SehatQ – Mengenal Hipertermia, Gejala, Penyebab, Pengobatan, & Pecegahannya

By | Agustus 30, 2021

SehatQ – Mengenal Hipertermia, Gejala, Penyebab, Pengobatan, & Pecegahannya

Setiap orang di dunia ini pasti pernah mengalami serangan penyakit. Entah itu penyakit apa, namun pastinya sangat tidak menyenangkan. Pada pembahasan kali ini fokus kami ingin memberikan para pembaca informasi lengkap mengenai penyakit Hipertermia. Mungkin nama penyakit ini tergolong asing bagi pendengaran sebagian besar masyarakat. Secara singkat, hipertermia merupakan suatu penyakit yang mempengaruhi peningkatan suhu pada tubuh manusia. Dalam artian, orang yang terkena hipertermia akan mengalami perubahan suhu yang cukup panas pada tubuh.

Orang yang mengalami hipertermia akan merasakan suhu tubuh naik melebihi suhu normal. Biasanya berada di sekitar angka suhu kurang-lebih 40 derajat celcius. Mungkin masyarakat lebih mengenal kondisi peningkatan suhu pada tubuh ini dengan penyakit demam, namun itu salah!. Secara harfiah, penyakit hipertermia itu berbeda dengan demam. Pemicu demam biasanya terjadi karena suatu infeksi virus atau bakteri. Sedangkan hipertermia itu sendiri terjadi karena tubuh tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan suhu panas pada lingkungan sekitar.

Oleh sebab itu suhu tubuh akan meningkat melebihi suhu normal pada umumnya. Untuk mengenali gejala pernyakit, penyebab, tips pengobatan, hingga cara pencegahan hipertermia. Anda bisa membacanya di bawah ini.

Gejala Hipertermia

Gejala paling utama dari hipertermia ialah suhu tubuh berada di atas 40°C. Namun masih ada juga gejala-gejala lain yang dapat ditimbulkan oleh penyakit ini. Beberapa gejala di antaranya ialah sebagai berikut ini

  • Denyut jantung lemah dan berdetak cepat
  • Warna kulit kemerahan
  • Tubuh gerah, haus, bahkan lelah
  • Kejang-kejang
  • Tubuh sulit berkeringat
  • Mudah bimbang
  • Sakit kepala
  • Mudah marah
  • Kram otot
  • Tubuh lemas dan mual

Jika Anda merasakan beberapa gejala di atas. Saran kami segeralah pergi ke dokter agar diberikan penanganan terbaik. Jika dibiarkan begitu saja bisa menyebabkan kondisi yang lebih parah lagi hingga koma.

Penyebab Hipertermia

Penyebab utama hipertermia disebabkan oleh paparan suhu tinggi atau panas berlebihan pada tubuh. Orang bisa saja menderita penyakit ini karena daya imun tubuh lemah sehingga mereka tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan suhu panas yang terjadi pada lingkungan sekitarnya. Sedangkan, ada juga beberapa penyebab lain yang bisa menimbulkan hipertermia. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Kurang mengkonsumsi air mineral
  • Memaksakan diri melakukan aktivitas berlebihan
  • Berlama-lama di dalam ruangan yang panas, apalagi tidak memiliki sirkulasi udara
  • Memakai pakaian tebal yang dapat menyebabkan tubuh menjadi panas
  • Keracunan obat, seperti obat simpatomimetik, antikolinegik, dan lain-lain

Pengobatan Hipertermia

Pengobatan Hipertermia

Pengobatan Hipertermia

Beberapa langkah awal yang bisa Anda coba untuk melakukan penanganan pertama hipertermia adalah minum air mineral secukupnya dan usahakan hindari minuman dingin, cobalah untuk berada di tempat yang sejuk atau memiliki sirkulasi udara yang baik, serta hindari minuman-minuman yang mengandung kafein.

Namun, jika beberapa penanganan tersetbut masih belum membuahkan hasil. Kami sarankan kepada Anda untuk melihat tips pengobatan dan pencegahan hipertermia melalui laman Direktori Penyakit di situs SehatQ.

Pencegahan Hipertermia

Cara mencegah hipertermia sebenarnya hampir sama dengan cara pengobatan di atas. Namun ada beberapa poin yang berbeda, yaitu beristirahat dengan cukup di tempat yang sejuk dan nyaman, hindari lingkungan atau ruangan yang memilik suhu panas, hindari juga cuaca panas yang berlebihan, dan yang paling penting jangan sampai tubuh dehidrasi.

Nah, jadi itulah dia pembahasan singkat mengenai hipertermia yang telah kami rangkum dalam pembahasan kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini kami buat. Jika Anda merasa artikel ini menarik dan juga bermanfaat. Silahkan share artikel ini, terimakasih.

One thought on “SehatQ – Mengenal Hipertermia, Gejala, Penyebab, Pengobatan, & Pecegahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *