Komunikasi Interpersonal
Komunikasi Interpersonal

Memahami Pengertian dan Tujuan Komunikasi Interpersonal

Diposting pada

Memahami Pengertian dan Tujuan Komunikasi Interpersonal

Komunikasi Interpersonal – Pasti kalian pernah berbicara dengan teman, saudara, mengobrol bersama keluarga, dan lain sebagainya. Tanpa kalian sadari, yang kalian lakukan adalah sebuah bentuk praktik komunikasi interpersonal. Kira-kira apa itu komunikasi interpersonal? Yuk simak baik-baik artikel di bawah ini.

Pengertian Komunikasi Interpersonal

Kalian mungkin pernah mendengar kata interpersonal. Ya, tepat sekali, interpersonal yaitu antara satu individu dengan individu lainnya. Nah kalau komunikasi interpersonal kira-kira gimana ya. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan komunikasi dua arah dan secara verbal ataupun non verbal. Di mana, dalam suatu hubungan komunikasi interpersonal ada terjadinya proses pertukaran informasi yang saling membutuhkan.

Biasanya komunikasi interpersonal ini tidak diatur secara formal. sehingga dibawakan lebih santai dan menyenangkan. Dalam praktik komunikasi interpersonal, seorang pembicara atau pun pendengar akan saling mendapatkan informasi yang ingin ia dapatkan. Misalnya pembicara menceritakah masalah pertemanannya kemudian ia mendapatkan timbal balik dari pendengar dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai permasalahan yang ia ceritakan.

Tujuan dari Komunikasi Interpersonal

Apa yang diterapkan di kehidupan kita pasti memiliki tujuan yang baik. Komunikasi interpersonal juga memiliki beberapa tujuan. Berikut adalah tujuan dari komunikasi interpersonal :

  • Pertukaran informasi antara individu satu dengan yang lainnya memiliki tujuan untuk mengirimkan informasi kepada pendengar dan juga menerima informasi dari pembicara. Kegiatan ini terlaksanakan seperti umpan balik antara pembicara dengan pendengar.
  • Memunculkan sebuah perasaan dari semua individu yang terlibat ketika proses pertukaran informasi tersebut terjadi. Permainan emosi ini merupakan hasil dari pengalaman partisipan antara individu tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal ini dapat memunculkan perasaan dari apa yang diberikan oleh pemilik informasi.

Memberi Motivasi

Dampak lain dari komunikasi interpersonal ini adalah dapat menumbuhkan motivasi atau memberikan motivasi kepada lawan bicara. Misalnya ketika menyeritakan masalah pertemanan, si pendengar memberikan tanggapan berupa nasihat dan motivasi kepada pembicara yang menceritakan masalah tersebut.

Memperbanyak Relasi

Dengan berkenalan dan berbicara dengan banyak orang akan menambah relasi dan jaringan pertemanan kita. Dengan memiliki relasi yang banyak akan memudahkan kita dalam melaksanakan segala kegiataan dan dapat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Demikianlah artikel mengenai komunikasi interpersonal yang memiliki segudang manfaat yang dapat memudahkan kita dalam bersosialisasi dan mengenal manusia lainnya, sehingga kehidupan akan menjadi lebih aman, tentram, dan damai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *