situs web masing-masing platform. Pastikan akun yang Anda buat menggunakan alamat email yang sama.

2. Buat keduanya mengaktifkan otomatisaši pengukuran link Google Ad


Google Ads
Google Analytics

Setelah membuat akun Google Ads dan Google Analytics, Anda harus mengaktifkan fitur otomatisasi pengukuran link Google Ad. Dalam akun Google Ads, klik “Tautan ke Situs Web” dan buka tab “Baru”. Di tab tersebut, centang kotak untuk “Mengukur konversi” dan “Menghubungkan ke akun Google Analytics”.

Setelah mengaktifkan fitur ini, satu set parameter pengukuran akan otomatis ditambahkan ke setiap link iklan Google Ad menggunakan tag iklan Google Ads yang akan menutup pengukuran dari kode pelacakan Anda. Dalam kata lain, pelacakan ini akan otomatis berjalan di belakang layar.


3. Mulai Menghubungkan Akun


Google Ads
Google Analytics

Sekarang, Anda harus mulai menghubungkan akun Google Ads ke Google Analytics. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

* Masuk ke akun Google Analytics dan klik “Administrasi”.

* Pilih “Properti” dan buka “Link Data-nya” baru.

* Dalam adegan “Tautkan produk ini ke Google Ads,” pertimbangkan kotak “Menghubungkan produk ini ke Google Ads” dan lalu pilih “Google Ads Account” yang akan dihubungkan ke Google Analytics.

* Setelah Anda memilih akun Google Ads, Anda dapat membuat sesi tujuan “Mengukur” dan “Menyimpan” pengaturannya.

* Setelah Anda menyelesaikan proses ini, Google Analytics dan Google Ads akan terhubung dan Anda dapat melihat data iklan Google Ads di laporan Google Analytics Anda.

Jangan khawatir jika Anda gagal, Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini dan berusaha untuk menghubungkan ulang kedua akun Anda.


4. Mulai Melacak Kampanye dan Konversi Anda


Google Ads
Google Analytics

Saat kedua platform terhubung, Anda dapat mulai melacak kampanye iklan Anda dan konversi Anda di Google Analytics.

* Masuk ke akun Google Analytics Anda dan buka tab “Acquisition”.

* Pilih “Kampanye” di bawah opsi “Semua Traffic”.

* Di sini, Anda akan melihat data tentang iklan Google Ads dan konversi yang terhubung ke akun Google Analytics Anda.

Melalui laporan ini, Anda dapat melacak kinerja iklan Anda dan mengetahui kampanye mana yang paling berhasil, sehingga membantu Anda membuat keputusan penganggaran dengan lebih baik untuk kampanjer Anda selanjutnya.

Kamu sekarang tahu segala sesuatu yang harus diperhatikan dalam cara menghubungkan Google Ads ke Google Analytics. Bahkan jika Anda sudah terbiasa dengan mereka, keduanya akan menjadi software yang sangat membantu dan memaksimalkan kesuksesan kampanye iklan Anda. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk memperhatikan keamanan data Anda.

Cara Menggunakan Data Analytic untuk Mengoptimalkan Iklan


Data Analytic

Data analytic merupakan hal yang sangat penting dalam iklan. Dengan menggunakan data analytic, kita dapat mempelajari perilaku pengguna internet saat melihat iklan. Dengan memahami perilaku mereka, kita dapat memilih kategori target yang tepat dan memilih strategi pemasaran yang efektif. Berikut adalah beberapa cara menggunakan data analytic untuk mengoptimalkan iklan.

1. Memahami Perilaku Pengguna Internet


Perilaku Pengguna Internet

Dengan menggunakan data analytic, kita dapat memahami perilaku pengguna internet. Apa yang mereka cari, kapan mereka aktif, dan apa saja yang mereka sukai. Dengan memahami perilaku pengguna intenet, kita dapat memilih kategori target yang tepat dan memilih strategi pemasaran yang efektif.

2. Membuat Iklan yang Menarik


Membuat Iklan yang Menarik

Dengan menggunakan data analytic, kita dapat memahami perilaku pengguna internet. Dari data analytic, kita dapat melihat mana iklan yang paling sering diklik, dan mana iklan yang paling berhasil menarik perhatian pengguna. Dengan memahami perilaku pengguna internet, kita dapat membuat iklan yang lebih menarik dan efektif.

3. Meningkatkan Jangkauan Iklan


Meningkatkan Jangkauan Iklan

Dengan menggunakan data analytic, kita dapat memilih kategori target yang tepat. Dari data analytic, kita dapat melihat karakteristik dan perilaku pengguna internet dari kategori tersebut. Dengan memilih kategori target yang tepat, kita dapat meningkatkan jangkauan iklan dan meningkatkan efektivitas pemasaran.

4. Menentukan Strategi Pemasaran yang Efektif


Strategi Pemasaran

Dengan menggunakan data analytic, kita dapat memahami perilaku pengguna internet, memilih kategori target yang tepat, dan membuat iklan yang menarik. Dari data analytic, kita juga dapat melihat bagaimana strategi pemasaran kita akan berperforma. Dari data analytic, kita dapat melihat berapa banyak pengguna internet yang terkena pemasaran kita dan berapa banyak yang membeli produk kita. Dari data analytic, kita dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan keberhasilan pemasaran kita.

Demikianlah beberapa cara menggunakan data analytic untuk mengoptimalkan iklan. Penting untuk diingat bahwa data analytic merupakan hal yang sangat penting dalam pemasaran dan dapat membantu kita untuk meningkatkan keberhasilan iklan kita.

