Cara Merawat Kerajinan Kayu Agar Tetap Awet dan Tampak Baru

By | Juni 9, 2021

Cara Merawat Kerajinan Kayu Agar Tetap Awet dan Tampak Baru

 

Kerajinan Kayu Untuk menambah keaestetikan rumahmu, kamu bisa menambah pernak-pernik kerajinan kayu di berbagai ruangan yang ada. Dengan menambah pernak-pernik seperti kursi kayu, lemari kayu, ataupun lampu dengan ukiran kayu, dapat membuat rumah kamu menjadi lebih mewah ala kerajaan masa lalu. Adanya berbagai pernak-pernik tersebut jarang sekali orang-orang yang paham dengan cara merawat kerajinan tersebut. Nah, pada artikel ini kamu akan mendapatkan informasi seputar cara merawat kerajinan kayu agar tetap awet dan tampak baru.

Tips Merawat Kerajinan Kayu

Bagi rumah kamu yang memiliki pernak-pernik kerajinan kayu dan sudah terlihat lama dan berdebu. Berikut adalah beberapa tips untuk kamu merawat kerajinan kayu kamu.

Kerajinan Kayu Mentah

Banyak kerajinan kayu yang belum diberikan anti minyak atau pelitur sebagai pelapis kerajinan kayu tersebut. biasnya kayu yang belum dilapisi oleh pelitur sangat disukai oleh rayap-rayap dan dapat mengalami pelapukan lebih cepat daripada kerajinan kayu yang telah dilapisi pelitur. Untuk menjaga keindahan dan keawetan kerajinan kayu ini kamu dapat mengikiti beberapa cara di bawah ini.

  1. Gosok searah permukaan kerajinan kayu kamu dengan menggunakan amplas sampai sudut-sudutnya halus.
  2. Bersihkan sisa-sisa amplasan dengan kuas agar semua sisa amplasan dapat terangkat
  3. Oleskan cairan linseed oil dengan kuas. Tunggu hingga oil tersebut meresap.
  4. Gunakan lap yang bersih untuk meratakan sisa cairan yang belum kering
  5. Kamu dapat melakuakan kegiatan 2 dan 3 kembali hingga kamu merasa bahwa oil yang kamu oleskan dapat cukup menutupi kerajinan tanganmu.

Dengan mengolesi kerajinan kayu yang kamu miliki dengan linseed oil kamu dapat menjaganya dari serangan rayap, karena rayap tidak dapat masuk ke dalam kayu yang dilapisi oleh linseed oil.

Kerajinan Kayu Hasil Finishing

Kerajinan kayu yang melakukan finishing berarti sudah diolesi dengan minyak pelitur agar kerajinan kayu tampak mengkilap dan awet. Untuk merawat kerajinan tangan yang sudah di olesi dengan pelitur kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Membersihkan kerajinan kayu menggunakan kain bersih yang kering
  2. Kamu dapat mengolesi furniture wax pada kain yang kamu gunakan tersebut. ketika kamu membersihkannya kamu dapat menyapu atau mengosok dengan searah.

Dengan cara yang ada di atas kamu dapat mengulainnya ketika kamu merasa bahwa kerajinan kayu yang kamu miliki tampak lama dan kusam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *