fbpx

Menghindari Mata Lelah Karena Gadget

Pandemi Covid-19 membuat beberapa perusahaan terpaksa menerapkan jam kantor secara bergantian hingga Work From Home (WFH).

Pun demikian dengan saya yang mulai dari awal tahun 2020 hingga menjelang akhir tahun, harus membiasakan diri bekerja dari rumah, karena kondisi tempat saya bekerja adalah zona merah Covid-19 di Jawa Timur.

Sebagai pekerja di bidang IT, mengharuskan saya duduk hingga seharian di depan monitor / gadget. Tak bisa dipungkiri hal tersebut terkadang membuat badan, dari pinggang, punggung, dan juga mata saya merasa lelah, karena saya bisa menghabiskan waktu 18 jam memandang layar monitor.

Mata Lelah

Menurut penelitian, menghabiskan waktu lebih dari 5 jam saja itu merupakan hal yang kurang sehat. Mata bisa sakit atau menjadi sangat lelah.

Gejala umum mata lelah biasanya berupa gatal-gatal, mata terasa panas, hingga kering. Mata yang lelah ini biasanya tidak terlalu dianggap serius, padahal mata adalah salah satu organ yang sangat penting untuk menunjang aktifitas harian kita.

Adapun beberapa gejala mata lelah lainnya adalah :

  • Mata lelah, perih, atau gatal
  • Mata berair / kering
  • Penglihatan menjadi kabur / Sulit fokus
  • Sensitif terhadap cahaya

Gejala-gejala awal tersebut selain dapat mengurangi produktivitas kita, jika tidak ditangani segera dengan tepat, bisa berujung pada sakit pada mata kita.

Jika kondisi mata lelah masih ringan, kita bisa melakukan beberapa hal berikut tanpa harus memberikan obat sakit mata terlebih dahulu.

Tips Agar Mata tak cepat lelah

Selain menghindari kebiasaan buruk seperti terlalu lama memandangi gadget, adapun seperti saya yang tidak mungkin menghindari hal tersebut, kita bisa melakukan beberapa hal berikut :

Atur Pencahayaan

Pencahayaan yang dimaksud bukan hanya pencahayaan dari layar gadget, tetapi juga pencahayaan ruangan yang disesuaikan dengan tingkat kecerahan layar gadget.

Jaga jarak dengan Gadget

Untuk jarak antara mata dengan gadget ada beberapa informasi yang bisa kita jadikan acuan. Untuk ponsel jarak minimal antara mata dengan gadget adalah 91,5cm (sumber : steptohealth.com).

Ada juga yang menyebutkan idealnya jarak mata dengan monitor yang aman adalah 50 – 100 cm. Jangan memasang monitor terlalu dekat dengan mata kita karena akan membuat mata cepat lelah.

Istirahatkan Mata

Secara normal manusia berkedip sebanyak 18 kali selama satu menit, namun ketika kita menatap layar monitor / gadget secara otomatis mata kita akan jarang berkedip.

Untuk hal ini bisa di atasi dengan setiap 1 jam sekali istirahatkan mata selama 5 menit tanpa menghadap monitor / gadget. Alihkan pandangan pada objek lain seperti tumbuhan atau lainnya yang menyegarkan mata.

Konsumsi multivitamin

Buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin A sangat bagus dan baik bagi kesehatan mata anda, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar anda tidak kekurangan vitamin A sehingga anda tidak memiliki gangguan mata nantinya.

Jika memang dibutuhkan Anda juga bisa mencari beberapa multivitamin tambahan dan obat sakit mata yang banyak tersebar di ecommerce Seperti di Halodoc.com

Sekilas tentang HaloDoc

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan Anda.

image by : halodoc

Apalagi dimasa pandemi Covid-19 seperti sekarang, yang dibatasi ruang geraknya, halodoc memberikan kemudahan dengan layanan konsultasi online langsung kepada dokter spesialis.

Jadi Anda bisa konsultasi terlebih dahulu perihal masalah kesehatan Anda langsung ke dokter spesialis dengan menggunakan aplikasi halodoc. Selain konsultasi, halodoc juga menyediakan penjualan obat secara online, jadi tak perlu repot-repot lagi keluar rumah.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk Anda yang sedang bekerja WFH agar terhindar dari sakit mata, dan tetap menjaga kesehatannya. Jangan lupa jaga juga kondisi tubuh agar terhindar dari segala penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Top