Cara Menambahkan Tujuan Pengukuran untuk Mengukur Kinerja Kampanye Iklan Anda


Google Ads Analytics in Indonesia

Saat Anda memulai kampanye iklan di Google Ads, penting untuk menentukan tujuan pengukuran yang spesifik agar Anda dapat melacak kinerja kampanye dan mengetahui apakah investasi iklan Anda terbayarkan. Tidak hanya itu, dengan menambahkan tujuan pengukuran, Anda dapat melihat data lebih detail dan menyesuaikan strategi kampanye iklan Anda sesuai dengan tujuan Anda. Berikut adalah beberapa cara menambahkan tujuan pengukuran untuk kampanye iklan Anda:

1. Menentukan Tujuan Kampanye Iklan Anda

Google Ads Campaign Goals

Langkah pertama untuk menambahkan tujuan pengukuran adalah dengan menentukan tujuan kampanye iklan Anda. Tujuan ini dapat berbeda-beda tergantung pada jenis kampanye yang Anda jalankan dan jenis bisnis Anda. Beberapa tujuan yang umumnya digunakan dalam kampanye iklan di Google Ads adalah:

  • Peningkatan penjualan atau konversi
  • Peningkatan kesadaran merek atau brand awareness
  • Peningkatan lalu lintas atau traffic ke website Anda
  • Peningkatan instalasi aplikasi atau penggunaan layanan Anda

Setelah Anda menentukan tujuan kampanye iklan Anda, langkah selanjutnya adalah menambahkan tujuan pengukuran yang sesuai.

2. Menambahkan Tujuan Pengukuran melalui Google Ads Editor

Google Ads Editor

Google Ads Editor adalah alat yang berguna untuk mengatur kampanye iklan Anda secara lebih efisien. Cara menambahkan tujuan pengukuran melalui Google Ads Editor adalah:

  1. Buka Google Ads Editor dan pilih kampanye iklan yang ingin Anda tambahkan tujuan pengukuran.
  2. Pilih “Tools” dan pilih “Conversions”.
  3. Klik “Add Conversion” untuk menambahkan tujuan pengukuran baru.
  4. Isi detail tujuan pengukuran Anda seperti nama, nilai, dan tindakan yang harus diambil.
  5. Setelah selesai mengisi detail tujuan pengukuran, tekan “Save”.

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan tujuan pengukuran ke kampanye iklan Anda dengan memilih tujuan dari daftar yang tersedia saat membuat kampanye iklan baru atau menambahkan tujuan pengukuran ke kampanye iklan yang sudah ada.

3. Menambahkan Tujuan Pengukuran melalui Google Ads Interface

Google Ads Interface

Menambahkan tujuan pengukuran juga dapat dilakukan melalui Google Ads Interface. Cara ini dapat dilakukan secara langsung pada kampanye iklan yang sudah ada atau saat Anda membuat kampanye iklan baru. Berikut adalah langkah-langkah menambahkan tujuan pengukuran melalui Google Ads Interface:

  1. Buka Google Ads Interface dan pilih kampanye iklan yang ingin Anda tambahkan tujuan pengukuran.
  2. Pada menu sebelah kiri, klik “Settings”.
  3. Klik “Conversions” dan pilih “Conversion Actions”.
  4. Klik “Add Conversion” untuk menambahkan tujuan pengukuran baru.
  5. Isi detail tujuan pengukuran Anda seperti nama, nilai, dan tindakan yang harus diambil.
  6. Setelah selesai mengisi detail tujuan pengukuran, tekan “Create and Continue” dan tambahkan tujuan pengukuran ke kampanye iklan Anda.

4. Menganalisis Kinerja Kampanye Anda dengan Tujuan Pengukuran

Google Ads Analytics in Indonesia

Sekarang, setelah Anda menambahkan tujuan pengukuran, Anda dapat mulai melacak kinerja kampanye Anda. Google Ads akan memperbarui data kinerja kampanye Anda secara otomatis setelah seseorang melakukan tindakan yang sesuai dengan tujuan pengukuran Anda, seperti mengunjungi landing page atau melakukan pembelian. Berikut adalah beberapa hal yang dapat diperoleh dari data kinerja kampanye iklan Anda:

  • Jumlah klik dan tayangan iklan Anda
  • Tingkat konversi dari kampanye Anda
  • Nilai transaksi dan pengembalian investasi iklan Anda
  • Lokasi, jenis perangkat, dan waktu tayang iklan yang paling efektif

Data ini dapat membantu Anda dalam menyesuaikan strategi kampanye iklan Anda dan memaksimalkan investasi iklan yang sudah Anda lakukan.

5. Optimalkan Kampanye Iklan Anda Berdasarkan Data Kinerja

Google Ads Optimization

Setelah memiliki data kinerja kampanye iklan Anda, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan kampanye iklan Anda berdasarkan data tadi. Anda dapat mengubah strategi tayang iklan berdasarkan lokasi, jenis perangkat, atau waktu tayang yang paling efektif untuk meningkatkan performa kampanye Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengubah jenis iklan atau penargetan iklan untuk mencapai tujuan pengukuran yang sudah Anda tentukan.

Dalam mengoptimalkan kampanye iklan Anda, jangan lupa untuk terus memperbaharui tujuan pengukuran Anda agar sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Dengan menambahkan tujuan pengukuran dan menganalisis kinerja kampanye iklan Anda secara teratur, Anda dapat meningkatkan efektivitas kampanye iklan Anda dan memaksimalkan investasi iklan Anda. Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam mengelola kampanye iklan di Google Ads.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *